Vitor Roque, Calon Bintang Barcelona

Tampil impresif pada usia muda

Setelah berhasil mendatangkan Ilkay Guendogan dan Inigo Martinez, Barcelona dikabarkan segera mendatangkan penyerang asal Athletico Paranaense, Vitor Roque. Transfer ini diperkirakan resmi dalam waktu dekat. Barcelona siap membayar 30 juta euro (sekitar 499,4 miliar rupiah) plus tambahan 30 juta euro untuk mendapatkan wonderkid asal Brasil ini.

Terdapat sebuah klausul menarik dalam kesepakatan tersebut, di mana detail tambahan akan aktif jika nama Vitor Roque masuk ke dalam daftar calon pemenang Ballon d’Or saat bermain untuk Barcelona. Meskipun klausul ini sangat ambisius, Barcelona setuju untuk memenuhi syarat tersebut. Lalu, mengapa mereka rela mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk pemain berusia 18 tahun ini?

1. Penampilan impresif pada usia muda

Vitor Roque, Calon Bintang BarcelonaVitor Roque bermain untuk Athletico Paranaense. (instagram.com/vitor_roque9)

Vitor Roque lahir pada 28 Februari 2005 di Timoteo, Minas Gerais, Brasil. Karier sepak bolanya dimulai ketika bergabung dengan klub America Mineiro pada usia 10 tahun. Pada 2019, dia pindah ke tim muda Cruzeiro sebelum akhirnya mendapatkan kontrak profesional pada 25 Mei 2021. Selama bersama Cruzeiro, Roque berhasil mencetak 6 gol dan memberikan 1 assist dari total 16 penampilannya di berbagai kompetisi.

Performa Roque yang menjanjikan menarik perhatian Athletico Paranaense, yang merekrutnya pada 13 April 2022 dengan biaya transfer sebesar 4,7 juta euro (sekitar 78,2 miliar rupiah). Pada 2022/2023 ini, meskipun masih muda, Roque tampil seperti seorang penyerang berpengalaman. Ia berhasil mencetak total 15 gol dan memberikan 6 assist dari 30 pertandingan di berbagai kompetisi. Prestasi ini sungguh mengesankan bagi seorang pemain muda yang usianya belum genap 20 tahun.

Baca Juga: Legenda Barcelona dan Inter, Luis Suarez Meninggal Dunia

2. Menjadi andalan Timnas Brasil kelompok umur

Vitor Roque, Calon Bintang BarcelonaVitor Roque merayakan gelar juara bersama Brasil U-20. (instagram.com/vitor_roque9)

Berkat penampilan apiknya, Vitor Roque mendapatkan panggilan untuk memperkuat Brasil U-20. Ia mengantarkan Selecao muda menjadi juara CONMEBOL Sudamericano U-20 2023 Kolombia. Selama turnamen tersebut, Roque juga menjadi pencetak gol terbanyak dengan total enam gol.

Prestasi gemilang ini membuatnya mendapatkan panggilan dari Timnas Brasil. Ia menjalani debut saat melawan Maroko pada Maret 2023 lalu. Dengan debutnya itu, Vitor Roque mengikuti jejak pemain legendaris, Ronaldo Nazario, sebagai remaja yang debut untuk Timnas Brasil.

Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Barcelona tertarik merekrutnya. Apalagi, mereka memiliki sejarah yang sukses dengan pemain-pemain Brasil. Jika kepindahannya ke Barcelona berjalan dengan baik, maka transfer ini akan menjadi transfer terbesar kedua dalam sejarah sepak bola Brasil setelah Neymar Jr.

3. Baru bisa bergabung pada Januari 2024

Vitor Roque, Calon Bintang BarcelonaVitor Roque bermain untuk Athletico Paranaense. (instagram.com/vitor_roque9)

Meski sudah diamankan, Vitor Roque kemungkinan tidak akan bergabung pada musim panas 2023. Dia baru akan bergabung dengan klub pada Januari 2024. Kemungkinan besar namanya tidak akan terdaftar dalam skuad Barcelona untuk 2023/2024. Roque sendiri direncanakan tiba di Spanyol pada Desember 2023 untuk menyelesaikan detail kontrak terakhirnya.

Keputusan ini terkait dengan masalah keuangan yang sedang dihadapi Barcelona, yang memengaruhi proses administrasi pemain. Namun, masih ada peluang bagi mereka untuk tidak menunggu hingga tahun depan. Salah satu cara yang mungkin mereka lakukan adalah dengan menjual pemain terlebih dahulu. Nama-nama seperti Ansu Fati dan Ferran Torres dikabarkan siap untuk dijual guna memenuhi keinginan tersebut.

Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana akhir dari transfer ini. Kedatangan Vitor Roque pada awalnya mungkin hanya sebagai cadangan untuk Robert Lewandowski. Namun, dia pasti akan berusaha untuk mendapatkan tempat utama dalam skuad yang dibentuk Xavi Hernandez itu.

Baca Juga: Barcelona Tolak Pulangkan Neymar

Puspa Kusuma Photo Writer Puspa Kusuma

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya