Perjalanan Feyenoord Putus Dominasi Ajax Amsterdam di Eredivisie

Feyenoord jadi kampiun Eredivisie musim ini

Jakarta, IDN Times - Feyenoord akhirnya memutus dominasi menahun Ajax Amsterdam usai menjuarai Eredivisie musim 2022/23. Klub berjuluk De Club van het Volk itu juga mengakhiri dahaga sejak 2016 lalu.

Feyenoord memastikan gelar juara usai menggilas Go Ahead Eagles dengan skor 3-0, Minggu (14/5/2023) malam WIB. Meski masih menyisakan dua laga, torehan 79 poin mereka tak mungkin lagi bisa dikejar PSV Eindhoven.

Keberhasilan Feyenoord meraih gelar musim ini sekaligus menjadi penanda, Eredivisie sudah kembali kompetitif.

1. Performanya sempat naik turun dalam beberapa musim terakhir

Perjalanan Feyenoord Putus Dominasi Ajax Amsterdam di Eredivisiertvdrenthe.nl

Performa yang inkonsisten menjadi penyebab Feyenoord sulit menjuarai Eredivisie dalam beberapa musim terakhir. Penampilan mereka naik turun, setelah menjadi kampiun pada musim 2016/17 silam.

Feyenoord sebenarnya punya kapasitas untuk memenangkan trofi itu pada musim 2019/20. Namun, mereka terlalu banyak membuang poin lantarak kerap meraih hasil imbang.

Ajax yang lebih konsisten akhirnya keluar sebagai juara. Padahal, catatan kekalahan Ajax lebih banyak dari Feyenoord, yakni lima banding tiga.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

2. Sempat merosot musim 2020/21

Bahkan, performa Feyenoord sempat merosot pada musim 2020/21. Mereka tak mampu mengakhiri musim di empat besar untuk pertama kalinya, sejak musim 2014/15.

Kala itu, Feyenoord hanya menorehkan 16 kemenangan dari 34 laga. Sisanya 11 imbang, dan tujuh kali menelan kekalahan.

Atas penurunan tersebut, manajemen klub langsung melakukan evaluasi. Dick Advocaat dipecat dari kursi pelatih kepala dan digantikan Arne Slot. Perubahan pun langsung dirasakan klub yang berbasis di Rotterdam tersebut.

3. Performa menanjak hingga akhirnya juara

Arne Slot mampu membawa Feyenoord finis di peringkat ketiga pada musim pertamanya, 2021/22. Filosofi sepak bola Arne Slot yang kian melekat akhirnya sukses membuat Feyenoord juara di musim ini.

Feyenoord tampil begitu perkasa di Belanda. Mereka memutus dominasi menahun Ajax Amsterdam, yang telah menjadi juara empat kali beruntun di Eredivisie.

Statistiknya pun gemilang. Feyenoord menyegel trofi di pekan 32, dengan 24 kemenangan, tujuh imbang dan hanya sekali kalah.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin di Feyenoord pada 2022/2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya