5 Pemain Non-PSG Terakhir yang Menjadi Top Skor Ligue 1 Prancis

Para pemain PSG dominan dalam perebutan gelar top skor

Paris Saint-Germain (PSG) adalah klub yang amat dominan di Ligue 1 Prancis. Sejak jadi klub kaya, PSG sulit ditandingi dalam perebutan gelar juara Ligue 1. Les Parisiens sukses meraih 8 trofi Ligue 1 dalam 10 musim terakhir.

Para pemain PSG pun amat sering merebut gelar top skor Ligue 1. Hanya ada segelintir pemain dari klub lain yang sempat menyela dominasi mereka. Inilah lima pemain non-PSG terakhir yang menjadi top skor Ligue 1 Prancis.

1. Mamadou Niang (2009/2010)

5 Pemain Non-PSG Terakhir yang Menjadi Top Skor Ligue 1 PrancisMamadou Niang (twitter.com/OM_English)

Mamadou Niang adalah eks striker asal Senegal yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Ligue 1. Niang khususnya subur saat membela Olympique Marseille pada 2005–2010. Dalam 5 musim, Niang mencetak total 71 gol bagi Marseille di Ligue 1.

Ketajaman Niang sempat membawa Marseille juara Ligue 1 pada 2009/2010. Bahkan, saat itu ia sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 18 gol. Setelah Niang, belum ada lagi pemain Marseille yang menjadi top skor Ligue 1 hingga sekarang.

2. Moussa Sow (2010/2011)

5 Pemain Non-PSG Terakhir yang Menjadi Top Skor Ligue 1 PrancisMoussa Sow (losc.fr)

Pada musim 2010/2011, gelar top skor Ligue 1 lagi-lagi diraih pemain asal Senegal. Ia adalah Moussa Sow, striker yang saat itu membela Lille. Sow membuat 25 gol di Ligue 1 musim tersebut sehingga menjadi top skor.

Seperti Niang, ketajaman Sow juga berhasil membuat klubnya juara Ligue 1. Sayangnya, jumlah gol Sow menurun pada musim berikutnya sehingga ia dilepas ke Fenerbahce. Saat ini Sow masih belum pensiun, tetapi ia sedang berstatus tanpa klub sejak 2021.

Baca Juga: 3 Catatan Unik di Balik Kemenangan Bayern Muenchen Atas PSG

3. Olivier Giroud (2011/2012)

5 Pemain Non-PSG Terakhir yang Menjadi Top Skor Ligue 1 PrancisOlivier Giroud (mhscfoot.com)

Musim 2011/2012 adalah musim pertama PSG menjadi klub kaya setelah diambil alih pemilik asal Qatar. Namun, PSG tak langsung jadi juara Ligue 1 pada musim tersebut. Mereka kalah bersaing dengan Montpellier, klub yang sebelumnya belum pernah juara Liga Prancis.

Olivier Giroud adalah salah satu pemain kunci Montpellier saat itu. Ia mencetak 21 gol sehingga membawa klubnya juara sekaligus menjadi top skor Ligue 1. Ketajaman bersama Montpellier akhirnya membuat Giroud bisa membela Arsenal, Chelsea, dan kini AC Milan.

4. Alexandre Lacazette (2014/2015)

5 Pemain Non-PSG Terakhir yang Menjadi Top Skor Ligue 1 PrancisAlexandre Lacazette (ligue1.com)

Berikutnya ada Alexandre Lacazette, striker Prancis yang dibesarkan Olympique Lyon. Lacazette membela Lyon pada 2010–2017, lalu sempat hengkang ke Arsenal. Selama periode tersebut, Lacazette mencetak tepat seratus gol di Ligue 1.

Musim 2014/2015 adalah salah satu musim tertajam Lacazette di Ligue 1. Ia membuat 27 gol hingga menjadi top skor, unggul dari striker top PSG, yaitu Zlatan Ibrahimovic dan Edinson Cavani. Sayangnya, ketajaman Lacazette saat itu hanya berbuah posisi runner-up Ligue 1 bagi Lyon.

5. Wissam Ben Yedder (2019/2020)

5 Pemain Non-PSG Terakhir yang Menjadi Top Skor Ligue 1 PrancisWissam Ben Yedder (asmonaco.com)

Pemain non-PSG terakhir yang sukses mencetak gol terbanyak di Ligue 1 adalah Wissam Ben Yedder. Ia adalah striker Prancis yang membela AS Monaco sejak 2019. Setiap musim, Ben Yedder selalu berhasil mencapai dua digit gol di Ligue 1.

Pada musim pertamanya, Ben Yedder bahkan langsung menjadi top skor Ligue 1. Ia membuat 18 gol, sejajar dengan torehan Kylian Mbappe. Sayangnya, Ligue 1 musim tersebut terhenti sebelum waktunya karena pandemi COVID-19.

 

Pada musim 2022/2023 ini, ada beberapa pemain non-PSG yang berpeluang menjadi top skor Ligue 1. Misalnya adalah Folarin Balogun (Reims), Wissam Ben Yedder (Monaco), Jonathan David (Lille), dan Alexander Lacazette (Lyon).

Namun, trio penyerang PSG pun sedang tampil tajam di Ligue 1. Kylian Mbappe, Neymar, dan Lionel Messi masing-masing sudah mencetak dua digit gol. Menarik untuk dinantikan pemain dari klub manakah yang akan menjadi top skor Ligue 1 2022/2023.

Baca Juga: 5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya