Comscore Tracker

5 Top Skor Sepanjang Masa English Premier League, Kane Salip Aguero

Kane bahkan berpeluang jadi yang teratas

Harry Kane sukses mencetak 2 gol dalam 3 laga awal English Premier League (EPL) 2022/2023. Striker asal Inggris itu pun menambah catatan golnya di sana menjadi 185 gol. Dengan demikian, Kane mengukuhkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak keempat di EPL.

Sepanjang sejarah Premier League yang dimulai pada 1992/1993, ada sejumlah nama yang sudah menorehkan ratusan gol. Lima nama berikut adalah yang teratas. Harry Kane berada di tempat keempat.

1. Alan Shearer (260 gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa English Premier League, Kane Salip AgueroAlan Shearer (nufc.co.uk)

Posisi Alan Shearer sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League masih belum tergoyahkan. Striker legendaris Inggris ini mengoleksi total 260 gol sejak era Premier League. Jika digabung dengan era sebelumnya, Shearer bahkan punya catatan 283 gol di divisi utama Liga Inggris.

Dari 260 gol yang diciptakan Shearer di Premier League, 112 di antaranya ia cetak saat membela Blackburn Rovers. Sementara, 148 gol sisanya ia ciptakan bersama Newcastle United. Shearer pun menjadi satu-satunya pemain yang mencetak lebih dari 100 gol untuk 2 klub EPL.

2. Wayne Rooney (208 gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa English Premier League, Kane Salip AgueroWayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Berikutnya, ada Wayne Rooney yang pernah bermain di Premier League bersama Manchester United dan Everton. Rooney mencetak total 208 gol bagi kedua klub. Rinciannya adalah 183 bagi Manchester United dan 25 gol bagi Everton.

Semasa berkarier, Rooney merupakan pemain versatile yang bisa mengemban berbagai peran. Selain mencetak gol, Rooney juga merupakan pengumpan yang ulung. Tak heran jika ia menempati urutan ketiga daftar assist terbanyak EPL dengan 103 assist.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Harry Kane Usai Pecahkan Rekor Sergio Aguero

3. Andy Cole (187 gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa English Premier League, Kane Salip AgueroAndy Cole (twitter.com/vancole9)

Urutan ketiga ditempati mantan pemain yang lama membela Manchester United. Andy Cole adalah striker asal Inggris yang pernah membela tujuh klub Premier League sepanjang kariernya. Namun, ia paling dikenal saat membela Manchester United serta Newcastle United.

Secara total, Cole menciptakan 187 gol selama bermain di Premier League. Sumbangan terbesarnya yaitu 93 gol bagi Manchester United. Karier Cole bersama Manchester United juga dihiasi banyak trofi, termasuk 5 gelar juara EPL dan 1 Liga Champions Eropa.

4. Harry Kane (185 gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa English Premier League, Kane Salip AgueroHarry Kane (instagram.com/harrykane)

Dengan 185 gol sejauh ini, Harry Kane berhak menempati urutan keempat pencetak gol terbanyak Premier League. Ia juga merupakan satu-satunya pemain yang masih aktif di daftar ini. Karena itu, hampir bisa dipastikan torehan gol Kane di Premier League akan terus bertambah.

Kane bahkan hanya butuh tiga gol tambahan untuk menyalip koleksi Andy Cole di tangga ketiga. Selain itu, Kane baru berusia 29 tahun. Sepertinya ia akan terus berkarier di Inggris hingga pensiun. Bukan mustahil suatu saat nanti ia memecahkan rekor gol Alan Shearer.

5. Sergio Aguero (184 gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa English Premier League, Kane Salip AgueroSergio Aguero (instagram.com/kunaguero)

Pemain kelima dengan torehan gol terbanyak di Premier League adalah Sergio Aguero. Aguero satu-satunya pemain asing di daftar ini. Striker legendaris Manchester City asal Argentina ini mencetak 184 gol dalam 275 penampilan di EPL.

Secara total, Aguero membuat 260 gol di semua ajang bagi Manchester City. Ia pun tercatat sebagai pemain tertajam sepanjang sejarah The Citizens. Rekornya itu kemungkinan besar akan bertahan lama. Sayang sekali, karier Aguero yang bertabur gol harus usai lebih cepat karena masalah pada jantungnya.

Harry Kane berpeluang mengejar torehan gol tiga pemain di atasnya dan menjadi top skor sepanjang masa English Premier League. Melihat konsistensinya dari musim ke musim, striker Tottenham Hotspur ini sangat mungkin mencapai rekor tersebut sebelum pensiun.

Baca Juga: 5 Catatan Gol Terakhir Harry Kane di Premier League, Gacor!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya