Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Dipinjam Liverpool sebelum Arthur Melo

Kebanyakan gagal bersinar!

Liverpool mendapatkan gelandang baru pada musim panas 2022. Tepat pada hari penutupan jendela transfer, The Reds memboyong Arthur Melo dari Juventus dengan status pinjaman selama semusim. Peminjaman Melo terbilang mengejutkan, karena kualitasnya tak begitu menonjol selama membela Juventus.

Melo pun diragukan bisa bersinar bareng Liverpool musim ini. The Reds sendri sudah beberapa kali meminjam pemain pada masa lalu, tetapi banyak yang berakhir sebagai flop. Inilah lima pemain terakhir yang dipinjam Liverpool sebelum Arthur Melo.

1. Victor Moses

5 Pemain Terakhir yang Dipinjam Liverpool sebelum Arthur MeloVictor Moses (twitter.com/lfc)

Pada musim 2013/2014, Liverpool mendatangkan dua pemain pinjaman. Salah satunya adalah Victor Moses, winger asal Nigeria. Moses dipinjam dari Chelsea dengan biaya 1,2 juta euro atau Rp17,5 miliar. Debut Moses bersama Liverpool berjalan manis, dengan torehan satu gol saat The Reds diimbangi Swansea City.

Namun, belakangan Moses kesulitan mendapatkan tempat di tim utama. Ia pun hanya tampil 22 kali sepanjang 2013/2014, hanya 9 di antaranya sebagai starter.

Moses sendiri memang sering dipinjamkan selama membela Chelsea pada 2012–2021. Kini, ia sudah hijrah dari Chelsea dan membela Spartak Moscow.

2. Aly Cissokho

5 Pemain Terakhir yang Dipinjam Liverpool sebelum Arthur MeloAly Cissokho (twitter.com/LFC)

Aly Cissokho juga dipinjam Liverpool pada musim 2013/2014. Cissokho adalah bek kiri asal Prancis yang sempat sukses saat membela Olympique Lyon. Cissokho dipinjam Liverpool dari Valencia dengan biaya 1 juta euro atau Rp14,6 miliar.

Bersama Liverpool, Cissokho bermain 19 kali di semua ajang dan menyumbang 2 assists. Ia pun cukup berperan dalam keberhasilan Liverpool jadi runner-up English Premier League (EPL) 2013/2014. Namun, Cissokho tidak lanjut dipermanenkan Liverpool, dan belakangan kariernya menurun karena cedera.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer Liverpool dan Juventus

3. Javier Manquillo

5 Pemain Terakhir yang Dipinjam Liverpool sebelum Arthur MeloJavier Manquillo (liverpoolfc.com)

Berikutnya, ada Javier Manquillo, yang dipinjam Liverpool pada musim 2014/2015. Manquillo adalah bek kanan asal Spanyol yang saat ini sedang membela Newcastle United. Manquillo membela Atletico Madrid pada awal kariernya, tetapi jarang mendapat kesempatan bermain sehingga sempat dipinjamkan.

Selama dipinjam Liverpool, Manquillo awalnya sempat banyak tampil pada paruh pertama musim. Namun, belakangan kesempatan bermainnya menurun drastis. Secara total, Manquillo bermain 19 kali bagi Liverpool dengan catatan 2 gol. Manquillo kini berseragam Newcastle sejak 2017.

4. Steven Caulker

5 Pemain Terakhir yang Dipinjam Liverpool sebelum Arthur MeloSteven Caulker (liverpoolfc.com)

Pemain pertama yang dipinjam Liverpool pada era pelatih Jurgen Klopp adalah Steven Caulker. Caulker merupakan bek tengah yang berasal dari Inggris. Liverpool meminjamnya dari Queens Park Rangers (QPR) pada Januari 2016. Namun, jasa Caulker nyaris tak terpakai hingga akhir musim 2015/2016.

Caulker hanya sempat tampil penuh pada laga Piala FA melawan West Ham United. Selebihnya, ia bermain tiga kali di EPL, tetapi hanya selama total 4 menit. Caulker lalu lanjut membela QPR hingga 2017, dan kini tengah bermain di Super Lig Turki sejak 2019.

5. Ozan Kabak

5 Pemain Terakhir yang Dipinjam Liverpool sebelum Arthur MeloOzan Kabak (liverpoolfc.com)

Peminjaman pemain pada bursa transfer musim dingin kembali dilakoni Liverpool pada 2020/2021. Saat itu, The Reds sedang dihantam krisis pemain belakang karena banyak yang cedera. Liverpool pun meminjam tenaga tambahan yaitu Ozak Kabak dari Schalke 04 dengan biaya 2,5 juta euro alias Rp36,5 miliar.

Selama dipinjam Liverpool, Kabak bermain 9 kali di EPL dan 4 kali di Liga Champions. Kabak sempat membuat blunder pada laga debutnya. Namun, belakangan penampilannya membaik seiring performa The Reds yang meningkat. Meski ada opsi pembelian, Kabak akhirnya tidak dipermanenkan Liverpool pada akhir musim.

 

Sebagian besar dari lima pemain di atas terbilang gagal bersinar selama dipinjam Liverpool. Kegagalan mereka bisa jadi bayang-bayang buruk bagi Arthur Melo yang sedang dipinjam The Reds. Bisakah Melo menepis keraguan dan tampil apik bersama Liverpool sepanjang 2022/2023?

Baca Juga: 5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya