5 Pemain Inggris dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions

Wayne Rooney terbanyak

Bermain di Liga Champions merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi karier pesepak bola. Terlebih jika bisa mencetak gol dan menjadi juara pada ajang paling bergengsi di Benua Eropa ini.

Pemain dari berbagai negara ikut meramaikan ajang tahunan ini. Tidak terkecuali pemain dari Inggris. Berikut ini adalah lima pemain Inggris dengan torehan gol terbanyak di Liga Champions menurut catatan William Hill di akun Twitter mereka.

1. Wayne Rooney (30 gol)

5 Pemain Inggris dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga ChampionsWayney Rooney (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney menjadi pemain Inggris dengan raihan gol terbanyak di Liga Champions. Total, striker yang mempunyai panggilan Wazza itu telah mencetak 30 gol pada ajang paling bergengsi di Benua Eropa.

Semua gol tersebut dia cetak saat membela Manchester United. Debut Rooney di Liga Champions dimulai pada 2004/2005. Pada musim tersebut, Rooney berhasil mencetak tiga gol untuk The Red Devils. Rooney juga mempersembahkan satu gelar Liga Champions untuk Manchester United pada 2008.

2. Paul Scholes (24 gol)

5 Pemain Inggris dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga ChampionsPotret Paul Scholes (transfermarkt.com)

Paul Scholes merupakan pemain andalan Manchester United di lini tengah, tak terkecuali saat berlaga di Liga Champions. Gelandang tengah ini mencetak 24 gol untuk The Red Devils pada ajang Liga Champions. Scholes juga ikut berkontribusi membawa Setan Merah meraih treble winners (Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions) pada 1998/1999.

Scholes memperkuat Manchester United pada 1994—2013. Scholes sempat menyatakan pensiun dari sepak bola pada Juli 2011, tetapi kembali ke lapangan pada Januari 2012. Manchester United merupakan satu-satunya klub yang ia bela selama berkarier di dunia sepak bola.

Baca Juga: 9 Potret Kai Rooney, Putra Wayne Rooney yang Ikuti Jejak sang Ayah

3. Frank Lampard (23 gol)

5 Pemain Inggris dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga ChampionsFrank Lampard (premierleague.com)

Selama bermain pada ajang Liga Champions, Frank Lampard pernah memperkuat dua tim, yaitu Chelsea dan Manchester City. Lampard memperkuat Chelsea selama 11 musim dan Manchester City selama 1 musim di Liga Champions.

Semua gol Lampard di Liga Champions dia cetak saat membela Chelsea. Total, Frank Lampard mencetak 23 gol untuk The Blues. Lampard mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Chelsea pada 2011/2012. Sempat menjadi pelatih Chelsea, kini Lampard sedang menganggur.

4. Raheem Sterling (22 gol)

5 Pemain Inggris dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga ChampionsRaheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Raheem Sterling merupakan pemain Inggris yang lahir di Kingston, Jamaica. Sterling memperkuat Liverpool dan Manchester City pada ajang Liga Champions. Musim 2014/2015 adalah debutnya di kompetisi paling elite Eropa dengan memperkuat Liverpool. Namun, Sterling gagal mencetak gol untuk Liverpool.

Satu musim setelah debutnya, Sterling pindah ke Manchester City. Sterling telah mencetak 22 gol untuk The Citizens pada ajang Liga Champions. Terakhir, Sterling mencetak satu gol saat Manchester City menang 4-1 atas Club Brugge pada matchday 4 Liga Champions 2021/2022.

5. Steven Gerrard (21 gol)

5 Pemain Inggris dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga ChampionsSteven Gerrard (instagram.com/stevengerrard)

Steven Gerrard merupakan legenda hidup Liverpool yang kini menjadi pelatih Glasgow Rangers. Gerrard memperkuat The Reds sejak level junior. Eks kapten Liverpool ini bermain sebanyak 73 pertandingan untuk Liverpool pada ajang Liga Champions dengan mencetak 21 gol.

Gol yang paling diingat dari Steven Gerrard adalah gol ke gawang AC Milan pada partai final Liga Champions 2004/2005 yang di gelar di Stadion Ataturk, Istanbul. Gerrard mencetak gol pertama Liverpool pada partai itu dan mengembalikan semangat rekan setimnya setelah Liverpool tertinggal tiga gol pada babak pertama. Liverpool akhirnya menang setelah adu penalti.

Itulah pemain Inggris dengan torehan gol terbanyak di Liga Champions. Dari kelima nama di atas, hanya Sterling yang masih aktif bermain di Liga Champions. Akankah dia menambah pundi-pundi golnya?

Baca Juga: 5 Alasan Steven Gerrard Sudah Layak Menangani Klub Premier League

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya