3 Pemain Yunani yang Pernah Menjadi Top Skor Eredivisie Belanda

Ada nama terbaru pada musim 2022/2023

Yunani adalah negara yang tidak ternama di dunia sepak bola. Namun, mereka juga pernah menorehkan prestasi membanggakan. Paling hebat tentu keberhasilan Timnas Yunani juara Piala Eropa 2004. Padahal, saat itu mereka sama sekali tak diunggulkan.

Beberapa pemain asal Yunani juga pernah menarik perhatian di liga-liga Eropa. Di Eredivisie Belanda, ada tiga pemain Yunani yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak. Salah satunya baru saja menjadi top skor pada musim 2022/2023, lho!

1. Nikos Machlas (1997/1998)

3 Pemain Yunani yang Pernah Menjadi Top Skor Eredivisie BelandaNikos Machlas (twitter.com/MijnVitesse)

Pemain Yunani pertama yang merebut gelar top skor Eredivisie Belanda adalah Nikolaos "Nikos" Machlas. Momen tersebut terjadi pada musim 1997/1998. Saat itu, Machlas baru menjalani musim keduanya di Belanda bersama Vitesse Arnhem setelah didatangkan dari Yunani.

Machlas memang luar biasa tajam pada musim tersebut. Ia mencetak 34 gol dalam 32 penampilan di Eredivisie. Tak sekadar jadi top skor Eredvisie, jumlah itu juga membuat Machlas memenangi sepatu emas Eropa. Machlas menjadi pemain Yunani pertama yang mendapat gelar tersebut.

Sayangnya, tak ada trofi kolektif yang diraih Machlas selama 3 musim menetap di Vitesse Arnhem. Ia baru bisa memenangi trofi setelah pindah ke Ajax Amsterdam. Tepatnya, Machlas turut membawa Ajax juara Eredivisie dan Piala KNVB pada musim 2001/2002.

Machlas pun menjadi salah satu dari segelintir pemain Yunani yang pernah memenangi trofi Eredivisie. Machlas juga adalah pemain Yunani tersubur dalam sejarah Eredivisie. Koleksi totalnya adalah 97 gol dalam 165 penampilan selama 6 musim.

Baca Juga: Perjalanan Feyenoord Putus Dominasi Ajax Amsterdam di Eredivisie

2. Giorgos Giakoumakis (2020/2021)

3 Pemain Yunani yang Pernah Menjadi Top Skor Eredivisie BelandaGiorgos Giakoumakis (instagram.com/giakoum9_official)

Lebih dari 2 dekade setelah Machlas, ada lagi pemain Yunani yang sukses menjadi top skor Eredivisie. Ia adalah Giorgos Giakoumakis, pencetak gol terbanyak Eredivisie 2020/2021. Giakoumakis mencetak 26 gol dalam 30 laga bersama klubnya saat itu, VVV-Venlo.

Sayangnya, ketajaman Giakoumakis tak diimbangi dengan pertahanan VVV-Venlo yang kuat. Mereka kebobolan 91 kali di Eredivisie sepanjang musim tersebut, bahkan sempat terbantai 0-13 oleh Ajax Amsterdam. Pada akhir musim, VVV-Venlo pun terdegradasi.

Akibatnya, Giakoumakis memilih untuk hengkang dari VVV-Venlo. Musim 2020/2021 pun menjadi satu-satunya musim Giakoumakis bermain di Eredivisie. Kini, Giakoumakis bermain di MLS Amerika Serikat bersama Atlanta United sejak Februari 2023.

3. Tasos Douvikas (2022/2023)

3 Pemain Yunani yang Pernah Menjadi Top Skor Eredivisie BelandaTasos Douvikas (instagram.com/tasosdouvikas)

Pada musim 2022/2023, Tasos Douvikas menyusul dua nama pemain Yunani sebelumnya untuk menjadi top skor Eredivisie. Douvikas mencetak 19 gol di Eredivisie bagi FC Utrecht. Jumlah itu sama dengan torehan pemain PSV Eindhoven, Xavi Simmons, sehingga keduanya berbagi gelar top skor.

Douvikas sendiri masih berusia muda, yaitu 23 tahun. Ia baru membela Utrecht sejak 2021. Sebelumnya, Douvikas belum pernah bermain di luar Yunani. Prestasi Douvikas di Eredivisie 2022/2023 terbilang cukup mengejutkan.

Ketajaman Douvikas sekaligus mengantarkan Utrecht finis di posisi tujuh Eredivisie. Selanjutnya, Utrecht bakal menjalani babak playoff demi mendapat tiket ke kualifikasi Europa Conference League musim depan. Utrecht punya kans tampil di Eropa untuk pertama kali sejak 2011.

Ketiga nama pemain Yunani di atas mengangkat nama negaranya di Eredivisie Belanda dengan merebut gelar top skor. Mereka membuktikan bahwa Yunani punya sejumlah striker hebat yang bisa diandalkan. Akankah ada pemain Yunani yang bersinar di liga-liga top Eropa suatu saat nanti?

Baca Juga: Liga Belanda Eredivisie 2022-23: Top Scorer, Assists, dan Clean Sheets

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya