Deretan Top Skor Liga Champions 5 Musim Terakhir, Selalu Berbeda 

Karim Benzema jadi nama terbaru!

Liga Champions Eropa 2021/2022 akhirnya selesai. Real Madrid lagi-lagi keluar sebagai juara setelah mengalahkan Liverpool di partai final. Los Blancos pun merengkuh trofi Liga Champions ke-14 sepanjang sejarah.

Karim Benzema adalah salah satu pemain kunci keberhasilan Real Madrid jadi juara. Striker asal Prancis itu berhasil jadi top skor Liga Champions untuk pertama kalinya. Dengan demikian, dalam lima musim terakhir gelar top skor Liga Champions selalu dimenangi pemain berbeda.

1. Cristiano Ronaldo (2017/2018)

Deretan Top Skor Liga Champions 5 Musim Terakhir, Selalu Berbeda potret Cristiano Ronaldo berseragam Real Madrid (skysports.com)

Hasil Liga Champions musim 2017/2018 amat identik dengan Liga Champions 2021/2022. Real Madrid saat itu berhasil jadi juara dengan mengalahkan Liverpool di final. Gelar top skor Liga Champions musim tersebut pun dimenangi pemain Real Madrid, yaitu Cristiano Ronaldo.

Ronaldo mencetak lima belas gol di Liga Champions 2017/2018. Ia bahkan mencetak gol dalam sepuluh partai beruntun dari fase grup hingga leg kedua perempat final. Gelar top skor musim itu sendiri adalah yang ketujuh bagi Ronaldo, sehingga ia tercatat sebagai pemain yang paling sering jadi top skor Liga Champions.

2. Lionel Messi (2018/2019)

Deretan Top Skor Liga Champions 5 Musim Terakhir, Selalu Berbeda potret Lionel Messi berseragam Barcelona (skysports.com)

Sementara, tim yang keluar sebagai juara Liga Champions 2018/2019 adalah Liverpool. Namun, bukan pemain Liverpool yang jadi pencetak gol terbanyak, melainkan Lionel Messi. Messi mencetak dua belas gol bagi Barcelona, termasuk satu hat-trick pada laga fase grup melawan PSV Eindhoven.

Sayangnya, langkah Barcelona saat itu mentok di semifinal. Barca dikalahkan Liverpool melalui aksi comeback luar biasa yang ditampilkan The Reds di leg kedua. Untungnya, Barca tetap mengakhiri musim 2018/2019 dengan gelar juara LaLiga.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak ke Gawang Klub Liga Inggris di Liga Champions

3. Robert Lewandowski (2019/2020)

Deretan Top Skor Liga Champions 5 Musim Terakhir, Selalu Berbeda potret Robert Lewandowski (skysports.com)

Pada musim 2019/2020, gelar top skor Liga Champions kembali dimenangi pemain dari tim juara. Robert Lewandowski berhasil jadi top skor sekaligus membawa Bayern Munchen meraih trofi. Lewandowski mencetak lima belas gol, torehan terbanyak baginya dalam semusim Liga Champions.

Musim 2019/2020 juga merupakan musim tertajam sekaligus tersukses bagi Lewandowski sepanjang kariernya. Ia berhasil mengoleksi 55 gol dalam 47 gol di semua ajang. Ketajaman Lewandowski pun berbuah enam trofi bagi Bayern Munchen pada musim tersebut.

4. Erling Haaland (2020/2021)

Deretan Top Skor Liga Champions 5 Musim Terakhir, Selalu Berbeda potret Erling Haaland berseragam Borussia Dortmund (skysports.com)

Musim 2020/2021 lalu, pemain yang menjadi top skor Liga Champions adalah Erling Haaland. Meski saat itu belum genap berusia 21 tahun, Haaland berhasil membuktikan kualitasnya dengan menorehkan 10 gol dalam 8 partai.

Sayangnya, langkah Borussia Dortmund terhenti di perempat final musim tersebut. Namun, tak ada pemain yang bisa mengejar torehan gol Haaland hingga Liga Champions berakhir. Sepanjang kariernya sejauh ini, Haaland sudah mengoleksi total 23 gol dalam 19 partai Liga Champions.

5. Karim Benzema (2021/2022)

Deretan Top Skor Liga Champions 5 Musim Terakhir, Selalu Berbeda potret Karim Benzema (instagram.com/karimbenzema)

Karim Benzema jadi pemain teranyar yang merebut gelar top skor Liga Champions. Benzema berperan penting membawa Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022 berkat torehan lima belas gol. Itu termasuk dua hat-trick yang ia ciptakan ke gawang Paris Saint-Germain serta Chelsea di babak knockout.

Benzema pun untuk pertama kalinya menjadi top skor Liga Champions. Ia juga menjadi pemain Prancis pertama yang merebut gelar tersebut setelah Jean-Pierre Papin pada 1991/1992. Sukses jadi juara Liga Champions sekaligus top skor, Benzema pun disebut-sebut layak jadi pemenang Ballon d'Or 2022.

 

Dalam lima musim terakhir, ada lima pemain berbeda yang berhasil menjadi top skor Liga Champions. Itu membuktikan bahwa persaingan di Liga Champions memang ketat dan sulit ditebak. Musim depan, pemain mana yang bakal jadi top skor di ajang ini?

Baca Juga: 9 Pemain yang Sandingkan Trofi dan Top Skor UEFA Champions League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya