Comscore Tracker

Ulang Tahun Ke-72, Ini 5 Fakta Menarik Arsene Wenger

Pelatih Arsenal tersukses

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, berulang tahun ke-72 pada Kamis (22/10/2021). Pelatih kelahiran Strasbourg, Prancis, ini sedang menikmati masa pensiun sejak 2018.

Beragam prestasi telah diraih oleh pria berjuluk Le Professeurbaik sebagai pemain maupun sebagai pelatih. Karier Wenger sebagai pemain dimulai sejak 1969 sampai 1981. Sedangkan, sebagai pelatih dimulai sejak 1984 hingga 2018.

Berikut sederet fakta tentang Arsene Wenger yang baru saja merayakan ulang tahun ke-72.

1. Pernah menjadi juara Ligue 1 saat menjadi pemain bersama RC Strasbourg pada musim 1978/1979

Ulang Tahun Ke-72, Ini 5 Fakta Menarik Arsene Wengerpotret Arsene Wenger (twitter.com/mothersoccernl)

Wenger memulai karier sebagai pemain sepak bola dengan memperkuat Mutzig. Wenger memperkuat Mutzig selama 4 tahun. Dia kemudian pindah ke Mulhouse dan ASPV Strasbourg.

Wenger baru bisa mendapat gelar bergengsi saat bergabung dengan klub tempat kelahirannya, yaitu RC Strasbourg. RC Strasbourg juara Divisi 1 atau saat ini terkenal dengan nama Ligue 1 pada musim 1978/1979.

2. Meraih juara Ligue 1 sebagai pelatih bersama AS Monaco pada musim 1987/1988

Ulang Tahun Ke-72, Ini 5 Fakta Menarik Arsene Wengerpotret Arsene Wenger (instagram.com/arsenal)

Wenger pensiun sebagai pemain sepak bola pada 1981. Kemudian Le Professeurmencoba menjalani karier sebagai pelatih pada 1984. Nancy adalah klub pertama yang dilatih Arsene Wenger.

Tiga tahun bersama Nancy, Wenger memutuskan untuk berpindah klub dengan menjadi pelatih AS Monaco. Bersama AS Monaco, Arsene Wenger berhasil trofi pertama sebagai pelatih pada musim 1987/1988. Wenger juga berhasil membawa AS Monaco menjadi juara Coupe de France pada musim 1990/1991.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Arsene Wenger Saat Masih Bermain 

3. Mencoba karier di Jepang dengan melatih Nagoya Grampus Eight

Ulang Tahun Ke-72, Ini 5 Fakta Menarik Arsene Wengerpotret Arsene Wenger (instagram.com/jleagueintl)

Wenger bertemu dengan perwakilan Nagoya Grampus saat menghadiri konferensi yang diselenggarakan oleh FIFA di Uni Emirat Arab. Perwakilan Nagoya Grampus menawarkan posisi pelatih untuk tim asal Jepang ini. Setelah mempertimbangkan dan bernegosiasi selama dua bulan akhirnya Wenger sepakat untuk menjadi pelatih Nagoya Grampus.

Bersama Wenger, Nagoya Grampus berhasil menjadi juara di Emperor's Cup 1995. Satu tahun kemudian Nagoya Grampus berhasil menjadi juara Japanese Super Cup.

4. Juara Liga Inggris tanpa kekalahan bersama Arsenal

Ulang Tahun Ke-72, Ini 5 Fakta Menarik Arsene Wengerpotret Arsene Wenger (instagram.com/arsenal)

Musim 2003/2004 merupakan musim yang spesial bagi karier kepelatihan Wenger. Pada musim itu, Arsenal berhasil menjadi juara Liga Inggris tanpa sekalipun menderita kekalahan. Keberhasilan ini kemudian dikenal dengan nama The Invincible.

Dalam 38 pertandingan liga, skuad Invincible menang sebanyak 26 kali dan imbang 12 kali. Hingga saat ini, pencapaian tim meriam London belum ada yang bisa menyamai.

5. Menjadi pelatih Arsenal selama 22 tahun

Ulang Tahun Ke-72, Ini 5 Fakta Menarik Arsene Wengerpotret Arsene Wenger (instagram.com/arsenal)

Arsene Wenger memulai karier sebagai pelatih Arsenal pada 1996. Wenger mempersembahkan trofi pertama untuk tim berlogo meriam London pada musim 1997/1998 dengan menjadi juara Liga inggris dan FA Cup.

Pria asal Prancis ini juga pernah meraih double winner sebanyak dua kali saat menukangi Arsenal, yaitu pada musim 1997/1998 dan musim 2001/2002. Selama masa pengabdian selama 22 tahun, Wenger mempersembahkan 22 trofi untuk Arsenal dengan rincian 3 kali juara Liga Inggris, 7 kali juara FA Cup, dan 7 kali juara Community Shield.

Itulah sederet fakta mengenai Arsene Wenger. Pria yang namanya lekat dengan Arsenal ini baru merayakan ulang tahun ke-72. Happy Birthday, Wenger!

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Arsene Wenger di Arsenal, Bagaimana Kabar Mereka?

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya