5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa League

Ada tiga pemain yang juara bersama Chelsea

Liga Champions adalah kompetisi antar klub dengan kasta tertinggi di Eropa. Di bawah Liga Champions, ada Europa League atau yang dulu bernama Piala UEFA.

Meski berbeda kasta, kedua kompetisi itu sama-sama bergengsi, sehingga pemain yang pernah memenanginya tentu patut berbangga. Sepanjang sejarah, ada sejumlah pemain yang pernah memenangi bukan hanya salah satu kompetisi tersebut, tapi juga keduanya.

Beberapa dari antara mereka ternyata adalah pemain asal Spanyol, karena klub-klub asal Spanyol memang cukup dominan di Eropa. Inilah 5 pemain Spanyol yang pernah juara Liga Champions dan Europa League.

1. Santiago Canizares

5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa Leaguepotret Santiago Canizares berseragam Valencia (twitter.com/championsleague)

Satiago Canizares adalah kiper top Spanyol yang pernah meraih sukses bersama Real Madrid dan Valencia. Canizares bermain bagi Madrid pada 1994 hingga 1998 dan meraih 4 trofi.

Itu termasuk trofi Liga Champions 1997/98, yang diraih Madrid setelah mengalahkan Juventus di final. Setelah itu Canizares pindah ke Valencia, dan ia sempat dua kali lagi melangkah ke final Liga Champions tapi selalu gagal juara.

Namun Canizares akhirnya bisa mengangkat trofi Eropa keduanya bersama Valencia, yaitu Piala UEFA 2003/04. Total, Canizares meraih 7 trofi bersama Valencia sebelum pensiun pada 2008.

2. Juan Mata

5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa Leaguepotret Juan Mata (uefa.com)

Sementara Juan Mata pernah meraih 1 trofi Liga Champions dan 2 Europa League sepanjang kariernya sejauh ini. Trofi Liga Champions diraih Mata pada musim 2011/12 bersama Chelsea.

Musim berikutnya, The Blues bersama Mata lagi-lagi memenangkan trofi Eropa, kali ini Europa League. Setelah meraih total 3 trofi dalam 3 musim bersama Chelsea, Mata hengkang ke Manchester United pada 2014.

Ia berhasil memenangi trofi Europa League keduanya pada 2016/17, yang juga merupakan trofi Europa League pertama bagi Setan Merah. Termasuk trofi tersebut, sejauh ini Mata sudah meraih 4 trofi bersama United.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Spanyol, Siapa Pecahkan Rekornya?

3. Fernando Torres

5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa Leaguepotret Fernando Torres berseragam Atletico Madrid (uefa.com)

Berikutnya ada Fernando Torres, striker yang bahu-membahu bersama Juan Mata saat Chelsea memenangi Liga Champions 2011/12 dan Europa League 2012/13. Torres sendiri sebenarnya paling terkenal dengan ketajamannya saat membela Liverpool. Namun baru bersama Chelsea ia bisa meraih trofi.

Selain Chelsea, Torres juga berhasil meraih trofi Eropa saat membela Atletico Madrid, tepatnya Europa League 2017/18. Torres sebenarnya juga sukses membawa Atletico menapak final Liga Champions 2015/16, sayangnya mereka gagal juara karena dikalahkan Real Madrid.

4. Cesar Azpilicueta

5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa Leaguepotret Cesar Azpilicueta (twitter.com/cesarazpi)

Cesar Azpilicueta juga merupakan bagian skuad Chelsea yang memenangi Europa League 2012/13. Musim itu adalah musim pertama Azpi bersama Chelsea, tapi langsung berbuah trofi. Azpi kemudian terus bertahan bersama Chelsea hingga saat ini, dan bahkan dipercaya jadi kapten sejak 2019.

Musim lalu, Azpi sebagai kapten sukses membawa Chelsea menjuarai Liga Champions kedua mereka, disusul Piala Super UEFA. Musim ini pun Azpi masih jadi bagian penting skuad Chelsea, dengan 20 penampilan sejauh ini.

5. Alberto Moreno

5 Pemain Spanyol yang Pernah Juara Liga Champions dan Europa Leaguepotret Alberto Moreno berseragam Liverpool (liverpoolfc.com)

Terakhir, ada Alberto Moreno, bek kiri asal Spanyol yang saat ini membela Villarreal. Moreno sejauh ini sudah punya tiga trofi Eropa, semuanya bersama tim yang berbeda. Pertama, ia menjuarai Europa League 2013/14 saat membela Sevilla.

Kemudian, Moreno bergabung dengan Liverpool pada 2014 hingga 2019, dan ia turut memenangi Liga Champions 2018/19. Moreno sebenarnya hanya jadi pelapis di Liverpool saat itu, dan bahkan hanya tampil 5 kali sepanjang musim. Namun ia sempat tampil sekali di Liga Champions sehingga turut meraih medali juara.

Setelah itu, Moreno kembali ke Spanyol dan membela Villarreal. Musim lalu, ia meraih trofi Eropa yang ketiga dengan membawa The Yellow Submarine menjuarai Europa League. Selain tiga trofi Eropa tersebut, tak ada lagi trofi lain yang pernah diraih Moreno sejauh ini.

 

Itulah lima pemain Spanyol yang pernah menjuarai Liga Champions dan Europa League di sepanjang karier mereka. Adakah pemain Spanyol lain yang bisa menyusul jejak mereka musim ini?

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Spanyol Ini Pernah Main di Liga Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya