Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester United

Mencetak 253 gol dalam 559 pertandingan 

Wayne Rooney telah pensiun pada 15 Januari 2021. Ia pun kini berkarier di dunia manajerial sepak bola.

Meski telah pensiun, kiprah Wayne Rooney selama menjadi pemain selalu layak dikenang. Apalagi saat bermain di Manchester United.

Hingga kini, belum ada pemain yang bisa memecahkan rekornya sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Manchester United. Beginilah sosok Wayne Rooney.

1. Telah mencetak 253 gol dalam 559 pertandingan 

Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedpotret Wayne Rooney (tengah) (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney telah mencetak 253 gol dalam 559 pertandingan bersama Manchester United. Semua gol tersebut berhasil diraih sepanjang 2004 hingga 2017. Dengan pencapaian itu, Rooney masih jadi pencetak gol terbanyak Manchester United.

Pencetak gol terbanyak ke-2 dipegang Bobby Charlton dengan total 249 gol dalam 758 pertandingan sepanjang 1956 hingga 1973. Sementara itu, Denis Law jadi pencetak gol terbanyak ke-3 dengan total 237 gol dalam 404 pertandingan sepanjang 1962 hingga 1973.

2. Mampu mencetak banyak gol sejak debut bersama Manchester United pada 2004  

Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedpotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Sejak bergabung bersama Manchester United, Wayne Rooney mampu mencetak banyak gol. Di English Premier League 2004/2005, ia mencetak 17 gol dalam 43 pertandingan. Kemudian, di EPL 2005/2006, ia mencetak 19 gol dalam 48 pertandingan.

Semua pencapaian tersebut merupakan prestasi bagi Rooney. Sebab, saat itu, ia merupakan rookie di Manchester United yang baru bergabung usai pindah dari Everton.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne Rooney

3. Jadi salah satu pencetak gol terbanyak Timnas Inggris

Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedpotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney juga punya kiprah gemilang bersama negaranya. Sebab, ia jadi salah satu pencetak gol terbanyak di Timnas Inggris.

Rooney jadi pencetak gol terbanyak ke-2 Timnas Inggris dengan total 53 gol. Sementara itu, pencetak gol terbanyak Timnas Inggris dipegang pemain Tottenham Hotspur, Harry Kane (55 gol).

4. Mengawali karier sepak bola pada 2002  

Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedpotret Wayne Rooney (premierleague.com)

Karier sepak bola Wayne Rooney dimulai pada 2002 dengan bergabung bersama Everton pada usia 16 tahun. Saat debut bersama The Toffees, Rooney mampu menyandang predikat pencetak gol termuda di Premier League.

Usai 2 tahun membela Everton, Rooney pun pindah ke Manchester United pada 2004. Bersama The Red Devils, ia juga mampu mencetak prestasi gemilang.

Rooney pernah mengantarkan Manchester United jadi juara EPL 2006/2007 dan juara Piala Carling 2006. Selain itu, pada 2 musim pertamanya, ia mampu menyandang predikat England’s Young Player of the Year.

Karier Rooney bersama Manchester United berakhir pada 2017. Usai bertugas di Old Trafford, ia bergabung kembali bersama Everton di EPL 2017/2018. Namun, Rooney hanya bermain selama semusim.

Pada 2018, Rooney bergabung bersama klub sepak bola Amerika Serikat, DC United. Ia membela klub tersebut hingga 2020.

5. Pernah jadi pemain sekaligus pelatih  

Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester Unitedpotret Wayne Rooney (twitter.com/WayneRooney)

Usai membela DC United, Wayne Rooney pun kembali bergabung bersama klub sepak bola Inggris, Derby County, pada 2020. Bersama Derby County, Rooney berperan sebagai pemain sekaligus pelatih.

Derby County jadi klub terakhir yang dibela Rooney sepanjang karier sepak bolanya. Sebab, ia memutuskan pensiun pada 2021 usai 19 tahun berkarier di dunia sepak bola.

Sebenarnya, saat ini, Wayne Rooney masih berkarier di dunia sepak bola. Namun, ia berkarier bukan sebagai pemain, melainkan sebagai manajer di klub sepak bola Amerika Serikat, DC United.

Baca Juga: 10 Potret Wayne Rooney yang Saat Ini Jadi Pelatih Muda, Karismatik!

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya