5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick pada Big Match Premier League

Sergio Aguero paling sering

Mencetak hattrick alias tiga gol dalam satu pertandingan adalah capaian hebat bagi seorang pemain sepak bola. Namun, gengsi sebuah hattrick tentu berbeda-beda berdasarkan momen terjadinya. Sebuah hattrick yang terjadi pada big match antara dua tim besar lebih fenomenal karena sulit dilakukan.

Pada ajang Premier League, ada sejumlah pemain yang pernah mencetak tiga gol ke gawang sesama tim besar. Inilah lima pemain terakhir yang berhasil mencetak hattrick pada big match Premier League, termasuk satu nama yang melakukannya pada 2021/2022 ini.

1. Robin van Persie

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick pada Big Match Premier LeagueRobin van Persie merayakan hattrick ke gawang Chelsea. (twitter.com/premierleague)

Robin van Persie merupakan penyerang asal Belanda yang pernah membela Arsenal dan Manchester United. Van Persie perah mencetak tiga hattrick selama main di Liga Inggris. Salah satunya ia ciptakan pada big match.

Itu terjadi pada 2011/2012, saat Van Persie membela Arsenal menghadapi Chelsea. Berlaga di Stamford Bridge, Van Persie mencetak tiga gol yang membawa Arsenal mengalahkan rival sekotanya itu.

Van Persie memang sedang gacor di Liga Inggris saat itu, bahkan mengakhiri musim sebagai top skor dengan 30 gol. Arsenal sendiri finis di posisi ketiga klasemen akhir, sementara Chelsea hanya duduk di tangga keenam.

2. Samuel Eto'o

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick pada Big Match Premier LeagueSamuel Eto'o merayakan gol ke gawang Manchester United. (instagram.com/samueletoo)

Berikutnya ada Samuel Eto'o, striker asal Kamerun yang pernah membela Chelsea selama semusim. Karier sang legenda Barcelona ini bersama Chelsea memang tak terlalu istimewa, tetapi ia pernah mencatat torehan yang mengesankan.

Eto'o mencetak hattrick saat Chelsea menjamu Manchester United pada 2013/2014. Hattrick Eto'o membawa The Blues menang 3-0 atas MU, yang saat itu memang sedang limbung setelah ditinggal Sir Alex Ferguson.

Eto'o pun menjadi satu-satunya pemain Chelsea yang pernah mencetak hattrick ke gawang MU di Liga Inggris. Eto'o sendiri pada akhirnya mencetak total 12 gol bagi Chelsea, tetapi gagal meraih trofi.

3. Roberto Firmino

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick pada Big Match Premier LeagueRoberto Firmino merayakan gol ke gawang Arsenal. (instagram.com/roberto_firmino)

Roberto Firmino juga pernah mencetak hattrick di Premier League, tepatnya dua kali sejauh ini. Hebatnya, hattrick pertamanya langsung tercipta pada big match, saat Liverpool menjamu Arsenal pada Premier League 2018/2019.

Gol-gol Firmino tercipta pada menit 14, 16, serta melalui titik penalti pada menit 65. Laga itu pun akhirnya dimenangi Liverpool dengan skor 5-1.

Firmino sendiri mencetak total 12 gol di Premier League pada musim tersebut, sementara klubnya finis sebagai runner-up. Pada 2021/2022 ini, Firmino sukses mencetak tiga gol keduanya di Premier League saat Liverpool mengalahkan Norwich City 5-0.

Baca Juga: Cetak Hattrick Buat Arsenal, Nasib Eddie Nketiah Belum Jelas 

4. Sergio Aguero

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick pada Big Match Premier LeagueSergio Aguero merayakan hattrick ke gawang Chelsea. (premierleague.com)

Sergio Aguero adalah pemain dengan catatan hattrick terbanyak di Premier League. Striker asal Argentina ini mencetak total 12 hattrick sebelum akhirnya meninggalkan Liga Inggris pada awal musim ini.

Hebatnya, empat hattrick di antaranya diciptakan Aguero ke gawang klub Big Six Premier League. Itu termasuk hattrick yang diciptakan Aguero dalam dua big match Liga Inggris 2018/2019.

Saat itu, Manchester City harus menghadapi Arsenal, kemudian Chelsea hanya seminggu setelahnya. Hebatnya, Aguero sukses mencetak hattrick dalam kedua laga tersebut, hingga Manchester City menang 3-1 lalu 6-0.

Sebelumnya, Aguero juga sudah pernah mencetak hattrick ke gawang Chelsea pada Liga Inggris 2015/2016, serta ke gawang Tottenham Hotspur pada 2014/2015. Jelas, Aguero adalah big game player yang hampir selalu menunjukkan ketajamannya pada laga-laga besar.

5. Mohamed Salah

5 Pemain Terakhir yang Cetak Hattrick pada Big Match Premier LeagueMohamed Salah merayakan gol ke gawang Manchester United. (instagram.com/mosalah)

Inilah pemain teranyar yang berhasil mencetak hattrick pada big match Premier League. Peristiwanya baru terjadi pada Oktober 2021 lalu, saat Manchester United menjamu Liverpool di Old Trafford. Mohamed Salah bersinar pada laga tersebut dengan mencetak hattrick yang membawa The Reds mempermalukan rival abadinya itu 5-0.

Bagi Salah, itu adalah hattrick keempatnya di Liga Inggris, sekaligus yang pertama ia ciptakan ke gawang tim besar. Sementara, bagi Liverpool, itu adalah kemenangan terbesar mereka di Old Trafford pada laga Premier League. Liverpool pun menjadi salah satu kandidat terkuat juara Liga Inggris, sementara Salah diunggulkan merebut gelar top skor.

Lima pemain di atas membuktikan kualitasnya dengan tak sekadar mencetak hattrick, tetapi mencetak hattrick ke gawang sesama tim besar Premier League. Menarik dinantikan, apakah ada lagi pemain yang bisa melakukannya pada sisa musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya