Comscore Tracker

6 Pemain yang Menjadi Kapten Baru di Premier League 2022/2023

Ada juga yang menjadi kapten timnas

Kapten adalah jabatan penting dalam sebuah tim sepak bola. Kualitas kepemimpinan seorang kapten bisa berpengaruh kepada performa tim. Oleh karena itu, tidak sembarang pemain bisa terpilih sebagai kapten, apalagi di klub-klub Eropa.

Pada 2022/2023, sebagian besar klub English Premier League (EPL) masih dipimpin kapten yang sama seperti musim lalu. Namun, ada pula yang memilih kapten baru karena berbagai alasan.

Inilah enam pemain yang menjadi kapten baru di Premier League 2022/2023.

1. Ilkay Guendogan

6 Pemain yang Menjadi Kapten Baru di Premier League 2022/2023Ilkay Gundogan (instagram.com/ilkayguendogan)

Manchester City, sang juara bertahan Premier League, berganti kapten pada 2022/2023. Pasalnya, mereka telah ditinggal Fernandinho, gelandang Brasil yang mengapteni Manchester City selama 2 tahun terakhir.

Sebagai penggantinya, Ilkay Guendogan dipercaya meneruskan kepemimpian Fernandinho. Bagi Guendogan, menjadi kapten The Cityzens bukanlah pengalaman baru.

Musim lalu, ia sudah menjabat sebagai wakil kapten. Ilkay Guendogan sering kali memimpin rekan-rekannya di lapangan saat Fernandinho tidak tampil musim lalu.

Sementara Guendogan jadi kapten, pemain yang menjadi wakil kapten saat ini adalah Kevin De Bruyne. Ia akan memimpin tim kala Guendogan tidak tampil.

2. Martin Odegaard 

6 Pemain yang Menjadi Kapten Baru di Premier League 2022/2023Martin Odegaard (instagram.com/odegaard.98)

Arsenal juga dipimpin kapten baru, Martin Odegaard. Gelandang berusia 23 tahun ini menjadi salah satu kapten termuda di Premier League 2022/2023.

Odegaard sebenarnya sudah beberapa kali tampil sebagai kapten Arsenal musim lalu. Namun, ia baru resmi menjadi kapten utama musim ini.

Meski masih muda, jabatan kapten utama bukan hal baru bagi Odegaard. Pasalnya, ia sudah terpilih jadi kapten Timnas Norwegia sejak Maret 2021.

Kualitas Odegaard sebagai kapten pun terbukti ampuh. Ia mampu membawa Arsenal menyapu bersih empat partai awal Premier League 2022/2023.

3. Declan Rice

6 Pemain yang Menjadi Kapten Baru di Premier League 2022/2023Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Kapten termuda di Premier League 2022/2023 adalah Declan Rice. Gelandang asal Inggris ini juga baru terpilih jadi kapten musim ini.

Ia menggantikan kapten West Ham United sebelumnya, Mark Noble, yang pensiun pada akhir musim lalu. Meski baru resmi menjabat pada 2022/2023, Rice sudah sering tampil sebagai kapten musim lalu, karena Noble tidak banyak bermain.

Kepemimpinan Rice membawa West Ham finis di posisi ketujuh Premier League musim lalu. Bisakah pemain yang menjadi kapten baru di Premier League 2022/2023 ini membantu meningkat kualitas tim musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Norwegia yang Kini Bermain di Premier League Selain Odegaard

4. Jonny Evans

6 Pemain yang Menjadi Kapten Baru di Premier League 2022/2023Jonny Evans (lcfc.com)

Berikutnya, ada Jonny Evans, kapten baru Leicester City musim 2022/2023. Evans menjadi pengganti kapten Leicester musim lalu, Kasper Schmeichel, yang hengkang ke OGC Nice.

Evans bisa jadi pilihan yang cocok. Ia merupakan salah satu pemain paling senior di skuad Leicester City.

Selain itu, Evans punya pengalaman menjadi kapten saat membela West Bromwich Albion pada 2017/2018. Sayangnya, start sang pemain sebagai kapten utama Leicester tak berjalan mulus. Ia gagal membawa The Foxes menang dalam empat laga awal Premier League 2022/2023.

5. Ruben Neves

6 Pemain yang Menjadi Kapten Baru di Premier League 2022/2023Ruben Neves (instagram.com/rubendsneves)

Ruben Neves adalah gelandang asal Portugal yang memegang rekor kapten termuda di Liga Champions Eropa. Ia menorehkan rekor itu saat membela FC Porto pada 2015/2016.

Berusia 18 tahun 221 hari saat itu, rekor Neves sebagai kapten termuda di Liga Champions masih bertahan hingga kini. Oleh karena itu, tak mengherankan jika Neves terpilih jadi kapten utama Wolverhampton Wanderers musim 2022/2023.

Ia menggantikan posisi Conor Coady yang sedang dipinjamkan ke Everton. Sebelumnya, Neves beberapa kali berperan sebagai kapten Wolves di lapangan ketika Coady absen.

6. John McGinn

6 Pemain yang Menjadi Kapten Baru di Premier League 2022/2023John McGinn (instagram.com/johnmcginn7)

Satu lagi pemain yang menjadi kapten baru di Premier League 2022/2023. Ia adalah John McGinn.

Sang pemain merupakan gelandang Skotlandia yang membela Aston Villa sejak 2018. Ia terpilih sebagai kapten Aston Villa musim ini menggantikan Tyrone Mings yang hanya semusim menjadi kapten pada 2021/2022. Mings masih bertahan di Aston Villa, tetapi jabatan kapten tim dicabut darinya dan diberikan kepada McGinn.

Aston Villa sendiri menunjuk nama berbeda sebagai kapten klub, yaitu Ashley Young. Artinya, McGinn akan jadi pemimpin tim di dalam lapangan, sementara Young memimpin di luar lapangan.

Mengemban jabatan kapten sepak bola adalah tanggung jawab yang berat, terutama bagi pemain yang baru pertama kali ditunjuk. Enam pemain yang menjadi kapten baru di Premier League 2022/2023 bakal menghadapi tekanan sebagai kapten baru bagi timnya.

Baca Juga: Momen Emosional Ilkay Guendogan, Harus Bunuh Dortmund Demi ManCity

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya