6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokal

Sebagian besar diisi oleh nama-nama talenta asli Italia

Menjadi top scorer alias pencetak gol terbanyak adalah pencapaian yang luar biasa bagi seorang pemain. Terlebih jika status tersebut disertai predikat sepanjang masa, misalnya top scorer sepanjang masa bagi sebuah klub. Tentu hanya pemain yang loyal dan konsisten tampil tajam yang bisa meraih catatan istimewa ini.

Enam pemain berikut ini adalah contoh para pemain dengan kualitas luar biasa tersebut. Mereka adalah para top scorer sepanjang masa dari sederet klub-klub besar Serie A. Ada yang rekor golnya bahkan sudah bertahan selama puluhan tahun, lho.

Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Alessandro Del Piero (Juventus)

6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokalpotret Alessandro Del Piero (juventus.com)

Pertama ada nama Alessandro Del Piero yang merupakan top skor sepanjang masa Juventus. Del Piero memang menghabiskan hampir seluruh kariernya membela Juve. Tepatnya, ia berseragam Bianconeri sejak 1993 hingga 2012.

Selama periode 19 tahun tersebut, Del Piero mencatatkan 705 penampilan di semua ajang dan mencetak 290 gol. Selain itu, Del Piero juga piawai membuat assist hingga punya catatan 138 assist. Meski sudah hampir satu dekade meninggalkan Juve, rekor gol Del Piero masih bertahan dan sepertinya memang akan sulit ditandingi oleh siapapun.

2. Giuseppe Meazza (Inter Milan)

6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokalpotret Giuseppe Meazza (sempreinter.com)

Sementara pemain yang menjadi top skor sepanjang masa bagi Inter Milan adalah Giuseppe Meazza. Meazza adalah striker legendaris Italia yang berkarier sejak 1927 hingga 1947. Di rentang waktu yang panjang itu termasuk pengabdian 14 tahun bagi Inter Milan, di awal dan akhir kariernya. Selain itu, Meazza juga pernah membela Juventus dan AC Milan.

Selama membela Inter, Meazza bermain 408 kali di semua ajang dan mencetak 248 gol. Ia membawa Nerazzurri memenangi empat trofi, plus tiga kali menjadi top scorer Serie A. Karena jasanya yang luar biasa besar bagi Inter, nama Giuseppe Meazza sendiri sampai diabadikan sebagai nama stadion yang digunakan oleh Inter Milan hingga saat ini.

3. Gunnar Nordahl (AC Milan)

6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokalpotret Gunnar Nordahl (transfermarkt.com)

Gelar top skor sepanjang masa AC Milan ternyata tak dipegang oleh pemain lokal asal Italia, melainkan Gunnar Nordahl yang berasal dari Swedia. Nordahl berkarier sebagai pemain selama total 23 tahun, sejak 1937 hingga 1960. Meski hanya menghabiskan tujuh musim bersama AC Milan, Nordahl sanggup meraih pencapaian luar biasa dalam waktu yang cukup singkat itu.

Nordahl bermain 268 kali di semua ajang bagi Milan dengan mencetak 221 gol. Artinya, rata-rata golnya dalam semusim adalah sekitar 31 gol. Nordahl juga lima kali menjadi top scorer Serie A. Hingga saat ini namanya pun menjadi pemain dengan gelar top scorer Serie A terbanyak. Andai lebih lama membela Milan, tentu koleksi gol Nordahl bersama Rossoneri akan makin melangit.

Baca Juga: 5 Striker Serie A yang Layak Gantikan Peran Aubameyang di Arsenal

4. Dries Mertens (Napoli)

6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokalpotret Dries Mertens (instagram.com/driesmertens)

Pemain yang satu ini masih aktif bermain hingga sekarang. Dries Mertens adalah top scorer sepanjang masa bagi Napoli. Per 9 Januari 2022, pemain asal Belgia ini sudah bermain 378 kali bagi Napoli di semua ajang dan mencetak 142 gol.

Jumlah itu melampaui koleksi para pemain hebat lain yang pernah membela Napoli, seperti Marek Hamsik, bahkan Diego Maradona. Karena Mertens masih berseragam Napoli, kemungkinan besar koleksinya juga akan terus bertambah. Berapa gol lagi yang bisa ia ciptakan bagi I Partenopei?

5. Ciro Immobile (Lazio)

6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokalpotret Ciro Immobile (instagram.com/ciroimmobile17)

Ciro Immobile juga masih aktif bermain sampai saat ini. Ia adalah top scorer sepanjang masa bagi Lazio dengan catan 167 gol dalam 241 laga sejauh ini. Karena masih punya kontrak hingga 2026 dengan Lazio, koleksi gol Immobile pun masih bisa bertambah jauh lebih banyak lagi.

Status top scorer sepanjang masa Lazio tadinya dipegang oleh Silvio Piola, striker legendaris Lazio yang mencetak 159 gol selama membela Lazio sejak 1934 hingga 1943. Setelah bertahan sekitar 78 tahun, rekor Piola itu akhirnya disalip oleh Immobile. Kini Immobile pun sudah sangat layak disebut sebagai legenda hidup Lazio.

6. Francesco Totti (AS Roma)

6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokalpotret Francesco Totti (asroma.com)

Terakhir, ada nama Francesco Totti, sang top scorer sepanjang masa AS Roma. Totti adalah one-club man yang hanya membela AS Roma selama 25 tahun kariernya sejak 1992 hingga 2017. Total golnya bagi Serigala Ibu kota adalah 307 gol dalam 768 laga di semua ajang.

Padahal, sepanjang kariernya Totti lebih banyak bermain sebagai playmaker daripada menjadi striker. Soal trofi, koleksi Totti sebenarnya tak istimewa, yaitu hanya lima trofi saja sepanjang karier. Namun, hal itu tak melunturkan loyalitasnya bagi AS Roma. Namanya benar-benar pantas disebut sebagai sang Pangeran Roma!

Dari enam pemain di atas, empat di antaranya merupakan pemain lokal Italia. Hal itu menunjukkan bahwa para pemain asal Italia memang menjadi tuan rumah di negeri sendiri, khususnya kompetisi Serie A, dan sulit tersaingi pemain asing. Jadi, siapa pemain yang jadi top scorer klub favoritmu?

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Pekan Ke-21 Serie A, Juventus Comeback Istimewa!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya