6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar Donetsk

Mykhailo Mudryk menyusul?

Nama Mykhailo Mudryk naik daun belakangan ini. Mudryk adalah winger asal Ukraina berusia 22 tahun yang membela Shakhtar Donetsk di Ukrainian Premier League. Performanya apik sehingga menjadi buruan beberapa klub top Eropa.

Salah satu klub yang paling gencar meminati Mudryk adalah Arsenal. The Gunners bahkan sudah memberikan tawaran resmi untuk membeli sang pemain. Namun, Shakhtar Donetsk belum memberi lampu hijau karena tidak puas dengan tawaran Arsenal.

Shakhtar Donetsk sendiri sudah cukup sering melepas pemainnya ke klub English Premier League (EPL). Beberapa dari mereka bahkan sukses dijual dengan harga tinggi.

Inilah enam pemain terakhir yang didatangkan klub EPL dari Shakhtar Donetsk.

1. Fernandinho (2013/2014)

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar DonetskFernandiho (instagram.com/fernandinho)

Fernandinho adalah salah satu pemain Shakhtar Donetsk yang sukses besar setelah pindah ke klub Premier League. Fernandinho dibeli Manchester City dari Shakhtar Donetsk pada musim panas 2013. Gelandang asal Brasil ini diboyong dengan harga 40 juta euro atau Rp658 miliar.

Pembelian Fernandinho terbukti jadi langkah jitu bagi Manchester City. Ia menjelma sebagai pemeran vital di lini tengah The Citizens. Fernandinho membela Manchester City selama 9 musim dan mencatat hampir 400 penampilan di semua ajang.

Fernandinho juga mempersembahkan 13 trofi bagi Manchester City, termasuk 5 trofi EPL. Saat ini Fernandinho yang sudah berusia 37 tahun masih aktif bermain di negaranya sendiri bersama Athletico Paranaense.

2. Razvan Rat (2013/2014)

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar DonetskRazvan Rat (kanan) tampil membela West Ham United. (whufc.com)

Masih pada musim panas 2013, Shakhtar Donetsk juga melepas Razvan Rat, bek kiri asal Romania. Rat dilepas karena habis kontrak, kemudian merapat ke West Ham United. Namun, ia memang kurang populer karena hanya membela West Ham selama setengah musim.

Dalam setengah musim, Rat sebenarnya mencatat cukup banyak penampilan, yaitu 20 laga. Namun, ia sepakat untuk memutus kontraknya dengan West Ham pada Januari 2014. Rat kemudian melanjutkan karier di luar Inggris hingga akhirnya pensiun pada 2018.

3. Facundo Ferreyra (2014/2015)

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar DonetskFacundo Ferreyra (nufc.co.uk)

Pada musim panas 2014, ada satu pemain Shakhtar Donetsk yang dilepas ke klub Premier League. Ia adalah Facundo Ferreyra, penyerang asal Argentina.

Ferreyra saat itu dipinjam Newcastle United selama semusim. Namun, peminjaman tersebut tidak berakhir baik bagi kedua pihak.

Ferreyra bermasalah dengan fisiknya yang tidak siap untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Ia pun dikembalikan ke Shakhtar pada akhir musim tanpa sekali pun bermain bagi Newcastle. Hanya delapan penampilan bersama tim junior Newcastle yang jadi kenangannya selama di Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar Donetsk

4. Fred (2018/2019)

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar DonetskFred (instagram.com/fred08oficial)

Ada pula eks pemain Shakhtar Donestk yang saat ini masih bertahan di Premier League. Ia adalah Fred, gelandang Manchester United asal Brasil. Setan Merah mendatangkan Fred pada musim panas 2018 dengan mahar 59 juta euro atau Rp970 miliar.

Pada awalnya, Fred banyak dikritik karena sering tampil buruk bersama Manchester United. Namun, lambat laun ia mulai menunjukkan kualitas yang sebenarnya. Fred bahkan sudah bermain hampir 180 kali bagi Manchester United sejauh ini.

Musim 2022/2023 ini, Fred sudah tampil 20 kali di semua ajang dan mencetak 2 gol. Ia memang tak selalu jadi pilihan utama, tetapi sering berperan vital ketika tampil. Pemain berusia 29 tahun ini masih memiliki kontrak hingga 2024 bersama Manchester United.

5. Bernard (2018/2019)

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar DonetskBernard (instagram.com/bernard)

Tak hanya Fred, ada pemain Brasil lain yang hengkang dari Shakhtar Donetsk ke Inggris pada musim panas 2018. Ia adalah Bernard, pemain berposisi winger. Bernard dilepas Shakhtar secara gratis karena kontraknya sudah selesai, lalu ia bergabung dengan Everton.

Bernard bertahan di Everton selama 3 musim dan mencatat 84 penampilan di semua ajang. Sumbangannya bagi Everton mencakup 8 gol dan 7 assist.

Pada 2021, Bernard sempat hijrah ke Uni Emirat Arab. Kini, ia membela Panathinaikos di Liga Super Yunani.

6. Manor Solomon (2022/2023)

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar DonetskManor Solomon (instagram.com/manorsolomon)

Manor Solomon adalah pemain terbaru yang didatangkan klub Premier League dari Shakhtar Donestk. Ia diboyong Fulham pada musim panas 2022 dengan status pinjaman. Solomon sendiri adalah winger asal Israel yang berusia 23 tahun.

Solomon sempat tampil bersama Fulham pada laga pertama EPL 2022/2023. Namun, setelah itu, ia menderita cedera lutut parah hingga harus absen lama. Solomon baru sekali tampil bersama Fulham sejauh ini. Untungnya, ia sudah pulih dan kemungkinan akan segera bermain lagi.

Nasib beragam dialami para pemain Shakhtar Donetsk yang pindah ke klub EPL. Ada yang amat sukses, ada pula yang gagal. Jika Mykhailo Mudryk akhirnya bergabung dengan klub EPL, apakah ia bakal makin bersinar atau justru meredup?

Baca Juga: Shakhtar Donetsk, Keajaiban di Tengah Perang Ukraina

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya