Deretan Tim Tersubur di Piala Dunia dalam 5 Edisi Terakhir

Jerman paling sering jadi tim tertajam

Timnas Argentina berhasil menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar. Tim Tango meraih gelar juara dunia untuk ketiga kalinya berkat penampilan gemilang. Namun, di antara seluruh peserta Piala Dunia 2022, Argentina ternyata bukan tim dengan catatan gol terbanyak.

Ya, torehan gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia memang tidak melulu dilesakkan sang juara. Bahkan, dalam lima edisi terakhir, hanya ada satu tim juara yang juga mencetak gol terbanyak. 

1. Piala Dunia 2006: Jerman (14 gol)

Deretan Tim Tersubur di Piala Dunia dalam 5 Edisi TerakhirPara pemain Jerman merayakan gol di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Tim yang juara Piala Dunia 2006 adalah Italia. Sementara, posisi runner-up ditempati oleh Prancis. Namun, Prancis dan Italia bukanlah tim tertajam di edisi tersebut. Jumlah gol mereka masih kalah dari sang tuan rumah Jerman yang finis sebagai peringkat ketiga.

Persisnya, Jerman mencetak 14 gol di Piala Dunia 2006. Sementara, Italia membuat 12 gol dan Prancis hanya 9 gol. Namun, pertahanan kokoh akhirnya membawa Italia juara. Gli Azzuri hanya kebobolan dua kali sepanjang turnamen, rekor terbaik di antara keempat semifinalis.

2. Piala Dunia 2010: Jerman (16 gol)

Deretan Tim Tersubur di Piala Dunia dalam 5 Edisi TerakhirPara pemain Jerman merayakan gol di Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Selang empat tahun kemudian, giliran Spanyol yang sukses juara Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. La Furia Roja meraih gelar juara dunia pertamanya setelah menumbangkan Belanda di final. Namun, predikat tim tersubur lagi-lagi jadi milik Jerman yang jadi juara ketiga.

Der Panzer mencetak 16 gol di Piala Dunia 2010. Tim tertajam kedua adalah Belanda yang membuat 12 gol. Sementara, seperti Italia pada 2006, Spanyol mengandalkan pertahanan kokoh untuk jadi juara dunia. Meski hanya membuat total 8 gol, Spanyol berjaya karena hanya kebobolan 2 kali saja.

Baca Juga: 5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022

3. Piala Dunia 2014: Jerman (18 gol)

Deretan Tim Tersubur di Piala Dunia dalam 5 Edisi TerakhirJerman menjadi juara sekaligus tim tersubur di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Timnas Jerman terbukti dominan dalam urusan mencetak gol di Piala Dunia. Untuk ketiga kali beruntun, mereka jadi tim tersubur dalam satu edisi Piala Dunia. Der Panzer mencetak total 18 gol di Piala Dunia 2014 Brasil, kali ini disertai dengan gelar juara.

Dari 18 gol, 7 gol di antaranya tercipta ke gawang tuan rumah Brasil di babak semifinal. Jerman menang 7-1 saat itu, rekor kemenangan terbesar di semifinal Piala Dunia. Sementara, tim tersubur kedua di Piala Dunia 2014 adalah Belanda yang membuat 15 gol.

4. Piala Dunia 2018: Belgia (16 gol)

Deretan Tim Tersubur di Piala Dunia dalam 5 Edisi TerakhirTimnas Belgia merayakan gol di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Di Piala Dunia 2018, lagi-lagi tim yang mencetak paling banyak gol adalah tim juara ketiga. Mereka adalah Timnas Belgia yang mencatat 16 gol sepanjang turnamen. The Red Devils juga hanya kalah sekali, yaitu di babak semifinal melawan Prancis.

Sementara itu, Prancis yang jadi juara Piala Dunia 2018 hanya mencetak 14 gol; sama dengan Kroasia yang berstatus sebagai runner-up. Sayangnya, prestasi Belgia kemudian terjun bebas di Piala Dunia 2022. Mereka tersisih di fase grup dan hanya mencetak 1 gol dalam 3 laga.

5. Piala Dunia 2022: Prancis (16 gol)

Deretan Tim Tersubur di Piala Dunia dalam 5 Edisi TerakhirTimnas Prancis merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Argentina memang sukses menjuarai Piala Dunia 2022. Namun, predikat tim tersubur di Qatar ternyata diraih oleh Prancis yang jadi runner-up. Les Blues mencetak 16 gol dalam 7 laga, termasuk 3 gol ke gawang Argentina di partai final.

Torehan Argentina sendiri hanya kalah tipis dari Prancis, yaitu 15 gol. Sementara, tim tertajam ketiga di Piala Dunia 2022 adalah Inggris dengan 13 gol. Kroasia dan Maroko yang masuk semifinal malah terbilang minim gol dengan masing-masing mencetak 8 gol dan 6 gol.

Dalam lima edisi terakhir, tim tersubur di Piala Dunia malah jarang jadi juara. Jelas bahwa ketajaman lini depan bukan satu-satunya aspek keberhasilan sebuah tim di Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Gol Tercepat di Dunia, Cetak Gol di Detik ke-2 Pertandingan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya