5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Liverpool dan Stoke City

Ada dua mantan striker andalan Inggris

Liverpool dan Stoke City adalah dua klub Inggris yang prestasinya bagaikan langit dan bumi. Liverpool merupakan salah satu klub tersukses di Inggris. Sedangkan Stoke City hanyalah klub semenjana yang lebih sering bermain di divisi bawah Liga Inggris.

Namun, Liverpool dan Stoke ternyata cukup sering terlibat dalam aktivitas jual-beli pemain. Sejumlah pemain bernama besar pun pernah terkoneksi karena pernah membela kedua klub ini. Berikut merupakan kelima nama pemain ternama yang pernah membela Liverpool dan Stoke City dengan prestasi cukup mentereng. 

1. Michael Owen

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Liverpool dan Stoke CityMichael Owen (liverpoolfc.com)

Michael Owen adalah salah satu legenda Liverpool yang dihasilkan oleh akademi mereka sendiri. Owen membela Liverpool pada 1996–2004 dan menorehkan sederet prestasi bareng The Reds. Sebagai striker, ia mencetak 158 gol di semua ajang hingga masuk sepuluh besar top skor sepanjang masa Liverpool.

Ketajaman Owen membawa Liverpool meraih enam trofi. Ia juga dua kali menjadi top skor English Premier League serta memenangi Ballon d'Or 2001 bersama Liverpool. Owen kemudian meninggalkan Liverpool untuk bergabung bersama Real Madrid. Tapi, keputusan itu malah jadi awal merosotnya karier Owen.

Gagal tampil maksimal di Spanyol, Owen kembali ke Inggris untuk membela Newcastle United lalu Manchester United. Namun, ketajamannya tetap tak kembali seperti sedia kala. Pada 2012/2013, Owen mengakhiri karier bersama Stoke City dengan torehan hanya 1 gol dalam 9 penampilan.

2. Peter Crouch

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Liverpool dan Stoke CityPeter Crouch (stokecityfc.com)

Peter Crouch adalah mantan striker asal Inggris yang pernah membela banyak klub dalam kariernya. Nama Crouch paling populer saat membela Liverpool medio 2005–2008. Bersama Liverpool, Crouch mencetak 42 gol dalam 135 laga dan turut memenangi Piala FA 2005/2006.

Sementara bersama Stoke City, Crouch bermain pada pengujung kariernya medio 2011–2019. Stoke pun menjadi klub yang paling lama ia bela. Crouch bahkan tetap bertahan di Stoke saat mereka bermain di EFL Championship 2018/2019. Secara total, ia mencatat 261 laga bersama Stoke dengan torehan 61 gol.

Baca Juga: Klopp Akui Liverpool Lakukan Kesalahan Tak Beli Gelandang

3. Patrik Berger

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Liverpool dan Stoke CityPatrik Berger (premierleague.com)

Patrik Berger adalah mantan gelandang asal Republik Ceko yang cukup lama membela Liverpool, yaitu medio 1996–2003. Berger pernah jadi andalan Liverpool hingga mencatat 196 penampilan di semua ajang. Ia juga turut memenangi lima trofi bareng The Reds.

Selepas membela Liverpool, Berger masih melanjutkan karier di Inggris bersama Portsmouth dan Aston Villa. Berger juga sempat membela Stoke City, tepatnya sebagai pemain pinjaman dari Aston Villa pada 2006/2007. Ia bermain tujuh kali bagi Stoke yang saat itu berada di divisi Championship.

4. Glen Johnson

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Liverpool dan Stoke CityGlen Johnson (stokecityfc.com)

Berikutnya, ada Glen Johnson, mantan bek kanan yang pernah jadi andalan Timnas Inggris. Johnson pernah membela Chelsea pada awal kariernya dan turut menjuarai Premier League bersama The Blues. Namun, klub yang paling lama ia bela adalah Livepool pada 2009–2015.

Sayangnya, Johnson membela Liverpool saat mereka sedang terpuruk sehingga ia hanya meraih satu trofi Piala Liga bersama The Reds. Setelah itu, Johson hijrah dari Liverpool ke Stoke City pada 2015. Ia bertahan di Stoke selama tiga musim hingga akhirnya gantung sepatu pada 2018.

5. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Liverpool dan Stoke CityXherdan Shaqiri (premierleague.com)

Satu lagi pemain ternama yang pernah berkostum Liverpool dan Stoke City adalah Xherdan Shaqiri. Berbeda dengan empat pemain di atas, Shaqiri lebih dulu membela Stoke sebelum merapat ke Liverpool. Ia menjadi pemain andalan kala membela Stoke medio 2015–2018 sehingga menarik minat Liverpool.

Winger asal Swiss ini pun kemudian membela Liverpool pada 2018–2021. Meski hanya jadi pelapis, Shaqiri sempat memenangi empat trofi bareng The Reds, termasuk Premier League dan Liga Champions. Kini, Shaqiri sedang bermain di luar Eropa, tepatnya di MLS Amerika Serikat bersama Chicago Fire.

Meski jauh berbeda dalam hal kualitas dan prestasi, Liverpool dan Stoke City ternyata pernah dibela sejumlah pemain top yang sama. Akankah ada aktivitas transfer yang bakal dilakoni kedua klub dalam waktu dekat ini?

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke City

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya