Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Cetak Quattrick di Europa League, Ada yang Baru

Ada yang sukses membawa klubnya juara

Europa League adalah turnamen antarklub Eropa yang kelasnya satu level di bawah Liga Champions. Meski berstatus kasta kedua, turnamen ini juga cukup prestisius dan pernah dimenangi klub-klub besar Eropa. Maka, membuat prestasi di Europa League juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi klub maupun pemain.

Salah satu prestasi hebat yang pernah ditorehkan pemain di Europa League adalah mencetak quattrick alias 4 gol dalam satu pertandingan. Sejauh ini, baru ada 5 pemain yang pernah berhasil melakukannya, sejak tahun 2009 dimana nama Piala UEFA berubah jadi Europa League. Inilah kelima pemain tersebut.

1. Radamel Falcao

5 Pemain yang Pernah Cetak Quattrick di Europa League, Ada yang BaruRadamel Falcao (uefa.com)

Pemain pertama yang pernah mencetak 4 gol dalam satu laga Europa League adalah Radamel Falcao. Striker Kolombia ini melakukannya pada leg kedua babak semifinal Europa League musim 2010/11. Saat itu, empat gol Falcao membuat klubnya FC Porto menang 5-1 atas Villarreal. Agregat 7-4 pun membawa Porto melangkah ke final.

Hebatnya, Falcao sebelumnya juga sudah mencetak hattrick dua kali pada turnamen tersebut di babak grup melawan Rapid Wiena serta perempat final melawan Spartak Moskow. Ia pun jadi satu-satunya pemain hingga kini yang sanggup membuat 3 hattrick dalam satu turnamen Europa League.

Falcao lalu menyempurnakan prestasi itu dengan mencetak gol tunggal di partai final melawan Benfica, sehingga Porto keluar sebagai juara. Ia juga jadi top skor dengan 17 gol, dan itu pun jadi rekor gol terbanyak dalam semusim Europa League, bahkan sejak masih bernama Piala UEFA. Luar biasa!

2. Edinson Cavani

5 Pemain yang Pernah Cetak Quattrick di Europa League, Ada yang BaruEdinson Cavani (uefa.com)

Dua musim berselang, Edinson Cavani menyusul jejak Falcao dengan mencetak 4 gol dalam laga Europa League. Kala itu Cavani masih membela Napoli, dan pada partai fase grup melawan Dnipro ia menjebol gawang lawan sebanyak empat kali. Klub asal Ukraina itu hanya bisa membalas dua kali sehingga Napoli pun menang 4-2.

Sayangnya, perjalanan Napoli saat itu terbilang pendek. Setelah lolos dari fase grup sebagai runner-up, mereka langsung takluk dari Viktoria Plzen di babak 32 besar dengan agregat 0-5. Maka meski Cavani menempati posisi kedua daftar top skor dengan total 7 gol, hal itu tak berarti banyak bagi klubnya.

3. Aritz Aduriz

5 Pemain yang Pernah Cetak Quattrick di Europa League, Ada yang BaruAritz Aduriz (uefa.com)

Berikutnya ada Aritz Aduriz, mantan striker Athletic Bilbao yang kini sudah pensiun. Pemain asal Spanyol itu membuat sejarah pada musim 2016/17 dengan menjadi pemain pertama yang mencetak 5 gol dalam laga Europa League. Itu terjadi di partai fase grup melawan klub Belgia, KRC Genk yang dimenangi Bilbao 5-3.

Namun Bilbao pun akhirnya harus langsung angkat koper pada babak 32 besar. Mereka kalah agregat 3-4 atas APOEL Nicosia, sementara Genk malah bisa melaju hingga perempat final. Aduriz sendiri mencetak total 7 gol dalam turnamen tersebut sehingga bertengger di posisi ketiga daftar top skor.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Menjuarai Europa League Berulang Kali, Siapa Saja?

4. Willian Jose

5 Pemain yang Pernah Cetak Quattrick di Europa League, Ada yang BaruWillian Jose (90min.com)

Ada pula Willian Jose, striker asal Brasil yang membela Real Sociedad sejak 2016 hingga kini. Nama Willian Jose memang tak terlalu populer dibanding pemain asal Brasil lain, tapi ia juga pernah mencatat prestasi di Europa League dengan mencetak 4 gol dalam satu laga.

Itu terjadi di musim 2017/18, dimana Sociedad berhadapan dengan Vardar Skopje, klub asal Makedonia Utara. Empat gol Willian Jose turut membuat Sociedad menang telak 6-0. Sayangnya, Sociedad pun hanya mentok hingga babak 32 besar karena disingkirkan oleh Red Bull Salzburg.

5. Patson Daka

5 Pemain yang Pernah Cetak Quattrick di Europa League, Ada yang BaruPatson Daka (eurosport.com)

Pemain teranyar dalam daftar ini adalah Patson Daka, yang baru saja mencetak quattrick dalam satu laga pada Europa League musim ini. Daka melakukannya di partai grup C saat Leicester City berhadapan dengan Spartak Moskow. Berkat striker asal Zambia ini, Leicester yang sempat tertinggal 0-2 pun bisa menang 4-3.

Meski menang, Leicester untuk sementara masih tertahan di posisi ketiga grup, di bawah Legia Warsawa dan Napoli. Namun mereka tentu masih punya untuk lolos ke babak selanjutnya. Bagi Daka sendiri, 4 gol tersebut membuat koleksi golnya musim ini bertambah jadi 5 gol, setelah sebelumnya mencetak 1 gol ke gawang Manchester United.


Itulah 5 pemain yang pernah mencetak quattrick alias 4 gol dalam satu laga di Europa League. Siapa pemain yang bisa menyusul pencapaian mereka kelak?

Baca Juga: 5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya