Comscore Tracker

5 Pemain yang Sudah Mendekati Total Seribu Pertandingan, Ada Messi!

Mereka berpeluang besar mencapai 1.000 laga

Dalam dunia sepak bola, jumlah pertandingan bisa mencerminkan kualitas seorang pemain. Jika seorang sering tampil bersama klub dan timnas, sedikit banyak hal itu menunjukkan bahwa ia konsisten, bisa diandalkan, dan memiliki fisik yang bagus. Terutama jika sebagian besar penampilannya terjadi di level teratas liga-liga Eropa.

Nah, jika seorang pemain bisa tampil hingga 1.000 kali di sepanjang kariernya, pastilah ia adalah pemain yang luar biasa. Sudah ada beberapa mantan pemain yang berhasil mencapai jumlah tersebut, misalnya Roberto Carlos, Xavi Hernandez, Paolo Maldini, Iker Casillas, dan banyak lagi.

Sementara di kalangan pemain yang masih aktif, nama-nama yang sudah bermain 1.000 partai resmi di level senior mencakup Gianluigi Buffon, Dani Alves, dan Cristiano Ronaldo. Capaian mereka berpeluang disusul oleh beberapa pemain aktif yang sudah mendekati angka 1.000 laga. Inilah 5 pemain yang kemungkinan besar bisa melakukannya.

1. Zlatan Ibrahimovic (954 pertandingan)

5 Pemain yang Sudah Mendekati Total Seribu Pertandingan, Ada Messi!Zlatan Ibrahimovic (indianexpress.com)

Pertama ada Zlatan Ibrahimovic, striker gaek Swedia yang sudah berkarier di level senior sejak tahun 1999 hingga sekarang, alias sudah lebih dari 20 tahun. Per 23 September 2021, Zlatan sudah bermain sebanyak 836 kali di level klub. Jumlah itu ia catatkan bersama 9 klub, yang sebagian besar merupakan klub besar Eropa.

Bersama timnas, Zlatan sudah punya catatan 118 caps. Ia sempat pensiun dari timnas pada 2016, namun belakangan memutuskan untuk comeback sehingga jumlah pertandingannya pun masih bisa terus bertambah. Dengan demikian, Zlatan total sudah bermain total 954 kali di level klub dan timnas, alias hanya butuh 46 laga lagi untuk mencapai angka 1.000 pertandingan.

2. Lionel Messi (934 pertandingan)

5 Pemain yang Sudah Mendekati Total Seribu Pertandingan, Ada Messi!Lionel Messi (news18.com)

Berikutnya tentu ada Lionel Messi, mega bintang Argentina yang mengawali karier di level senior pada tahun 2004. Sejauh ini, Messi sudah menjalani sekitar 17 tahun sebagai pemain, dan jumlah laga yang ia mainkan hingga 23 September 2021 adalah 934 pertandingan.

Jumlah tersebut terdiri dari 781 laga bersama klub dan 153 caps di timnas Argentina. Artinya, Messi kini hanya butuh 66 pertandingan lagi untuk mencapai seribu laga. Tentu, dengan kualitas yang ia miliki, La Pulga sangat mungkin meraihnya. Kemungkinan besar, ia sudah bisa mencatat pertandingan ke-1.000 pada musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain Italia dengan Pertandingan Terbanyak di Paris Saint-Germain

3. Andres Iniesta (897 pertandingan)

5 Pemain yang Sudah Mendekati Total Seribu Pertandingan, Ada Messi!Andres Iniesta (goal.com)

Masih ingat Andres Iniesta? Gelandang asal Spanyol ini pernah cukup lama bahu-membahu bersama Messi di Barcelona, sebelum akhirnya hengkang pada 2018. Namun Iniesta tak pensiun, tapi melanjutkan kariernya di Liga Jepang bersama Vissel Kobe. Sudah berumur 37 tahun, Iniesta masih jadi andalan klubnya dan bahkan dipercaya menjabat sebagai kapten.

Di level klub, Iniesta sejauh ini mencatat 766 laga. Plus, ia juga punya catatan 131 caps bersama timnas sebelum pensiun pada 2018. Maka secara total, Iniesta sudah bermain 897 kali. Jumlah itu masih cukup jauh dari angka 1.000 laga, tapi karena kontraknya bersama Vissel Kobe masih tersisa hingga 2024, ia masih mungkin mencapai angka tersebut.

4. Sergio Ramos (896 pertandingan)

5 Pemain yang Sudah Mendekati Total Seribu Pertandingan, Ada Messi!Sergio Ramos (as.com)

Sementara Sergio Ramos punya catatan 896 pertandingan sejauh ini, alias hanya selisih 1 laga dari Iniesta. Bek asal Spanyol ini bermain di level senior sejak 2004, dan sejauh ini ia sudah tampil 716 kali bersama klub yang dibelanya. Itu tak termasuk Paris Saint-Germain, karena hingga kini Ramos belum mencatat debut bersama PSG.

Sementara di timnas, Ramos punya torehan 180 laga, dan jumlah itu masih bisa bertambah karena ia belum menyatakan pensiun dari timnas. Maka kini, Ramos butuh 104 laga lagi untuk bisa mencapai angka 1.000 pertandingan. Melihat kualitas serta kekuatan fisiknya, pemain berusia 35 tahun ini kemungkinan besar bisa mencapai jumlah tersebut.

5. Hugo Lloris (789 pertandingan)

5 Pemain yang Sudah Mendekati Total Seribu Pertandingan, Ada Messi!Hugo Lloris (football.london)

Terakhir, ada Hugo Lloris, kiper andalan Tottenham Hotspur dan timnas Prancis. Lloris sejauh ini sudah mencatat 789 penampilan, dengan rincian 657 penampilan bersama klub dan 132 caps di timnas. Artinya, Lloris kini butuh tambahan 211 pertandingan untuk mencapai 1.000 laga.

Meski kelihatannya banyak, jumlah itu sangat mungkin dicapai. Lloris baru berusia 34 tahun, dan sebagai kiper, ia masih bisa bermain setidaknya 3-4 tahun lagi. Musim lalu, Lloris bermain 48 kali bersama Spurs, dan musim ini pun kemungkinan besar ia masih akan banyak tampil. Maka, Lloris sangat berpeluang mencapai penampilan ke-1.000.

 


Lima pemain di atas sangat berpeluang mencapai 1.000 pertandingan sehingga menyamai raihan para pemain yang sudah lebih dulu melakukannya. Syaratnya, tentu mereka harus bisa menjaga fisik dan konsistensi sehingga bisa terus bermain. Apakah menurutmu mereka bisa melakukannya?

Baca Juga: 5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya