Comscore Tracker

5 Pemain Top Lulusan Akademi Paris Saint-Germain, Ada Anelka

Mereka sukses meraih banyak trofi!

Paris Saint-Germain saat ini dikenal sebagai salah satu klub besar di Eropa. Khususnya sejak dibeli oleh Qatar Sports Investments pada 2011, klub berjuluk Les Parisiens ini menjelma jadi klub kaya yang hobi belanja pemain bintang. Setiap musim, mereka selalu mendatangkan pemain-pemain terbaik untuk bersaing di kancah domestik maupun Eropa.

Namun meski merupakan klub kaya, jangan pikir bahwa PSG tak pernah menghasilkan pemain berkualitas dari akademi mereka sendiri. Sepanjang sejarah ternyata ada beberapa pemain top yang merupakan hasil didikan akademi PSG, dan ada yang bahkan jadi bagian penting skuad PSG saat ini. Inilah 5 pemain di antaranya yang pasti kamu kenal.

1. Nicolas Anelka 

5 Pemain Top Lulusan Akademi Paris Saint-Germain, Ada Anelkareadchelsea.com

Nicolas Anelka adalah striker asal Prancis yang pernah bermain di klub-klub besar dari berbagai negara Eropa. Ia pernah membela Arsenal, Real Madrid, Chelsea, Liverpool, serta Juventus. Namun, semua petualangan itu ternyata bermula dari akademi PSG, tempat ia menimba ilmu pada musim 1995/96.

Musim berikutnya, Anelka naik kelas ke tim senior dan bermain 10 kali di semua ajang kala itu. Setelah hengkang, Anelka juga sempat kembali ke PSG dan bermain pada 2000 hingga 2002.

Kala pensiun pada 2015, Anelka sudah mencatat lebih dari 700 penampilan bersama klub dan timnas, serta telah meraih tak kurang dari 15 trofi. Luar biasa!

2. Adrien Rabiot 

5 Pemain Top Lulusan Akademi Paris Saint-Germain, Ada Anelkafootball-espana.net

Adrien Rabiot yang kini membela Juventus di Serie A juga merupakan pemain lulusan akademi PSG. Ia bergabung dengan akademi PSG pada 2010 hingga 2012, dan akhirnya membela tim senior pada 2012 hingga 2019. Selama itu, Rabiot yang berposisi gelandang mencatat total 224 laga di semua ajang dengan 24 gol dan 14 assists.

Sementara sejak bergabung dengan Juve pada 2019, Rabiot telah memainkan 76 laga di semua ajang dengan sumbangan 4 gol dan 3 assists. Soal trofi, raihan Rabiot juga luar biasa. Ia sudah memenangkan 22 trofi sejauh ini, 20 di antaranya bersama PSG.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Pernah Dijual Paris Saint-Germain Secara Gratis

3. Ferland Mendy 

5 Pemain Top Lulusan Akademi Paris Saint-Germain, Ada Anelkatribuna.com

Ferland Mendy juga pernah jadi bagian dari akademi PSG, bahkan cukup lama yaitu 8 tahun dari 2004 hingga 2012. Namun kemudian ia pindah ke akademi Le Havre dan lulus ke tim senior Le Havre pada 2013. Baru kemudian Mendy dibeli oleh Lyon, dan akhirnya jadi pemain Real Madrid mulai 2019 hingga sekarang.

Mendy kemudian menjelma jadi pilihan utama di pos bek kiri Madrid. Ia turut membawa Madrid memenangi LaLiga dan Piala Super Spanyol musim lalu. Sementara musim ini, Mendy sudah bermain 37 kali di semua ajang dan berhasil mencetak 2 gol.

4. Kingsley Coman 

5 Pemain Top Lulusan Akademi Paris Saint-Germain, Ada Anelkabundesliga.com

Ada pula Kingsley Coman, winger asal Prancis yang lulus dari akademi PSG pada 2013 setelah menimba ilmu selama 9 musim. Namun bersama tim senior PSG, Coman hanya bermain selama semusim dan bermain 4 kali saja.

Meski begitu, ia tetap tercatat mendapat 4 trofi bersama PSG, sebelum akhirnya hengkang dan membela Juventus selama 3 musim. Kini, Coman tengah membela Bayern Munchen sejak 2017.

Karena selalu bergabung dengan klub-klub besar, Coman sudah meraih 23 trofi di usianya yang baru menginjak 24 tahun. Sementara statistik individunya sejauh ini di level senior adalah 228 laga dengan sumbangan 41 gol dan 50 assists di semua ajang.

5. Presnel Kimpembe 

5 Pemain Top Lulusan Akademi Paris Saint-Germain, Ada Anelkaas.com

Terakhir, ada Presnel Kimpembe, bek tengah yang bergabung dengan akademi PSG selama 8 musim. Sejauh ini Kimpembe masih setia membela PSG sejak 2014, dan ia sudah bermain 174 kali di semua ajang.

Ia memang tak selalu jadi pilihan utama, tapi khususnya musim ini Kimpembe ia lebih sering tampil, tepatnya 34 laga per 21 April 2021. Karena PSG begitu dominan di kancah domestik dalam beberapa tahun terakhir, tak heran jika Kimpembe sejauh ini sudah pernah meraih 18 trofi.

Musim ini, ia berpeluang meraih trofi Liga Champions pertamanya karena PSG sudah mencapai babak semifinal. Sementara bersama timnas, Kimpembe termasuk dalam skuad Prancis yang berjaya di Piala Dunia 2018.


Itulah 5 pemain top yang merupakan lulusan akademi Paris Saint-Germain. Ternyata, meski kaya raya dan sering membeli pemain bintang, PSG tetap tak lupa mengembangkan akademinya sehingga bisa menghasilkan nama-nama hebat di atas!

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Paris Saint-Germain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya