5 Pelatih Ini Jadi Calon Pengganti Gattuso di AC Milan Musim Depan 

Milan mengincar pelatih top asal Italia

Jalan AC Milan untuk dapat berlaga di Liga Champions musim depan tampaknya semakin terjal, kekalahan 2-0 dari Torino di akhir pekan kemarin membuat mereka terlempar dari empat besar klasemen, batas terakhir zona Liga Champions. Milan kini berada di posisi tujuh klasemen dan berjarak tiga poin dari Atalanta di posisi empat dengan empat laga tersisa.

Hasil tersebut membuat sorotan kepada pelatih Gennaro Gattuso semakin tajam, bagaimana tidak, dalam tujuh pertandingan terakhir di Liga Italia, Milan hanya meraih satu kemenangan, sisanya mereka kalah empat kali dan dua kali imbang.

Setelah sempat tampil apik di pertengahan musim, performa Milan justru menurun di saat-saat penting dalam perebutan tiket Liga Champions. Hal tersebut membuat petinggi klub dikabarkan tak puas dengan kinerja Gattuso, dan berniat menggantinya begitu musim ini berakhir.

Media olahraga ternama di Italia, Gazzetta dello Sport mengabarkan bahwa manajemen Milan mulai melirik nama-nama pelatih top untuk menggantikan Gattuso musim depan, siapa saja mereka? Check this out.

1. Antonio Conte

5 Pelatih Ini Jadi Calon Pengganti Gattuso di AC Milan Musim Depan sempreinter.com

Daftar teratas pelatih yang dibidik untuk melatih Milan musim depan ada pada nama Antonio Conte. Direktur Olahraga Milan, Leonardo sudah menyatakan ketertarikannya pada pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Kualitas Conte sudah tidak diragukan lagi di Liga Italia, ia berhasil membangkitkan Juventus dari keterpurukan sekaligus mempersembahkan 3 gelar scudetto untuk si Nyonya Tua. Tak hanya di tanah Italia, di Inggris pun racikan taktik Conte terbukti ampuh, kala ia mengantar Chelsea menjadi juara Liga Primer Inggris di musim 2016/2017.

Dengan rekam jejak yang bagus plus lebih kaya secara taktikal dibanding Gattuso, Conte dinilai yang paling cocok untuk melatih Milan musim depan. Namun untuk mendapatkan Conte di kursi pelatih, Milan harus bersaing dengan Inter Milan dan AS Roma yang kabarnya juga tertarik pada mantan pelatih timnas Italia tersebut.

2. Eusebio Di Francesco

5 Pelatih Ini Jadi Calon Pengganti Gattuso di AC Milan Musim Depan busybuddiesng.com

Eusebio Di Francesco dikabarkan menjadi salah satu pelatih yang dipertimbangkan manajemen Milan untuk melatih I Rossoneri musim depan. Kebetulan saat ini Di Francesco tengah menganggur usai dipecat AS Roma bulan Maret yang lalu.

Pelatih berusia 49 tahun ini dilirik karena filosofi sepak bola menyerangnya disukai manajemen Milan. Selain itu kemampuannya mengembangkan pemain muda dinilai cocok untuk skuat Milan yang banyak berisi pemain muda bertalenta.

Jika Antonio Conte sulit didapat, maka bukan tak mungkin manajemen Milan menjatuhkan pilihannya pada pelatih yang gemar memainkan formasi 4-3-3 menyerang tersebut.

Baca Juga: Gantikan Gattuso, AC Milan Dikabarkan Dekati Mauricio Pochettino

3. Gian Piero Gasperini

5 Pelatih Ini Jadi Calon Pengganti Gattuso di AC Milan Musim Depan goal.com

Media Italia mengabarkan Gian Piero Gasperini merupakan salah satu opsi manajemen Milan untuk menggantikan Gennaro Gattuso. Pelatih berusia 61 tahun ini merupakan sosok kunci dibalik penampilan impresif Atalanta dalam tiga musim terakhir di Liga Italia.

Pengalaman panjang Gasperini di sepak bola Italia akan menjadi nilai plus bagi Milan yang sedang berusaha membangun kembali kejayaannya di tanah Italia. Selain itu Gasperini dikenal sebagai pelatih yang jeli melihat potensi pemain muda, hal tersebut sejalan dengan proyek Milan yang tengah berusaha mengoptimalkan pemain-pemain muda mereka.

4. Maurizio Sarri

5 Pelatih Ini Jadi Calon Pengganti Gattuso di AC Milan Musim Depan goal.com

Nama pelatih top lainnya yang masuk bursa pelatih AC Milan adalah Maurizio Sarri. Salah satu Direktur klub, Paolo Maldini diketahui merupakan penggemar Maurizio Sarri, dilansir dari Calciomercato, Maldini kabarnya ingin memulangkan Sarri ke Italia untuk menjadi pelatih Milan musim depan.

Sarri saat ini sedang menjajal Liga Primer Inggris bersama Chelsea, namun karier Sarri di Inggris tampaknya tidak berjalan mulus. Penampilan inkonsisten Chelsea membuat mereka kesulitan bersaing memperebutkan gelar juara, dan hal tersebut membuat posisi Sarri di kursi pelatih Chelsea masih belum aman.

Situasi tersebut coba dimanfaatkan Milan untuk menggoda Sarri agar mudik ke Italia. Sarri dinilai akan sangat disukai para fans Milan, karena ia gemar memainkan sepak bola menyerang nan atraktif yang terkenal dengan sebutan Sarri-Ball. Hal tersebut akan membuat Milanisti lebih terhibur setelah selama ini menyaksikan tim kesayangannya bermain monoton di bawah asuhan Gennaro Gattuso.

5. Mark Van Bommel

5 Pelatih Ini Jadi Calon Pengganti Gattuso di AC Milan Musim Depan clubcall.com

Nama terakhir yang dikabarkan menjadi incaran manajemen Milan adalah pelatih PSV Eindhoven, Mark Van Bommel. Van Bommel terbilang sukses di musim perdananya menukangi PSV, ia berhasil membawa klubnya berada di posisi kedua klasemen Liga Belanda dan hanya kalah selisih gol dari pemuncak klasemen Ajax Amsterdam.

Pelatih berusia 42 tahun ini sendiri sudah tak asing lagi dengan klub asal kota mode tersebut, di mana ia pernah membela Milan sebanyak 50 pertandingan di tahun 2011 sampai 2012 dan berhasil meraih satu gelar scudetto. Saking terkesan akan klub berseragam merah hitam itu, Van Bommel pernah berjanji akan kembali ke San Siro sebagai pelatih ketika ia meninggalkan Milan pada tahun 2012.

Van Bommel diyakini sebagai salah satu opsi yang menjanjikan untuk menangani Milan. Ketegasan dan terbiasa bekerja sama dengan para pemain muda menjadi nilai plus Van Bommel, selain itu gajinya yang tidak terlalu tinggi dibanding pelatih yang diincar lainnya bisa membuat Milan lebih berhemat.

Itulah beberapa nama pelatih yang masuk bursa calon pelatih Milan musim depan, kalian lebih setuju yang mana guys?

Baca Juga: Milan Hadapi Lazio di Semifinal Coppa, Gattuso: Kami Harus Rendah Hati

rgn Photo Verified Writer rgn

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya