Comscore Tracker

Para Pemain Tim Penghuni Grup D Piala Dunia 2022 yang Belum Tampil

Ada satu pemain yang masih berpeluang tampil

Bergabung bersama skuad timnas yang berangkat ke Piala Dunia adalah impian semua pesepak bola. Setelah berhasil dipanggil, harapan selanjutnya adalah bisa bermain di ajang paling bergengsi tersebut. Namun, terkadang pemain yang dibawa ke Piala Dunia pada akhirnya tetap tak diberi kesempatan tampil.

Hal itu juga dialami oleh beberapa pemain tim-tim penghuni Grup D Piala Dunia 2022 Qatar. Meski punya kualitas, keputusan pelatih membuat mereka hanya jadi penghangat bangku cadangan selama di Qatar.

1. Semua pemain Prancis sudah tampil, kecuali Alphonse Areola

Para Pemain Tim Penghuni Grup D Piala Dunia 2022 yang Belum TampilAlphonse Areola (instagram.com/alphonseareola)

Prancis adalah tim pertama yang memastikan lolos dari Grup D. Tim Ayam Jantan sudah lolos setelah matchday kedua sehingga mereka bisa melakukan rotasi pemain besar-besaran di laga terakhir grup. Alhasil, hampir semua pemain Prancis sudah sempat berlaga di Piala Dunia 2022.

Hanya ada satu nama pemain Prancis yang belum diturunkan, yaitu Alphonse Areola. Areola adalah kiper ketiga Prancis setelah Hugo Lloris dan Steve Mandanda. Mandanda sempat bermain di partai pamungkas Grup D melawan Tunisia, sementara Areola tetap di bangku cadangan.

Dengan demikian, Areola pun masih belum merasakan tampil di Piala Dunia. Ia juga masuk skuad Prancis di Piala Dunia 2018 Rusia, tetapi saat itu pun tidak diberi kesempatan tampil. Sejauh ini, Areola baru mencatat lima caps bersama Timnas Prancis.

2. Enam pemain Australia tak dapat kesempatan bermain

Para Pemain Tim Penghuni Grup D Piala Dunia 2022 yang Belum TampilMarco Tilio (instagram.com/marcotilio_)

Australia sukses menemani Prancis lolos dari Grup D. Namun, langkah mereka sudah terhenti di babak 16 besar. Socceroos pun melakoni total empat pertandingan di Piala Dunia 2022. Namun, ada enam pemain mereka yang tak mendapat jatah tampil semenit pun.

Itu termasuk dua kiper cadangan Australia, yaitu Andrew Redmayne dan Danny Vukovic. Sementara, pemain outfield Australia yang tidak sempat turun adalah Joel King, Thomas Deng, Cammy Devlin, dan Marco Tilio.

Keenam pemain itu memang selama ini masih jarang merumput bersama Timnas Australia. Marco Tilio yang memiliki caps terbanyak di antara mereka pun baru bermain lima kali saja. Karena itu, wajar jika mereka tak dapat kesempatan tampil di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Goncalo Ramos, Wonderkid yang Bikin Ronaldo Terdiam di Bangku Cadangan

3. Denmark tak mainkan salah satu pencetak gol mereka di Piala Dunia 2018

Para Pemain Tim Penghuni Grup D Piala Dunia 2022 yang Belum TampilYussuf Poulsen merayakan gol di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Denmark yang digadang-gadang bisa jadi kuda hitam malah tampil buruk di Piala Dunia 2022. Mereka tersingkir di fase grup tanpa meraih kemenangan. Tim Dinamit juga hanya menciptakan satu gol melalui seorang bek, sementara para penyerang mereka mandul.

Hal yang patut disayangkan adalah Denmark tidak coba memainkan Yussuf Poulsen di lini depan. Padahal, Poulsen adalah salah satu pencetak gol Denmark di Piala Dunia 2018. Jonas Wind juga hanya jadi cadangan, meski punya catatan gol yang potensial yaitu 5 gol dalam 15 caps.

Selain Poulsen dan Wind, Jens Stryger Larsen (bek) dan Daniel Wass (gelandang) juga tidak sempat bermain. Begitu pula dua kiper cadangan Denmark, yaitu Oliver Christensen dan Frederik Ronnow. Mereka berenam hanya bisa jadi penonton VVIP saat timya babak belur di Qatar.

4. Striker tajam Tunisia juga hanya jadi cadangan di Qatar

Para Pemain Tim Penghuni Grup D Piala Dunia 2022 yang Belum TampilSeifeddine Jaziri (instagram.com/seifeddine_jaziri)

Tak hanya Denmark, Timnas Tunisia juga mandul di Piala Dunia 2022. Mereka hanya membuat satu gol, jauh menurun dibanding torehan mereka di Piala Dunia 2018, yaitu lima gol. Namun, setidaknya Tunisia bisa meraih satu kemenangan di matchday terakhir Grup D kontra Prancis.

Seperti Denmark, Tunisia juga tidak memainkan salah satu penyerang mereka, yaitu Seifeddine Jaziri. Padahal, Jaziri punya statistik yang cukup apik, 10 gol dalam 29 laga. Jaziri juga sempat jadi top skor Tunisia di ajang FIFA Arab Cup pada 2021 lalu.

Bilel Ifa juga tidak tampil bagi Tunisia meski ia cukup berpengalaman dengan catatan 37 caps. Tunisia juga membawa tiga kiper cadangan ke Piala Dunia 2022, yaitu Aymen Balbouli, Bechir Ben Said, dan Mouez Hassen. Mereka bertiga hanya jadi pelapis bagi kiper utama Tunisia, Aymen Dahmen.

5. Prancis satu-satunya tim penghuni Grup D yang masih bertahan

Para Pemain Tim Penghuni Grup D Piala Dunia 2022 yang Belum TampilPrancis sukses melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Piala Dunia 2022 sudah memasuki babak perempat final. Dari keempat tim penghuni Grup D, hanya Prancis yang masih bertahan. Les Blues akan dihadang Inggris dalam usaha menuju semifinal pada, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Masih melajunya Prancis berarti masih ada kesempatan bagi Alphonse Areola untuk tampil di Piala Dunia 2022. Peluang itu memang tipis karena ia hanyalah kiper pilihan ketiga. Namun, jika dibutuhkan, Areola harus siap menjaga asa Prancis mempertahankan gelar juara dunia.

Piala Dunia 2022 telah selesai bagi tim-tim penghuni Grup D, kecuali Prancis. Sejumlah pemain pun dipastikan pulang dari Qatar tanpa mencatat menit bermain. 

Baca Juga: 6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya