5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne Rooney

Everton mampu melahirkan pemain berkualitas

Everton merupakan tim yang telah lama berkompetisi di English Premier League (EPL). Namun, dalam beberapa musim terakhir, mereka tampil kurang konsisten. The Toffees nyaris terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris pada 2021/2022.

Tren negatif tersebut tampakya masih berlanjut hingga 2022/2023. Sampai pekan ke-14, Everton harus puas bertengger di posisi 16 klasemen Premier League.

Terlepas dari hal tersebut, Everton ternyata dikenal dengan akademi sepak bola yang bagus. Terdapat beberapa pemain top yang merupakan jebolan akademi Everton.

Berikut lima pemain top lulusan akademi Everton.

1. Eric Dier

5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne RooneyEric Dier (twitter.com/premierleague)

Eric Dier merupakan pesepak bola asal Inggris yang berposisi sebagai pemain bertahan. Dirinya pernah memperkuat tim akademi Everton selama 1,5 musim pada 2011. Ia dipinjamkan dari Sporting CP untuk mendapatkan menit bermain lebih.

Ia kembali ke Inggris pada 2014 untuk memperkuat Tottenham Hotspur. Saat ini, Eric Dier menjadi salah satu pemain yang tak tergantikan di skuad The Lilywhites.

Bersama Tottenham Hotspur, Eric Dier telah tampil dalam 341 pertandingan. Ia juga masuk dalam daftar skuad Inggris untuk Piala Dunia Qatar 2022.

2. Shkodran Mustafi

5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne RooneyShkodran Mustafi (twitter.com/premierleague)

Pada 2009, Shkodran Mustafi bergabung bersama Everton saat berusia 17 tahun. Pemain Jerman ini lebih sering bermain untuk tim akademi dibandingkan dengan tim senior Everton. Mustafi hanya mencatatkan satu penampilan bersama tim senior Everton dalam pertandingan Liga Europa.

Shkodran Mustafi memutuskan untuk meninggalkan Everton pada 2012. Ia kemudian menerima pinangan klub asal Italia, Sampdoria.

Mustafi mampu menunjukkan performa terbaiknya secara bertahap. Ia sempat kembali lagi ke Inggris untuk memperkuat Arsenal selama 5 musim. Pada 2022/2023, Mustafi hijrah ke Spanyol untuk memperkuat Levante.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Everton

3. Leon Osman

5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne RooneyLeon Osman (twitter.com/Everton)

Leon Osman bergabung bersama tim akademi Everton pada 1997. Ia menjadi salah satu pemain yang mengantarkan Everton menjuarai FA Youth Cup 1998. Osman kemudian promosi ke tim senior Everton pada 2000.

Pada awalnya, Leon Osman sempat dipinjamkan ke beberapa klub seperti Carlisle United dan Derby County untuk mendapatkan menit bermain. Ia mulai mendapat tempat di tim utama Everton sejak 2004. Everton menjadi klub terakhir yang dibela Osman sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2016.

4. Ross Barkley

5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne RooneyRoss Barkley (twitter.com/Everton)

Ross Barkley merupakan pemain yang mengawali karier sepak bola bersama Everton. Setelah cukup lama menimba ilmu bersama tim akademi Everton, Ross Barkley memulai debut bersama tim senior Everton pada 2011 saat usianya masih 17 tahun.

Ross Barkley merupakan gelandang kreatif yang memiliki kemampuan olah bola serta tendangan dari luar kotak penalti. Setelah cukup lama berseragam Everton, Barkley berlabuh ke Chelsea pada 2018.

Sayangnya, penampilan Ross Barkley justru makin menurun. Pada 2022/2023 dirinya bermain untuk OGC Nice di Ligue 1 Prancis.

5. Wayne Rooney

5 Pemain Top Lulusan Akademi Everton, Ada Wayne RooneyWayne Rooney (twitter.com/Everton)

Wayne Rooney bergabung bersama Everton pada 1996. Saat itu, dirinya yang masih berusia 11 tahun bermain untuk tim akademi Everton.

Rooney mulai masuk dalam skuad senior Everton pada 2002.  Selama berseragam Everton, ia telah tampil dalam 117 laga dengan mencetak 28 gol.

Rooney justru bersinar saat memperkuat Manchester United. Ia menjadi andalan Manchester United dalam urusan mencetak gol. Bahkan, Rooney memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak bagi Setan Merah dengan torehan 253 gol di semua kompetisi.

Terlepas dari performa kurang baik di Liga Inggris, perlu diakui jika akademi Everton mampu menghasilkan pemain yang berkualitas. Adakah salah satu pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur dan Everton

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya