Comscore Tracker

6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022

Ter Stegen hingga Julian Brandt bak penonton VVIP

Jerman menjadi salah satu peserta di Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah gagal total di edisi sebelumnya, Der Panser mencoba kembali bersaing dalam perebutan gelar juara.

Hansi Flick yang kini menukangi Jerman membawa 26 pemain ke Qatar. Sayangnya, Manuel Neuer dan kolega kembali gagal bersaing di ajang empat tahunan ini. Mereka tersingkir di fase grup setelah hanya menempati posisi ketiga di Grup E.

Memainkan tiga pertandingan di fase grup, Flick belum sempat memberikan kesempatan kepada semua pemainnya. Setidaknya, ada enam pemain Die Mannschaft yang akhirnya jadi cadangan mati di Piala Dunia 2022. Siapa saja mereka?

1. Marc-Andre ter Stegen

6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022Marc-Andre ter Stegen (twitter.com/DFB_Team_EN)

Salah satu pemain Jerman yang jadi cadangan mati di Piala Dunia 2022 Qatar adalah Marc-Andre ter Stegen. Menjadi salah satu kiper terbaik, Ter Stegen masih selalu kalah bersaing dengan Manuel Neuer.

Kiper andalan Barcelona ini memang kerap mendapat panggilan Der Panser. Namun, keberadaan sosok Manuel Neuer membuat kiper 30 tahun ini jarang dimainkan, termasuk di ajang Piala Dunia 2022 ini.

Sejak debut pada 2012, ia baru mencatatkan 30 caps bersama Die Mannschaft. Dari jumlah tersebut, tak ada satu pun laga yang dimainkan oleh Ter Stegen di turnamen mayor.

2. Kevin Trapp

6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022Kevin Trapp (twitter.com/DFB_Team_EN)

Serupa dengan Marc-Andre ter Stegen, Kevin Trapp juga jadi cadangan mati Jerman akibat gagal bersaing dengan Manuel Neuer. Kiper yang kini berusia 32 tahun itu sudah menjalani debut bersama Timnas Jerman sejak 2017.

Namun, Trapp hanya mendapat kesempatan tampil dalam enam pertandingan. Terakhir kali ia main membela Der Panser terjadi pada November 2020 menghadapi Republik Ceko.

Sementara di level klub, Trapp terbilang cukup berpengalaman. Sebelum membela Eintracht Frankfurt, ia pernah berseragam Paris Saint-Germain.

3. Armel Bella-Kotchap

6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022Armel Bella-Kotchap (twitter.com/DFB_Team)

Masih dari lini pertahanan, Armel Bella-Kotchap yang berposisi sebagai bek tengah juga tak mendapat kesempatan tampil di Piala Dunia 2022. Meski demikian, Bella-Kotchap patut bersyukur bisa terlibat di dalam skuad Jerman pada ajang sepak bola terbesar empat tahunan ini.

Ia merupakan pemain muda yang tentu saja masih membutuhkan banyak pengalaman. Apalagi, pemain yang kini berusia 20 tahun itu baru menjalani debut bersama Die Mannschaft pada September 2022 lalu.

Hingga saat ini, ia sudah dipercaya tampil dalam dua pertandingan. Tentu masih banyak kesempatan bagi pemain Southampton ini untuk tampil di turnamen mayor bersama Timnas Jerman..

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Perkuat Timnas Jerman di Piala Dunia 2022

4. Christian Gunter

6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022Christian Gunter (twitter.com/DFB_Team_EN)

Berikutnya ada Christian Gunter yang juga tak sempat mencicipi atmosfer magis Piala Dunia 2022. Pemain yang kini berusia 29 tahun itu kalah bersaing dengan David Raum di pos bek kiri.

Gunter sendiri sudah cukup lama menjalani debut bersama Timnas Jerman, tepatnya sejak Mei 2014. Namun, hingga kini, ia baru mencatatkan tujuh caps bersama Die Mannschaft.

Praktis, tak ada turnamen mayor yang dimainkan Gunter bersama Jerman. Di sisi lain, Gunter merupakan pemain yang kini berseragam Freiburg. Cukup setia bersama klub Jerman itu, ia pun didaulat sebagai kapten tim saat ini.

5. Julian Brandt

6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022Julian Brandt (twitter.com/DFB_Team_EN)

Julian Brandt merupakan pemain yang pernah digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Jerman. Bahkan, ia sudah membela Jerman di berbagai kelompok umur sejak usia 15 tahun. Bersama tim senior, Brandt sudah menjalani debut sejak Mei 2016.

Total, sudah 39 pertandingan ia mainkan bersama Die Mannschaft. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya ia mainkan di Piala Dunia 2018. Namun, sinar pemain 26 tahun itu tampaknya mulai meredup.

Di Piala Dunia 2022, gelandang serang ini tak sekalipun catatkan menit bermain. Pemain Borussia Dortmund ini kalah bersaing dengan sosok gelandang muda milik Bayern Munich, Jamal Musiala.

6. Karim Adeyemi

6 Pemain Timnas Jerman yang Jadi Cadangan Mati di Piala Dunia 2022Karim Adeyemi (twitter.com/DFB_Team_EN)

Pemain keenam yang jadi cadangan mati Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar adalah Karim Adeyemi. Sama seperti Armel Bella-Kotchap, Adayemi juga masih memiliki banyak kesempatan di edisi-edisi berikutnya.

Pemain yang kini berusia 20 tahun itu menjadi pemain yang beruntung karena bisa masuk skuad Jerman. Sebelumnya, sang penyerang sayap sudah mencatatkan empat caps bersama Die Mannschaft.

Catatan tersebut ia torehkan sejak lakoni debut pada September 2021. Sementara itu, di level klub, Adeyemi baru saja diboyong Borussia Dortmund dari RB Salzburg pada musim panas 2021 lalu.

Pentingnya setiap laga yang dimainkan Jerman di fase grup membuat Hansi Flick belum sempat mencoba beberapa pemain cadangannya. Meski demikian, para pemain ini mungkin masih bisa mencicipi atmosfer magis Piala Dunia pada edisi berikutnya.

Baca Juga: Jejak Rekam Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, Gagal Total!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya