6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarez

Sebagian besar pernah membela Atletico Madrid

LaLiga Spanyol adalah salah satu liga sepak bola terbaik di Eropa. Tak heran jika deretan pemain terbaik dunia selalu mewarnai liga ini setiap musimnya sejak dulu. Banyak di antara mereka berasal dari negara-negara Amerika Selatan yang terkenal dengan kekuatan sepak bolanya.

Salah satu negara tersebut adalah Uruguay. Sepanjang sejarah, cukup banyak pemain asal Uruguay yang pernah berkarier di LaLiga dan beberapa di antaranya berhasil meraih sukses. Inilah 6 pemain asal Uruguay yang sukses di LaLiga pada era modern.

1. Luis Suarez 

6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarezas.com

Luis Suarez adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Uruguay sepanjang masa. Terkenal dengan permainannya yang skillful dan "licik", Suarez sukses tampil tajam di setiap tim yang dibelanya. Itu termasuk dua tim LaLiga, Barcelona dan Atletico Madrid.

Khususnya di Barcelona yang dibelanya sejak 2014 hingga 2020, Suarez benar-benar menunjukkan sinarnya. Ia bermain 283 laga di semua ajang dan berhasil mencatat statistik yang menakjubkan, yaitu 195 gol dan 112 assist! Jumlah gol itu bahkan membuat Suarez jadi top skor kedua Barca sepanjang masa.

Bersama Barca juga Suarez pernah meraih gelar top skor LaLiga 2015/2016 dengan 40 gol serta meraih 13 trofi, termasuk 4 LaLiga, 4 Copa del Rey, dan 1 Liga Champions. Sementara bagi Atletico, Suarez baru bermain sejak awal musim ini, tetapi ia sudah mencetak 19 gol dari 32 laga. Luar biasa!

Baca Juga: 6 Pemain Amerika Latin di Skuat Atletico Madrid Musim Ini, Ada Suarez

2. Diego Forlan

6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarezdreamteamfc.com

Striker tajam asal Uruguay yang pernah dimiliki Atletico ternyata bukan hanya Suarez. Pada 2007 hingga 2011, Atletico memiliki Diego Forlan, penyerang yang pernah bahu-membahu bersama Suarez di Timnas Uruguay. Sebelum Atletico, Forlan terlebih dulu menunjukkan kelasnya saat membela Villarreal selama 3 musim.

Secara total, Forlan bermain selama 7 musim di Spanyol. Khusus di ajang LaLiga, ia mengoleksi 128 gol dari 240 laga. Ia juga sukses meraih 3 trofi yang semuanya adalah trofi Eropa, yaitu Europa League dan Piala Super Eropa bersama Atletico serta Piala Intertoto bersama Villarreal.

3. Jose Gimenez 

6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarezeurosport.com

Sementara itu, di posisi bek, Atletico kini punya Jose Gimenez, bek tengah asal Uruguay yang sudah membela Los Rojiblancos sejak 2013. Gimenez sejauh ini sudah bermain 214 kali bermain bagi Atletico.

Gimenez berhasil mencetak 9 gol dan 8 assist. Ia juga sukses meraih 3 trofi sejauh ini, yang mencakup trofi Europa League, Piala Super Spanyol, serta Piala Super Eropa.

4. Diego Godin 

6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarezsempreinter.com

Di masa lalu, bek tengah asal Uruguay yang pernah membela Atletico Madrid adalah Diego Godin. Godin cukup lama bermain untuk Atletico, tepatnya 9 musim sejak 2010 hingga 2019. Ia juga sempat menjadi kapten pada musim terakhirnya di Atletico. Namun, sebelum itu, ia lebih dulu membela Villarreal sejak 2007 sampai 2010.

Secara total, Godin bermain 368 kali di ajang LaLiga dan mencetak 21 gol. Ia juga sukses meraih 8 trofi selama di Spanyol, semuanya bersama Atletico. Trofi itu mencakup 1 LaLiga, 1 Copa del Rey, dan 2 Europa League.

5. Gustavo Poyet 

6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarezmilanuncios.com

Mundur ke era '90-an, LaLiga sempat diwarnai oleh aksi Gustavo Poyet, gelandang Uruguay yang membela Real Zaragoza selama 7 musim sejak 1990 hingga 1997. Poyet didatangkan langsung dari Uruguay dan ia berhasil nyetel dengan permainan LaLiga sehingga dipercaya tampil hingga 239 kali di semua ajang.

Selain berhasil menyumbang 63 gol, Poyet juga sukses membawa Zaragoza memenangi Copa del Rey 1993/1994 serta trofi Piala Winners musim berikutnya. Itu adalah trofi Eropa paling bergengsi yang pernah dimenangkan Zaragoza hingga saat ini. Pada 1997, Poyet hengkang ke Inggris dan namanya semakin mendunia karena sukses bersama Chelsea dan Tottenham Hotspur.

6. Walter Pandiani 

6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarezas.com

Terakhir ada Walter Pandiani, striker Uruguay yang pernah bermain di LaLiga selama 11 musim dan membela 4 klub. Yang terlama ia bela adalah Deportivo La Coruna, yaitu sejak 2000 hingga 2005. Deportivo juga adalah klub tersukses yang pernah ia bela karena Pandiani turut membawa Deportivo meraih 1 Copa del Rey dan 3 Piala Super Spanyol.

Pandiani juga pernah meraih Copa del Rey bersama dua klub lain, yaitu Real Mallorca dan Espanyol. Selain itu, di Espanyol ia juga pernah menembus babak final Piala UEFA meski gagal juara. Statistik Pandiani di LaLiga adalah 83 gol dari 279 laga yang semakin menegaskan bahwa ia adalah salah satu striker Uruguay tersukses sepanjang sejarah LaLiga.

 

Itulah 6 pemain asal Uruguay yang pernah bermain di LaLiga dan meraih sukses. Menurutmu, siapa di antara mereka yang terbaik?

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Pemain yang Tampil Sangat Baik di LaLiga Musim Ini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya