Comscore Tracker

Deretan Bintang! Top Skor Sepanjang Masa Klub Big Six Liga Inggris

Wayne Rooney tajam di Manchester United

The Big Six mengacu kepada enam klub terkuat di Liga Inggris. Mereka terdiri dari Manchester United, Liverpool, Arsenal, Chelsea, Manchester City, dan Tottenham Hotspur.

Masing-masing nama di atas memiliki top scorer alias pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub. Siapa saja mereka?

1. Manchester United: Wayne Rooney (253 gol)

Deretan Bintang! Top Skor Sepanjang Masa Klub Big Six Liga InggrisWayne Rooney berseragam Manchester United. (instagram.com/waynerooney)

Manchester United memiliki top scorer sepanjang masa dalam diri Wayne Rooney. Rooney, yang membela Setan Merah pada 2004—2017, mencetak total 253 gol dalam 559 penampilan di semua ajang.

Catatan Rooney tadi termasuk 208 gol di Liga Inggris kasta tertinggi, English Premier League (EPL). Gol-gol itu juga membuatnya jadi pemain tertajam kedua dalam sejarah EPL. Ia hanya kalah dari Alan Shearer, legenda Newcastle United.

Rooney mengungguli rekor 249 gol milik Sir Bobby Charlton, pemain legendaris Manchester United yang bermain pada 1956—1973. Uniknya, Rooney juga sukses membalap rekor gol Bobby Charlton bersama timnas Inggris.

Dengan koleksi 53 gol, Rooney adalah top skor sepanjang masa timnas Inggris. Ia menikung rekor yang tadinya dimiliki Charlton dengan 49 gol.

2. Liverpool: Ian Rush (346 gol)

Deretan Bintang! Top Skor Sepanjang Masa Klub Big Six Liga InggrisIan Rush berseragam Liverpool. (instagram.com/ian_rush9)

Liverpool memiliki sosok top scorer sepanjang masa yang rekornya belum bisa terkejar sejak 1996. Sosok tersebut adalah Ian Rush, penyerang asal Wales yang namanya melegenda bersama Liverpool.

Rush membela The Reds selama total 15 musim. Ia mengoleksi 346 gol dalam 660 penampilan di semua ajang.

Rekor gol Rush bagi Liverpool kemungkinan besar bakal bertahan sangat lama. Pasalnya, pemain aktif The Reds yang paling mendekati koleksi Rush adalah Mohamed Salah. Ia baru mencetak 148 gol sejauh ini.

Artinya, jika Salah ingin merebut takhta Rush, ia membutuhkan setidaknya 199 gol lagi bagi Liverpool. Berat!

3. Arsenal: Thierry Henry (228 gol)

Deretan Bintang! Top Skor Sepanjang Masa Klub Big Six Liga InggrisThierry Henry berseragam Arsenal. (transfermarkt.com)

Berikutnya, ada Thierry Henry, yang merupakan top skor sepanjang masa Arsenal. Hal itu memang tak mengherankan. Henry luar biasa tajam saat membela Arsenal pada 1999—2007.

Hanya dalam delapan musim, penyerang asal Prancis ini sanggup mempersembahkan 228 gol bagi The Gunners. Henry sukses merebut status top scorer Arsenal dari Ian Wright.

Wright sendiri adalah penyerang Inggris yang membela Arsenal hingga 1998, alias setahun sebelum kedatangan Henry. Seperti rekor IanRush, rekor gol Henry bersama Arsenal kemungkinan besar akan bertahan lama. Tak ada pemain aktif Arsenal yang menyumbang tiga digit gol.

Baca Juga: Klub Lagi Payah, 5 Pemain Ini Masuk Radar The Big Six Premier League

4. Chelsea: Frank Lampard (211 gol)

Deretan Bintang! Top Skor Sepanjang Masa Klub Big Six Liga InggrisFrank Lampard berseragam Chelsea. (thefa.com)

Frank Lampard adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang tidak berposisi penyerang. Selama kariernya, ia bermain sebagai gelandang.

Meski tugas utamanya bukan mencetak gol, Lampard memang punya ketajaman luar biasa. Selama berseragam Chelsea pada 2001—2014, ia sukses mencetak 211 gol dalam 648 laga di semua ajang. Koleksi gol Lampard bahkan lebih banyak daripada para penyerang legendaris Chelsea, seperti Bobby Tambling, Kerry Dixon, dan Didier Drogba.

Lampard juga tak melupakan tugasnya sebagai kreator serangan Chelsea. Itu terbukti dari catatan 150 assist yang ia ciptakan bagi The Blues. Luar biasa!

5. Manchester City: Sergio Aguero (260 gol)

Deretan Bintang! Top Skor Sepanjang Masa Klub Big Six Liga InggrisSergio Aguero berseragam Manchester City. (instagram.com/kunaguero)

Pemain yang menjadi top scorer sepanjang masa Manchester City baru saja memutuskan pensiun belum lama ini. Ia adalah Sergio Aguero.

Striker asal Argentina ini membela Manchester City pada 2011—2021. Selama satu dekade, Aguero mencatatkan 390 penampilan di semua ajang dan mencetak 260 gol.

Itu termasuk catatan 184 gol di Premier League. Aguero pun menjadi pemain asing tertajam dalam sejarah ajang tersebut.

Selain itu, Aguero adalah pemain dengan hattrick terbanyak di Premier League, yaitu 12 hattrick. Sayang sekali, karier penyerang top ini harus berakhir lebih cepat akibat masalah jantung.

6. Tottenham Hotspur: Jimmy Greaves (266 gol)

Deretan Bintang! Top Skor Sepanjang Masa Klub Big Six Liga InggrisJimmy Greaves berseragam Tottenham Hotspur. (tottenhamhotspur.com)

Siapa top scorer Tottenham Hotspur? Pemain yang menjadi top scorer sepanjang masa The Lilywhites adalah Jimmy Greaves. 

Striker legendaris ini berkarier pada 1957—1980. Greaves punya catatan 266 gol dalam 379 laga bersama Tottenham di semua ajang. Ia juga sukses membawa Spurs memenangi lima trofi meski tak pernah juara Liga Inggris.

Uniknya, Greaves tak hanya terkenal sebagai legenda Tottenham, tetapi juga Chelsea. Ia mengawali kariernya bersama Chelsea dan mencetak 132 gol hanya dalam empat musim. Greaves tercatat sebagai salah satu pencetak gol papan atas dalam sejarah Chelsea.

Rekor gol Jimmy Greaves bersama Tottenham sendiri saat ini sudah hampir terkejar oleh Harry Kane. Per 8 Januari 2022, Kane sudah mengoleksi 232 gol bagi Tottenham, alias tinggal berselisih 34 gol dengan Greaves. Jika loyal membela Spurs dan terus tampil tajam, Kane sangat berpeluang mengambil alih status top skor sepanjang masa Tottenham.

Enam pemain di atas adalah para pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi klub-klub The Big Six Liga Inggris. Kebanyakan dari mereka punya rekor yang terbilang mustahil terkejar, tetapi ada pula yang mungkin bisa disalip.

Baca Juga: Prestasi Unik Klub Big Six Premier League, Tak Ada yang Menyamai!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya