5 Pemain yang Sukses di Arsenal setelah Dibeli dari Klub LaLiga

Ada Ozil dan Alexis, apakah Ødegaard akan menyusul?

Arsenal selangkah lagi akan resmi mendatangkan Martin Ødegaard dari Real Madrid. Setelah sempat meminjam Ødegaard di paruh kedua musim lalu, kini The Gunners siap memboyong pemain asal Norwegia itu secara permanen. Dilansir Skysports, Arsenal sudah mencapai kesepakatan dengan Madrid senilai kira-kira 30 juta pounds atau Rp593 miliar.

Fans Arsenal pasti senang dengan kabar ini karena Ødegaard adalah gelandang muda yang berkualitas. Jika nanti resmi bergabung, Ødegaard bisa bergabung ke dalam barisan pemain yang pernah sukses di Arsenal setelah didatangkan dari klub LaLiga. Inilah 5 pemain di antaranya.

1. Jose Antonio Reyes

5 Pemain yang Sukses di Arsenal setelah Dibeli dari Klub LaLigaJose Antonio Reyes (football.london)

Jose Antonio Reyes adalah pemain asal Spanyol yang didatangkan Arsenal pada bursa transfer musim dingin 2003/04. Reyes diboyong dari Sevilla dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp336 miliar. Ia kemudian jadi andalan The Gunners dan tampil 110 kali di semua ajang dalam 2,5 musim dengan sumbangan 23 gol serta 25 assist.

Reyes memang sempat bermasalah dengan manajemen Arsenal sehingga ia dipinjamkan ke Real Madrid di musim terakhirnya. Namun, secara umum ia sukses di Arsenal. Ia turut berperan dalam kesuksesan Arsenal juara Premier League 2003/04 tanpa terkalahkan serta mencapai final Liga Champions 2005/06. Secara total, Reyes meraih 3 trofi bersama The Gunners.

2. Manuel Almunia

5 Pemain yang Sukses di Arsenal setelah Dibeli dari Klub LaLigaManuel Almunia (eurosport.com)

Tak lama setelah Reyes, Arsenal mendatangkan lagi pemain Spanyol dari klub LaLiga, yaitu Manuel Almunia yang berposisi penjaga gawang. Kala itu Arsenal mengeluarkan dana 5 juta euro atau sekitar Rp84 miliar untuk memboyong Almunia dari Celta Vigo.

Diplot sebagai pelapis Jens Lehmann, Almunia kemudian jadi kiper utama setelah performa Lehmann mulai menurun dan akhirnya hengkang. Almunia bermain di Arsenal hingga 2012 dengan catatan 175 laga dan 70 clean sheet di semua ajang. Meski hanya meraih 2 trofi, ia berperan membawa Arsenal konsisten bertengger di empat besar Premier League.

Baca Juga: Antonio Conte Bakal Latih Arsenal? Simon Jordan: Bisa Jadi Mimpi Buruk

3. Santi Cazorla

5 Pemain yang Sukses di Arsenal setelah Dibeli dari Klub LaLigaSanti Cazorla (as.com)

Berikutnya ada Santi Cazorla, gelandang yang direkrut Arsenal dari Malaga pada 2012. The Gunners mesti mengeluarkan dana 19 juta euro atau sekitar Rp319 miliar sehingga Cazorla menjadi pembelian termahal mereka di musim itu. Namun, harga itu terbukti layak karena Cazorla sukses tampil bagus bersama Arsenal.

Bersama Arsenal, Cazorla mencatat total 180 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 29 gol dan 45 assist. Cazorla juga berperan dalam sukses Arsenal meraih 2 trofi Piala FA dan 2 Community Shield. Sayangnya, karier Cazorla bersama Arsenal rusak karena cedera parah yang menimpanya sehingga ia terpaksa dilepas di akhir musim 2017/18.

4. Mesut Ozil

5 Pemain yang Sukses di Arsenal setelah Dibeli dari Klub LaLigaMesut Ozil (90min.com)

Jika nanti Martin Ødegaard jadi diboyong Arsenal, ia akan menyusul jejak Mesut Ozil yang lebih dulu hijrah dari Madrid ke London Utara. Ozil dibeli Arsenal pada 2013 dengan mahar 47 juta euro atau sekitar Rp790 rupiah. Gelandang asal Jerman itu pun sempat menjadi pemain termahal sepanjang sejarah Arsenal pada waktu itu.

Ozil kemudian membayar harga mahal itu dengan performa luar biasa bersama The Gunners. Ia sangat bisa diandalkan Arsenal sebagai pemberi assist jempolan. Statistiknya selama 8 musim di Arsenal adalah 254 laga dengan 44 gol dan 77 assist di semua ajang. Ozil juga turut membawa Arsenal meraih 4 trofi.

5. Alexis Sanchez

5 Pemain yang Sukses di Arsenal setelah Dibeli dari Klub LaLigaAlexis Sanchez (theguardian.com)

Pada 2014, Arsenal kembali memboyong pemain dengan harga mahal dari klub LaLiga. Kali ini Alexis Sanchez didatangkan dari Barcelona dengan tebusan uang 42,5 juta euro alias Rp715 miliar. Seperti pembelian Ozil, langkah itu terbukti tak sia-sia karena Alexis sukses tampil gemilang selama 4 musim di Arsenal.

Alexis mencatat total 166 pertandingan berseragam Arsenal dengan sumbangsih 80 gol dan 45 assist. Bahu-membahu dengan Ozil, ia juga berhasil meraih 3 trofi. Alexis hijrah ke Manchester United, sebuah keputusan yang malah membuat kariernya menurun. Untungnya, performanya kini sudah bangkit lagi bersama Inter Milan.

 

Lima pemain di atas sukses tampil bagus bersama Arsenal setelah dibeli dari klub LaLiga. Martin Ødegaard berpeluang menyusul mereka jika nanti bisa tampil apik setelah dibeli The Gunners. Menurutmu, bisakah ia melakukannya?

Baca Juga: Alexis Sanchez Blak-blakan soal Masa Suram di Manchester United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya