10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada Rivaldo

Ada yang masih bermain di Yunani hingga sekarang

Liga Super Yunani alias Greek Super League adalah salah satu liga di Eropa yang tak terlalu populer. Liga ini memang berisi beberapa klub yang cukup ternama, seperti Olympiakos, Panathinaikos, serta AEK Athens. Akan tetapi, prestasi klub-klub tersebut di Eropa tak cukup cemerlang untuk mengangkat nama Liga Yunani.

Meski demikian, Liga Super Yunani tetap bisa menarik para pemain top dunia untuk bisa bermain di dalamnya. Sepanjang sejarah, ada sejumlah pemain ternama yang pernah bermain di liga ini. Mau tahu siapa saja? Inilah 10 pemain di antaranya.

1. Rivaldo

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoRivaldo (thesefootballtimes.co)

Rivaldo adalah salah satu pemain terbaik yang dimiliki Brasil di era modern. Pemain yang bisa berposisi gelandang serang ataupun striker ini sering bergonta-ganti klub semasa bermain. Selama 24 tahun berkarier, Rivaldo pernah membela tak kurang dari 14 klub.

Itu termasuk 2 klub Yunani, Olympiakos dan AEK Athens. Rivaldo membela Olympiakos pada 2004 hingga 2007, lalu berseragam AEK Athens di musim 2007/08. Secara total ia bermain 4 musim di Liga Super Yunani dengan catatan 44 gol dalam 99 laga. Ia juga sukses meraih 5 trofi di Yunani, semuanya bersama Olympiakos.

2. Gilberto Silva

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoGilberto Silva (sdna.gr)

Ada pula Gilberto Silva, gelandang bertahan yang juga berasal dari Brasil. Nama Gilberto Silva terkenal kala membela Arsenal selama 6 musim. Setelah meninggalkan The Gunners, ia merapat ke Yunani dan bergabung dengan Panathinaikos pada 2008 hingga 2011. Selama 3 musim, ia mencatat 119 penampilan di semua ajang serta meraih 2 trofi.

3. Alvaro Recoba

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoAlvaro Recoba (sportsking.gr)

Alvaro Recoba adalah striker legendaris Uruguay yang terkenal selama membela Inter Milan. Setelah berseragam Inter dari 1997 hingga 2008, Recoba meninggalkan Nerazzurri dan bergabung dengan Panionios di Liga Yunani. Recoba akhirnya hanya bertahan 1,5 musim di Panionios dengan catatan 22 penampilan dan 5 gol serta 6 assist.

4. Esteban Cambiasso

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoEsteban Cambiasso (uefa.com)

Esteban Cambiasso juga terkenal sebagai salah satu legenda Inter Milan dan ia pun pernah membela klub besar Eropa lain, yaitu Real Madrid. Namun, Cambiasso ternyata menutup kariernya di Liga Super Yunani bersama Olympiakos. Ia membela Olympiakos pada 2015 hingga 2017 dan mencatat 49 laga di semua ajang dengan sumbangan 7 gol serta 3 assist.

5. Dimitar Berbatov

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoDimitar Berbatov (twitter.com/paok_fc)

Pemain top Eropa juga ada yang pernah mencoba berkarier di Liga Yunani. Salah satunya Dimitar Berbatov, striker Bulgaria yang populer kala bermain di Premier League. Berbatov membela PAOK Thessaloniki di musim 2015/16. Ia tampil 25 kali dan mencetak 5 gol di musim tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Cetak Hattrick ke Gawang Liverpool, Ada Berbatov

6. Eidur Gudjohnsen

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoEidur Gudjohnsen (uefa.com)

Eidur Gudjohnsen yang terkenal saat membela Chelsea juga pernah merasakan atmosfer Liga Yunani. Penyerang asal Islandia ini memang sering gonta-ganti klub dan AEK Athens jadi salah satu klub yang pernah ia bela pada 2012/13. Bersama AEK, Gudjohnsen bermain 14 kali dan mencetak 1 gol serta 3 assist.

7. Eric Abidal

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoEric Abidal (sdna.gr)

Eric Abidal pernah sukses jadi juara 3 liga di sepanjang kariernya, yaitu Liga Prancis, Liga Spanyol, dan Liga Yunani. Trofi Liga Yunani ia menangi bersama Olympiakos pada musim 2014/15 meski hanya tampil 9 kali di liga pada musim tersebut. Olympiakos jadi klub terakhir bagi bek asal Prancis ini.

8. Yaya Toure

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoYaya Toure (bbc.co.uk)

Yaya Toure pernah membela Olympiakos pada musim 2005/06 sebelum namanya terangkat sebagai salah satu pemain top. Ia kembali lagi ke klub tersebut pada 2018 setelah membela Barcelona dan Machester City. Toure total tampil 34 kali bagi Olympiakos di semua ajang dan pernah membawa klub tersebut mengangkat 2 trofi.

9. Michael Essien

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoMichael Essien (ghanasoccernet.com)

Selain Toure, Michael Essien pun pernah bermain di Liga Yunani. Gelandang asal Ghana ini berseragam Panathinaikos di musim 2015/16 dan tampil 15 kali dengan sumbangan 1 gol. Sayangnya ia tak sempat membawa Panathinaikos meraih gelar juara.

10. Shinji Kagawa

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada RivaldoShinji Kagawa (kingsport.gr)

Terakhir, ada Shinji Kagawa, gelandang asal Jepang yang saat ini masih aktif bermain di Liga Super Yunani. Klub yang dibela Kagawa adalah PAOK Thessaloniki dan ia mulai bergabung sejak Januari 2021. Sejauh ini, mantan pemain Manchester United ini sudah mencatat 11 penampilan bersama PAOK dan mencetak 1 assist.

 

Meski tak terlalu populer, ternyata Liga Yunani pernah diisi pemain-pemain top dunia, termasuk 10 pemain di atas. Siapa yang paling kamu kagumi di antara mereka?

Baca Juga: 5 Tokoh Mitologi Yunani yang 'Hidup' Abadi di Langit hingga Kini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya