Deretan Tim Asia Terbaik dalam 5 Edisi Piala Dunia Terakhir

Didominasi Jepang dan Korea Selatan

Langkah tim-tim Asia di Piala Dunia 2022 Qatar telah terhenti. Beberapa perwakilan Benua Kuning sempat membuat kejutan di fase awal. Namun, pada akhirnya tak ada tim Asia yang melaju lebih jauh dari babak 16 besar.

Rekor terbaik tim Asia di Piala Dunia pun masih menjadi milik Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Saat itu, Korea Selatan yang jadi tuan rumah sukses mencapai babak semifinal dan akhirnya menduduki peringkat keempat.

Setelah itu, tim Asia mana saja yang penampilannya paling memukau di setiap edisi? Termasuk Piala Dunia 2022, inilah para wakil Asia terbaik di lima edisi Piala Dunia terakhir.

1. Korea Selatan (Piala Dunia 2006)

Deretan Tim Asia Terbaik dalam 5 Edisi Piala Dunia TerakhirKorea Selatan melawan Swiss di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Piala Dunia 2006 Jerman diikuti oleh empat negara Asia. Mereka adalah Jepang, Korea Selatan, Iran, dan Arab Saudi. Timnas Australia juga ikut serta, tetapi pada waktu itu mereka masih jadi perwakilan zona Oceania.

Hasilnya, keempat negara Asia tersebut mentok di fase grup. Bahkan, hanya ada satu tim yang berhasil meraih kemenangan, yaitu Korea Selatan. Maka, Korea Selatan pantas disebut wakil Asia terbaik di Piala Dunia 2006 meski raihan mereka sendiri kurang membanggakan.

Tergabung di Grup G, Korea Selatan finis di posisi ketiga grup di bawah Prancis dan Swiss. Taegeuk Warriors sempat mengalahkan Togo dan menahan imbang Prancis. Namun, kekalahan dari Swiss pada laga penentuan grup membuat mereka tersisih.

2. Jepang (Piala Dunia 2010)

Deretan Tim Asia Terbaik dalam 5 Edisi Piala Dunia TerakhirPara pemain Timnas Jepang merayakan gol di Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Prestasi Asia meningkat di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Ada dua tim Asia yang sukses mencapai babak 16 besar, yaitu Korea Selatan dan Jepang. Keduanya sama-sama tersisih di fase tersebut. Namun, capaian Jepang masih lebih baik dibanding sang negara tetangga.

Di fase grup, Jepang sukses mengumpulkan 6 poin, sedangkan Korea Selatan hanya 4 angka. Jepang juga sebenarnya berhasil menahan imbang Paraguay 0-0 di perdelapan final. Sayangnya, mereka harus pulang setelah takluk melalui drama adu penalti.

Baca Juga: Cahaya Asia, Teladan dari Timnas Jepang dan para Suporternya

3. Korea Selatan (Piala Dunia 2014)

Deretan Tim Asia Terbaik dalam 5 Edisi Piala Dunia TerakhirPara pemain Timnas Korea Selatan merayakan gol di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Di Piala Dunia 2014 Brasil, tim-tim Asia terpuruk lagi. Empat wakil Asia di edisi tersebut adalah Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Australia. Hasilnya, semuanya gugur di fase grup sebagai juru kunci. Bahkan, tidak ada yang berhasil meraih kemenangan.

Dari antara mereka, Korea Selatan adalah yang capaiannya paling lumayan. Mereka meraih 1 poin di Grup H, serta berhasil mencetak 3 gol dan kebobolan 6 gol. Meski terbilang buruk, setidaknya catatan itu masih lebih baik dibanding tiga wakil Asia lainnya.

4. Jepang (Piala Dunia 2018)

Deretan Tim Asia Terbaik dalam 5 Edisi Piala Dunia TerakhirJepang melawan Belgia di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Seolah bergantian dengan Korea Selatan, Jepang kembali jadi tim Asia terbaik di Piala Dunia 2018 Rusia. Samurai Biru adalah satu-satunya wakil Asia yang berhasil lolos dari fase grup saat itu. Arab Saudi, Iran, Korea Selatan, dan Australia gagal mengikuti jejak Jepang.

Bahkan, Jepang hampir saja menapaki babak perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya. Menghadapi Belgia di babak 16 besar, Jepang sempat unggul 2-0. Namun, kualitas generasi emas Belgia membuat mereka bisa membalikkan skor akhir jadi 3-2 sekaligus memulangkan Jepang.

5. Jepang (Piala Dunia 2022)

Deretan Tim Asia Terbaik dalam 5 Edisi Piala Dunia TerakhirJepang melawan Spanyol di Piala Dunia 2022. (instagram.com/japanfootballassociation)

Sejarah tercipta bagi tim-tim Asia di Piala Dunia 2022. Untuk pertama kali, ada 6 wakil Asia di 1 edisi Piala Dunia. Qatar sebagai tuan rumah ditemani lima negara Asia lain yang lolos via babak kualifikasi.

Selain itu, untuk pertama kalinya pula ada tiga wakil Asia yang sukses lolos dari fase grup. Mereka adalah Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Dari ketiganya, prestasi Jepang tentu paling memukau.

Pasalnya, Jepang lolos dari fase grup sebagai juara, tak seperti Korea Selatan dan Australia. Dalam proses jadi juara grup, Tim Samurai Biru bahkan sempat mengalahkan dua tim besar Eropa, Jerman dan Spanyol.

Jepang juga gugur di babak 16 besar hanya karena kalah adu penalti melawan Kroasia. Selama ikut Piala Dunia, Jepang memang belum pernah melewati perdelapan final. Namun, prestasi di Piala Dunia 2022 adalah salah satu yang terbaik bagi mereka.

Seperti bisa ditebak, predikat tim Asia terbaik dalam lima edisi Piala Dunia teranyar didominasi oleh Jepang dan Korea Selatan. Di Piala Dunia 2026 mendatang, siapa wakil Asia yang bakal melaju paling jauh?

Baca Juga: Timnas Maroko Pernah Kalah dari Timnas Indonesia, tapi Itu Dulu!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya