5 Timnas Sepak Bola Putri yang Lebih Berprestasi Dibanding Tim Putra

Di sejumlah negara, wanita lebih berprestasi di sepak bola

Sepak bola adalah olahraga yang biasanya identik dengan laki-laki. Namun, seiring perkembangan zaman, sepak bola tak lagi hanya jadi hanya jadi milik kaum Adam. Sepak bola perempuan pun semakin berkembang dan semakin banyak peminatnya. Bahkan, kebanyakan klub profesional serta negara pun sudah punya tim sepak bola wanitanya masing-masing.

Beberapa negara bahkan memiliki timnas sepak bola putri yang lebih berprestasi daripada timnas putra. Negara mana saja? Ini dia 5 timnas sepak bola putri yang prestasinya lebih baik daripada timnas putranya.

1. Amerika Serikat

5 Timnas Sepak Bola Putri yang Lebih Berprestasi Dibanding Tim PutraTimnas sepak bola putri Amerika Serikat (goal.com)

Yang pertama tentu Amerika Serikat, negara yang punya timnas sepak bola putri terbaik di dunia. Timnas putri Amerika Serikat punya koleksi 4 trofi Piala Dunia yang merupakan rekor terbanyak. Mereka juga pernah 8 kali menjuarai Piala Emas, 4 kali meraih medali emas Olimpiade, dan hampir selalu bertengger di peringkat 1 FIFA.

Prestasi itu jauh mengungguli capaian timnas putra Amerika Serikat yang belum pernah menjuarai Piala Dunia. Mereka juga baru 6 kali juara Piala Emas dan peringkat FIFA terbaik yang pernah mereka raih adalah peringkat 4 pada tahun 2006. Sementara untuk saat ini, AS berada di peringkat ke-20 ranking FIFA sejak bulan Mei 2021.

2. Norwegia

5 Timnas Sepak Bola Putri yang Lebih Berprestasi Dibanding Tim PutraTimnas sepak bola putri Norwegia (ultrasports.tv)

Norwegia juga memiliki tradisi yang kuat dalam bidang sepak bola putri. Timnas sepak bola putri Norwegia pernah 1 kali menjadi juara dunia pada tahun 1995, sedangkan di Piala Eropa mereka 2 kali juara pada 1987 dan 1993. Di antara negara-negara Eropa, Norwegia punya timnas sepak bola wanita tersukses yang hanya kalah dari Jerman.

Sementara itu, timnas sepak bola putra Norwegia belum punya prestasi mumpuni sampai sekarang. Mereka baru 3 kali lolos ke Piala Dunia, sedangkan di Piala Eropa mereka baru tampil sekali. Meski kini punya Erling Haaland dan Martin Odegaard, Timnas Norwegia masih cukup kesulitan untuk berbicara banyak di kancah internasional.

Baca Juga: 10 Fakta Putri KW, Bibit Unggul Harapan Tunggal Putri Indonesia

3. Jepang

5 Timnas Sepak Bola Putri yang Lebih Berprestasi Dibanding Tim PutraTimnas sepak bola putri Jepang (90min.com)

Harapan untuk melihat ada negara Asia yang bisa juara Piala Dunia sepertinya cukup sulit terwujud. Namun, di sepak bola wanita, sebenarnya hal itu pernah terjadi. Timnas sepak bola wanita Jepang pernah menjadi juara Piala Dunia Wanita pada tahun 2011. Mereka masih menjadi satu-satunya timnas negara Asia yang bisa meraih pencapaian itu.

Di ajang Piala Asia, timnas sepak bola putri Jepang pun sukses menjadi juara dalam dua edisi teranyar, yaitu 2014 dan 2018. Sementara itu, timnas putra Jepang pernah menjadi juara Piala Asia sebanyak 4 kali, tetapi belum pernah juara dunia. Bisakah mereka melakukannya suatu saat nanti hingga menyamai prestasi rekan-rekan wanita mereka?

4. Tiongkok

5 Timnas Sepak Bola Putri yang Lebih Berprestasi Dibanding Tim PutraTimnas sepak bola putri Tiongkok (the-afc.com)

Tak hanya Jepang, Tiongkok juga pernah berhasil mengharumkan nama Asia di Piala Dunia Wanita. Meski belum pernah juara, timnas putri Tiongkok pernah mencapai final Piala Dunia pada tahun 1999. Sementara itu, di ajang Piala Asia mereka malah pernah juara 8 kali dan 7 kali di antaranya diraih secara beruntun!

Prestasi luar biasa itu jauh mengungguli timnas putra Tiongkok yang baru sekali lolos ke Piala Dunia dan belum pernah menjadi juara Piala Asia. Bahkan, kini prestasi mereka bisa dibilang menurun dan semakin sedikit pemain Tiongkok yang bermain di liga-liga top Eropa. Bisakah timnas putra Tiongkok bangkit lagi di masa depan?

5. Swedia

5 Timnas Sepak Bola Putri yang Lebih Berprestasi Dibanding Tim PutraTimnas sepak bola putri Swedia (usatoday.com)

Satu lagi negara yang timnas sepak bola putrinya lebih berprestasi daripada timnas putra adalah Swedia. Timnas wanita Swedia memang belum pernah juara Piala Dunia, tetapi mereka pernah sekali menjadi runner-up dan 3 kali menjadi juara ketiga. Sementara itu, di Piala Eropa, mereka pernah sekali juara dan 3 kali menjadi runner-up.

Prestasi serupa masih belum bisa diraih oleh timnas putra Swedia. Mereka memang pernah menjadi runner-up Piala Dunia serta mencapai final Piala Eropa, tetapi kedua prestasi itu terjadi sudah sangat lama. Dalam 2 dekade terakhir, Swedia tak punya prestasi mumpuni, termasuk di Piala Eropa 2020 saat mereka tersisih di babak 16 besar.

 

Itulah 5 negara yang punya timnas sepak bola putri dengan prestasi lebih baik dibanding timnas putra. Terbukti bahwa setiap negara punya keunggulan masing-masing dalam bidang-bidang tertentu dan bahwa perempuan pun bisa berprestasi lebih baik dibanding laki-laki.

Baca Juga: 6 Suka Duka Menjadi Penggemar Sepak Bola, Fans Bola Pasti Paham!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya