Comscore Tracker

5 Kiper dengan Rekor Clean Sheet Terbanyak Liga Premier Sepanjang Masa

Mereka adalah kiper terbaik pada masanya

Liga Premier Inggris merupakan liga paling kompetitif sekaligus paling populer sedunia. Pasalnya, di liga tertinggi tanah Britania itu, tidak ada satu pun klub yang mendominasi pereburuan tahta juara, dalam 10 tahun terakhir.

Oleh sebab itu, banyak pesepakbola hebat hijrah ke Negeri Para Raja itu demi bersaing di liga paling sengit di muka bumi. Karena gemerlap bintang pemain, posisi penjaga gawang justru luput dari perhatian. Padahal, kehadiran mereka juga tak kalah berpengaruhnya dalam kesuksesan tim.

Publik dan media selalu lebih memilih untuk menyoroti satu kesalahan atau blunder yang dilakukan kiper alih-alih memuji jumlah penyelamatan yang telah mereka lakukan.

Clean sheet, adalah istilah dalam dunia sepak bola untuk menyatakan kondisi ketika satu tim tidak kebobolan satu gol pun. Tentu saja, pahlawannya adalah sang penjaga gawang. Nah, berikut adalah lima penjaga gawang Liga Premier Inggris yang mencatat rekor jumlah clean sheet terbanyak sepanjang masa.

1. Nigel Martyn - 140 clean sheets

https://www.youtube.com/embed/NUPEWITT0Ho

Klub: Bristol Rovers, Crystal Palace, Leeds United dan Everton

Nigel Martyn merupakan salah satu kiper terbaik Liga Premier. Soalnya, dia mencatat rekor clean sheets sebanyak 140 kali atau 37,6 persen dari 372 pertandingan sepanjang karirnya. Memulai debut menjaga gawang untuk Bristol City (1987), Martyn lantas pindah ke Crystal Palace pada tahun 1989 dengan mahar 1 juta Pound. Dia menjadi penjaga gawang pertama termahal dalam sejarah Liga Premier.

Penampilan gemilangnya bersama klub berjuluk The Eagles itu terpantau radar salah satu raksasa Liga Premier ketika itu, Leeds United. Martyn pun memutuskan untuk pindah ke Ellan Road pada tahun 1996. Bersama Leeds, Martyn menuai sukses sebagai individu. Dia tercatat masuk Premier League Team of the Year tiga tahun berturut-turut antara tahun 1997 hingga 2000.

Pada tahun 2003, Martyn hijrah ke Everton. Di sana, dia menghabiskan masa akhir karirnya sebagai pesepak bola. Martyn akhirnya pensiun tahun 2006 silam.

2. David Seaman - 144 clean sheets

https://www.youtube.com/embed/fY4WpuO6pSE

Klub: Leeds United, Peterborough United, Birmingham City, Queens Park Rangers, Arsenal dan Manchester City

Legenda penjaga gawang klub Arsenal dan timnas Inggris David Seaman ini merupakan kiper terbaik pada masanya. Sepanjang karirnya sebagai kiper, Seaman mencatat rekor 144 kali atau 41,9 persen clean sheets dari 344 pertandingan Liga Premier.

Seaman sendiri sejatinya merupakan penjaga gawang Leeds United (1981/1982) pada masa masih belia, tepatnya 17 tahun. Hanya saja, dia tak kunjung mendapat debut. Kesempatan itu lantas datang bersama Peterborough United pada musim berikutnya. Sejak itu, penampilan gemilang Seaman mendapat banyak perhatian. Karena usianya yang masih muda, belum ada klub besar yang berani meminangnya.

Setelah tampil untuk Birmingham City (1984-1986) dan Queen Park Rangers (1986-1990), raksasa London Arsenal akhirnya memboyongnya ke Highbury Stadium. Ketika itu, usia Seaman 27 tahun dan sedang onfire. Dia lantas membantu The Gunners memenangkan tiga gelar juara Liga Premier. Selain itu, Seaman menggondal penghargaan Kiper Terbaik Premier League of the Month (April 1995). Musim berikutnya, dia masuk Premier League Team of the Year musim 1996/1997.

Setelah menghabiskan masa 13 tahun bersama Arsenal, Seaman memutuskan pindah ke Manchester City pada tahun 2003. Setahun kemudian, Seaman pensiun.

Baca Juga: 5 Kiper Hebat yang Berpotensi Gantikan De Gea di Manchester United

3. Mark Schwarzer - 153 clean sheets

https://www.youtube.com/embed/Vl5X0kBn5v8

Klub: Middlesbrough, Fulham, Chelsea, dan Leicester City.

Mark Schwarzer memulai karir sepak bola profesionalnya dengan klub National Soccer League (NSL) Australia, Marconi Stallions pada tahun 1990. Di sana, Schawzer mencatat 58 penampilan. Kemudian dia pindah ke ke Bundesliga Jerman untuk membela Dynamo Dresden (1994-1995) dan FC Kaiserslautern (1995-1996).

Setelah itu, dia memutuskan untuk menerima pinangan Bradford City. Hanya saja, dia tak kunjung mendapat kesempatan debut Liga Premiernya. Middlesbrough yang ketika itu sedang mencari kiper, memutuskan untuk memboyongnya ke Riverside Stadium.

Schwarzer pun mencetak debut Liga Premier pada tahun 1997. Sejak itu, dia menjaga gawang The Boro sebanyak 445 pertandingan selama 11 tahun lamanya. Setelah itu, secara berturut-turut dia membela Fulham (2008-2013), Chelsea (2013-2015) dan Leicester City (2015-2016).

Leicester City sendiri lantas menjuarai Liga Premier Inggris ketika Schwarzer bergabung. Pada akhir musim yang bersejarah bagi Leicester City itu, Schwarzer memutuskan untuk menggantung sarung kipernya. Sepanjang 514 pertandingannya di Liga Premier, Schwarzer sukses mencetak 153 clean sheets (29,8 persen), ketiga terbanyak sepanjang masa.

4. David James - 172 clean sheets

https://www.youtube.com/embed/SNzlSZQM8Qo

Klub: Watford, Liverpool, Aston Villa, West Ham United, Manchester City, Portsmouth, Bristol City dan Bornemouth.

Legenda hidup penjaga gawang tanah Britania David James, merupakan salah seorang pesepak bola nomaden di Liga Premier. Soalnya, sepanjang karirnya sebagai kiper, dia tercatat telah membela sebanyak delapan klub. Dari klub-klub yang dibela, James mencatat rekor 172 clean sheets (30,1 persen) dari 552 pertandingan Liga Premier.

David James sendiri mulai terkenal saat menjaga gawang Liverpool (1992-1999). Bareng The Reds, James mencatat 214 kali bermain, sebelum pindah ke Aston Villa pada musim 1999/2000. Sejatinya, sebelum membela Liverpool, James merupakan kiper Watford. Hanya saja, dia tak pernah bermain.

Namun, masa karirnya bersama Aston Villa hanya berlangsung selama dua tahun saja. Dia kemudian bergabung dengan West Ham United pada tahun 2001. Penjaga gawang timnas Inggris ini juga menikmati masa-masa indah bersama bersama Manchester City (2004-2006) dan Portsmouth (2006-2010) di Liga Premier sebelum bermain untuk Bristol City (2010-2012) dan Bournemouth (2012-2013).

David James lantas mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola profesional pada tahun 2014 setelah membela dua klub di luar Liga Premier Inggris yaitu klub Liga Islandia IBV Vestmannaeyjar (2013) dan klub Liga India Kerala Blasters (2014). Sekarang, James sedang mengikuti pelatihan manajerial.

5. Petr Cech - 207 clean sheets

https://www.youtube.com/embed/DiSr_wzrC4Q

Klub: Chelsea dan Arsenal.

Dengan total 202 clean sheets (46,7 persen) dalam 443 pertandingan Liga Premier, Petr Cech merupakan pemegang rekor clean sheet terbanyak sepanjang sejarah Liga Premier.

Pertama kali debut bareng Chelsea pada musim 2004/2005, dia langsung memenangkan penghargaan kiper terbaik yaitu Golden Glove. Selama bersama The Blues, dia meraih penghargaan yang sama tiga kali lagi. Dia juga masuk Premier League Team of the Year dua kali pada dua kesempatan berbeda.

Petr Cech tercatat telah membuat 333 penampilan Liga Premier untuk Chelsea sebelum meninggalkan Stamford Bridge pada tahun 2015 menuju klub sekota, Arsenal. Dia kemudian bermain 99 pertandingan untuk The Gunners hingga kini.

Baru-baru ini, Petr Cech mengumumkan untuk menggantung sarung tangan kipernya pada akhir musim 2018/2019 ini. Penjaga gawang sekaligus kapten timnas Republik Ceko itu diketahui telah menjadi legenda hidup para penjaga gawang di Liga Premier Inggris. Kiprahnya di liga paling kompetitif di dunia ini bakal selalu dikenang.

Itulah lima penjaga gawang pemegang rekor clean sheet terbanyak Liga Premier Inggris. Honorable mention kepada Edwin van der Sar (136 clean sheets), Pepe Reina (134), Tim Howard (133), Brad Friedl (132) dan Peter Schmeichel (129).

Baca Juga: Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier League

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You