6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia, Ada Suarez

Dua pemain masih aktif

Timnas Uruguay berangkat ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan membawa sejumlah pemain senior. Jabatan kapten, misalnya, masih dipercayakan kepada Diego Godin, bek berusia 36 tahun. Begitu pula duet striker Luis Suarez dan Edinson Cavani, yang tetap dibawa meski sama-sama telah berusia 35 tahun.

Meski tak muda lagi, para pemain senior Uruguay unggul dalam hal mental dan pengalaman. Suarez dan Cavani masih layak diandalkan karena sudah terbukti tajam di Piala Dunia. Keduanya masuk daftar pencetak gol terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia.

1. Oscar Miguez (8 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia, Ada SuarezOscar Miguez (twitter.com/Uruguay)

Oscar Miguez masih memegang rekor gol terbanyak bagi Uruguay di Piala Dunia. Ia striker yang bermain para periode 1948–1962. Miguez pernah tampil dalam dua edisi Piala Dunia bersama pada Piala Dunia 1950 Brasil dan Piala Dunia 1954 Swiss.

Miguez paling bersinar di Piala Dunia 1950. Saat itu, ia mencetak lima gol, termasuk hattrick ke gawang Swedia pada fase grup kedua. Meski tak membuat gol di partai penentuan, Miguez turut membawa Uruguay mengalahkan Brasil. Uruguay pun sukses meraih trofi Piala Dunia kedua mereka.

2. Luis Suarez (7 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia, Ada SuarezLuis Suarez (fifa.com)

Luis Suarez menguntit ketat rekor Miguez dengan tujuh gol di Piala Dunia. Eks striker Liverpool dan Barcelona itu mengoleksi 7 gol dalam 3 edisi. Ia membuat 3 gol di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, 2 gol di Piala Dunia 2014 Brasil, dan 2 gol di Piala Dunia 2018 Rusia.

Meski sudah tak muda lagi, Suarez terbukti masih bisa diandalkan Uruguay. Ia mencetak delapan gol selama babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sangat mungkin Suarez bisa mencetak minimal dua gol di Qatar hingga menyalip koleksi gol Oscar Miguez.

3. Diego Forlan (6 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia, Ada SuarezDiego Forlan (fifa.com)

Berikutnya, ada Diego Forlan, striker Uruguay yang menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2010. Ia terpilih setelah mengantarkan Uruguay merebut peringkat ketiga. Selain itu, torehan lima gol juga membuat Forlan jadi top skor. Salah satu golnya dinyatakan sebagai gol terbaik turnamen.

Jauh sebelum itu, Forlan juga sudah tampil di Piala Dunia 2002 Korea Selatan/Jepang dan mencetak satu gol. Sementara, di Piala Dunia 2014 Brasil, ia tidak menjebol gawang lawan. Secara total, Forlan membuat 6 gol dalam 10 penampilan di Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Gol Ikonik Luis Suarez di Piala Dunia, Si Tangan Kedua Tuhan

4. Pedro Cea (5 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia, Ada SuarezPedro Cea (fifa.com)

Daftar ini juga diisi pemain Uruguay yang berlaga pada edisi perdana Piala Dunia tahun 1930. Ia adalah Pedro Cea, striker kelahiran 1900. Cea berperan besar membawa Uruguay juara Piala Dunia 1930 dengan torehan 5 golnya dalam 4 penampilan.

Itu termasuk trigol ke gawang Yugoslavia di semifinal serta satu gol ke gawang Argentina di final. Namun, penampilan Cea di Piala Dunia hanya sampai di situ. Ia tak bermain di Piala Dunia 1934 karena pensiun dari timnas pada 1932.

5. Juan Alberto Schiaffino (5 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia, Ada SuarezJuan Alberto Schiaffino (acmilan.com)

Juan Alberto Schiaffino juga membuat lima gol bagi Uruguay di Piala Dunia. Schiaffino adalah striker atau gelandang serang yang pernah sukses di Serie A Italia bersama AC Milan. Ia bahkan sempat membela Timnas Italia setelah lebih dahulu membela Timnas Uruguay.

Bersama Uruguay, Schiaffino bermain di Piala Dunia 1950 dan 1954. Ia mencetak 3 gol di Piala Dunia 1950, termasuk 1 gol ke gawang Brasil di partai penentuan juara. Schiaffino lalu membuat dua gol di Piala Dunia 1954, tetapi hanya bisa mengantarkan Uruguay ke peringkat keempat.

6. Edinson Cavani (5 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Uruguay di Piala Dunia, Ada SuarezEdinson Cavani (fifa.com)

Satu lagi pemain Uruguay yang mencetak lima gol di Piala Dunia. Ia adalah Edinson Cavani. Sebanyak 3 gol di antaranya ia buat di Piala Dunia 2018, termasuk 2 gol ke gawang Portugal di perempat final. Sisanya, masing-masing satu gol ia ciptakan di Piala Dunia 2010 dan 2014.

Seperti Suarez, Cavani juga dibawa ke Piala Dunia 2022. Maka, ia masih bisa menambah koleksi golnya. Beruntung bagi Uruguay, Cavani sedang tajam di level klub. Ia membuat empat gol bagi Valencia di LaLiga Spanyol sepanjang Oktober 2022.

Kiprah Luis Suarez dan Edinson Cavani patut disoroti di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka masih bisa menambah jumlah golnya sembari berjuang membawa negaranya berjaya. Bisa jadi, rekor gol Oscar Miguez bagi Uruguay di Piala Dunia akan tersalip tak lama lagi.

Baca Juga: Perjalanan Karier Luis Suarez di Eropa, Kembali ke Klub Masa Kecil

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya