Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Villarreal, Berkelas!

Ada legenda Arsenal, Liverpool, dan Manchester United

Villarreal adalah klub Spanyol dengan prestasi yang cukup bagus di La Liga. Meski tak setenar Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid, kekuatan mereka di liga domestik patut diperhitungkan. Buktinya, dari 7 musim terakhir hanya sekali Villarreal finis di luar 6 besar klasemen akhir La Liga.

Sepanjang sejarah, kekuatan skuad Villarreal memang tidak terlalu menonjol. Tapi ternyata, ada pula beberapa pemain top kualitas dunia yang pernah membela klub berjuluk Kapal Selam Kuning ini. Inilah 5 pemain tersebut yang mungkin tak kamu sadari pernah membela Villarreal.

1. Robert Pires 

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Villarreal, Berkelas!villarrealusa.com

Fans sejati Arsenal pasti masih ingat betul nama ini. Robert Pires adalah gelandang asal Prancis yang pernah membela Arsenal pada masa kejayaan mereka di bawah pelatih Arsene Wenger. Pires termasuk ke dalam skuad The Invincibles yang juara Premier League tanpa terkalahkan, dan ia juga pernah meraih 6 trofi lain bersama The Gunners.

Nah, setelah hengkang dari Arsenal pada 2006, Pires kemudian bergabung dengan Villarreal. Meski sempat cedera parah di awal kedatangannya, Pires berhasil pulih dan jadi pemain kunci di lini tengah Villarreal. Salah satu pencapaian Pires adalah turut membawa Villarreal finis sebagai runner-up La Liga pada 2007/08, posisi terbaik mereka sepanjang sejarah.

2. Jon Dahl Tomasson 

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Villarreal, Berkelas!marca.com

Masih ingat Jon Dahl Tomasson? Striker asal Denmark ini terutama terkenal namanya kala membela AC Milan pada 2002 hingga 2005. Pemain ini memang tak punya kekuatan fisik yang luar biasa, namun ia adalah pekerja keras serta punya penempatan posisi yang baik.

Tomasson yang sukses mengangkat 4 trofi bersama AC Milan ini membela Villarreal selama 1,5 musim dari awal 2007 hingga 2008. Artinya, ia termasuk skuad Villarreal yang finis runner-up La Liga kala itu. Statistiknya pun cukup bagus kala itu, yaitu 12 gol dalam 48 laga di semua ajang, meski ia lebih sering diplot sebagai pelapis.

Baca Juga: 7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!

3. Antonio Valencia 

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Villarreal, Berkelas!elcomercio.com

Sementara pemain yang satu ini terkenal sebagai legenda Manchester United. Valencia pernah membela United selama 10 musim penuh kesuksesan yang ditandai dengan raihan 12 trofi, dilansir Transfermarkt. Namun sebelum ke MU, Valencia pernah lebih dulu bergabung dengan Villarreal.

Bahkan, Villarreal adalah klub Eropa pertama Valencia. Ia bergabung pada 2005 hingga 2008, namun lebih banyak dipinjamkan ke klub lain sehingga hanya sempat bermain dua kali saja dalam balutan seragam Villarreal. Namun demikian, Villarreal tetap adalah klub yang berjasa membawa Valencia ke Eropa sehingga namanya bisa mendunia.

4. Pepe Reina 

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Villarreal, Berkelas!uefa.com

Villarreal juga pernah dibela penjaga gawang kelas dunia, yaitu Pepe Reina. Reina memulai kariernya di Barcelona, namun namanya baru mulai terangkat kala bermain untuk Villarreal pada 2002 hingga 2005. Ia bermain 147 kali di semua ajang dan mencatat 55 clean sheet.

Ia memang tak meraih trofi di Villarreal, namun kilaunya bersama klub tersebut membuat Liverpool akhirnya tertarik mendatangkannya. Barulah bersama Liverpool ia semakin menegaskan statusnya sebagai kiper top dunia, dan masuk timnas Spanyol yang jadi juara Euro 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010. Hebat!

5. Alexandre Pato 

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Villarreal, Berkelas!skysports.com

Terakhir, ada Alexandre Pato, striker yang namanya mendunia kala membela AC Milan pada 2007 hingga 2013. Pria asal Brasil ini adalah salah satu striker muda paling fenomenal ketika itu. Ia langsung jadi top skor Milan di musim keduanya dan jadi pemain muda terbaik Seria A di musim berikutnya.

Namun setelah itu, sejumlah cedera yang Pato alami membuat penampilannya menurun. Ia lalu pulang kampung ke Brasil dan membela Corinthians selama tiga musim, dan di musim 2016/17 ia kembali ke Eropa dan bergabung dengan Villarreal. Hanya semusim yang ia habiskan di Spanyol, namun statistiknya cukup lumayan dengan 6 gol dan 5 assist dalam 24 pertandingan.

 

Itulah 5 pemain top yang ternyata pernah membela Villarreal dalam perjalanan kariernya. Siapa dari antara mereka yang pernah kamu saksikan berbaju Villarreal?

Baca Juga: 10 Pesona Eks Bintang AC Milan, Alexandre Pato!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya