Keburu Pensiun, 5 Pemain Top MU Ini Tak Sempat Tampil di Piala Eropa

Setelah mereka pensiun, negaranya lolos ke Piala Eropa

Piala Eropa adalah turnamen internasional paling prestisius di Benua Eropa. Tampil di Piala Eropa tentu menjadi dambaan para pemain. Meski sudah sukses di level klub, mereka pasti tetap ingin bermain di Piala Eropa bersama negaranya. Itu juga dirasakan oleh para pemain top yang bermain di klub besar, misalnya Manchester United.

Namun, ada sejumlah pemain top MU yang pada akhirnya tak pernah merasakan tampil di Piala Eropa hingga gantung sepatu. Bukan karena performa mereka buruk, melainkan karena timnas negara mereka memang tak pernah lolos ke Piala Eropa dan akhirnya baru lolos setelah mereka pensiun. Inilah 5 pemain MU yang tak pernah tampil di Piala Eropa.

1. Ryan Giggs

Keburu Pensiun, 5 Pemain Top MU Ini Tak Sempat Tampil di Piala EropaRyan Giggs (fifa.com)

Yang pertama ada Ryan Giggs, salah satu pemain terhebat yang dimiliki MU sepanjang masa. Bersama Setan Merah, prestasi winger asal Wales ini tak perlu dipertanyakan lagi. Ia menghabiskan seluruh 24 tahun kariernya membela MU. Ia juga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi MU (963 laga) dan meraih total 34 trofi bersama MU.

Namun, Giggs bermain pada masa kekuatan Timnas Wales tidak begitu bagus. Akibatnya, ia pun tak pernah bermain di Piala Eropa ataupun Piala Dunia. Setelah Giggs gantung sepatu pada 2014, barulah Timnas Wales bisa lolos ke Piala Eropa 2016.

Giggs baru bisa menjadi bagian Timnas Wales di Piala Eropa setelah menjadi pelatih. Giggs dipercaya menjadi pelatih Wales sejak 2018 dan ia sukses membawa negaranya itu berlaga di Piala Eropa 2020. Sayangnya, penampilan Wales tak sebagus di Piala Eropa 2016 dan mereka tersingkir di babak 16 besar setelah kalah dari Denmark.

Baca Juga: 10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!

2. Roy Keane

Keburu Pensiun, 5 Pemain Top MU Ini Tak Sempat Tampil di Piala EropaRoy Keane (sportindepth.com)

Roy Keane juga adalah salah satu pemain terbaik yang dimiliki MU di era modern. Skill gelandang asal Republik Irlandia ini memang tak terlalu menonjol, tapi Keane adalah kapten yang luar biasa. Selama 8 tahun Keane menjadi kapten sejak 1997 hingga 2005, MU sukses meraih 10 trofi, termasuk treble winners pada musim 1998/99.

Keane membela Timnas Irlandia selama 14 tahun sejak 1991 hingga 2005. Namun, selama itu Irlandia tak pernah berhasil lolos ke Piala Eropa. Republik Irlandia baru bisa lolos lagi ke Piala Eropa pada 2012 alias 6 tahun setelah Keane pensiun. Sepanjang kariernya, Keane mencatat 63 caps di semua ajang dan mencetak 10 gol.

3. Denis Irwin

Keburu Pensiun, 5 Pemain Top MU Ini Tak Sempat Tampil di Piala EropaDenis Irwin (goal.com)

Selain Roy Keane, Denis Irwin pun tak pernah merasakan tampil bersama Timnas Irlandia di Piala Eropa. Irwin adalah bek kiri legendaris MU yang membela Setan Merah selama 12 musim dari 1990 hingga 2002. Irwin bermain sebanyak total 459 kali dan mencetak 33 gol serta 23 assist.

Irwin membela Timnas Republik Irlandia pada 1990 hingga 1999 alias sempat main bareng Roy Keane. Namun, tentu ia pun tak pernah bermain di Piala Eropa karena Irlandia tak pernah lolos selama periode tersebut. Irwin mencatat 52 caps bagi timnas dengan sumbangan 4 gol.

4. Darren Fletcher

Keburu Pensiun, 5 Pemain Top MU Ini Tak Sempat Tampil di Piala EropaDarren Fletcher (planetfootball.com)

Skotlandia tampil lagi di Piala Eropa 2020 setelah lama absen. Sebelum tahun ini, kali terakhir Skotlandia lolos ke Piala Eropa adalah pada tahun 1996. Artinya mereka sempat 24 tahun absen. Akibatnya, sejumlah pemain top mereka pun tak sempat tampil di Piala Eropa. Salah satunya adalah Darren Fletcher, gelandang yang membela MU sejak 2003 hingga 2015.

Fletcher mencatat 342 penampilan bersama MU di semua ajang dan mencetak 24 gol serta 29 assist. Sementara bersama Timnas Skotlandia, Fletcher bermain sejak tahun 2003 hingga 2017. Ia mencatat 78 caps sehingga menjadi pemain Skotlandia dengan penampilan terbanyak ketiga. Sayang sekali ia tak sempat melengkapi catatan itu dengan tampil di Piala Eropa.

5. George Best

Keburu Pensiun, 5 Pemain Top MU Ini Tak Sempat Tampil di Piala EropaGeorge Best (footballandmusic.co.uk)

Fans MU juga pasti tak lupa pada George Best, pemain legendaris Setan Merah yang pernah meraih Ballon d'Or. Kualitas Best semasa bermain di era '60-an hingga '70-an memang tak perlu diragukan lagi. Ia membela MU sejak 1963 hingga 1974 dan mencatat 470 penampilan di semua ajang serta menyumbang 190 gol.

Selain Ballon d'Or, Best juga sempat meraih 5 trofi bersama MU, termasuk Liga Champions 1968 alias trofi Liga Champions pertama MU. Ia juga sukses jadi top skor Liga Inggris musim 1967/68 dengan 28 gol.

Namun, sayangnya negara kelahiran Best, Irlandia Utara, tak memiliki timnas yang kuat. Akibatnya, Best tak sempat tampil di Piala Eropa ataupun Piala Dunia. Best meninggal dunia tahun 2005 pada usia 59 tahun. Pada tahun 2016 alias 11 tahun kemudian, barulah Timnas Irlandia Utara lolos ke Piala Eropa untuk pertama kalinya.

 

Itulah 5 pemain top MU yang tidak sempat tampil di Piala Eropa karena keburu pensiun sebelum negara mereka bisa lolos. Namun, meski tak pernah tampil di Piala Eropa, tentu saja kebintangan mereka tak perlu diragukan. Kalau kamu fans MU, siapa yang paling kamu kagumi di antara mereka?

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya