5 Debutan Termuda Arsenal dalam Sejarah Premier League

Serge Gnabry jadi salah satunya

Pembinaan pemain muda sangat menguntungkan klub jika dimanfaatkan dengan baik. Sebuah klub akan mendapatkan banyak keuntungan jika konsisten melakukannya. Cara ini juga diterapkan oleh berbagai klub top Eropa.

Arsenal adalah salah satu klub yang mencoba membina pemain muda potensial. Tim berjuluk The Gunners ini banyak menelurkan bakat muda dari berbagai negara. Di antara pemain tersebut, siapa debutan termuda Arsenal dalam sejarah English Premier League?

1. Ethan Nwaneri

5 Debutan Termuda Arsenal dalam Sejarah Premier LeagueEthan Nwaneri (instagram.com/ethan_nwaneri)

Ethan Nwaneri adalah debutan termuda Arsenal di Premier League. Pemain kelahiran 2007 ini debut pada pekan ke-8 pada Minggu (18/9/2022). Ia debut saat usia 15 tahun 5 bulan 28 hari.

Pada pertandingan profesional pertamanya, Nwaneri bertemu Brenford. Ia turun menggantikan Fabio Vieira pada menit 90+2. Pertandingan debut tersebut diperoleh timnya dengan baik. Arsenal menang atas Brenford 3-0.

2. Jack Wilshere

5 Debutan Termuda Arsenal dalam Sejarah Premier LeagueJack Wilshere (instagram.com/jackwilshere)

Jack Wilshere merupakan pemain tengah yang masuk daftar debutan termuda Arsenal di Premier League. Catatan tersebut diperoleh pada pekan ke-4 Premier League 2008/2009. Wilshere debut pada usia 16 tahun 8 bulan 12 hari.

Ia melakoni debut saat bersua Blackburn Rovers. Berposisi sebagai gelandang tengah, Wilshere menggantikan Robin van Persie pada menit ke-84. Laga debutnya berjalan baik dengan kemenangan Arsenal 4-0 atas Blackburn Rovers.

Baca Juga: ManCity Serius Kejar Declan Rice, Arsenal Ketar-ketir

3. Serge Gnabry

5 Debutan Termuda Arsenal dalam Sejarah Premier LeagueSerge Gnabry (arsenal.com)

Serge Gnabry menghabiskan masa mudanya bersama Arsenal. Pemain berusia 27 ini menjalani debutnya bersama Arsenal pada pekan ke-8 Premier League pada Sabtu (20/10/2012). Pertandingan debutnya terjadi saat melawan Norwich City.

Pemain yang kini berada di Bayern Muenchen ini debut pada usia 17 tahun 3 bulan 6 hari. Pada pertandingan tersebut, Gnabry bermain dari menit ke-83. Namun, Arsenal saat itu harus menelan kekalahan 0-1 atas Norwich City.

4. Cesc Fabregas

5 Debutan Termuda Arsenal dalam Sejarah Premier LeagueCesc Fabregas (twitter.com/cesc4official)

Cesc Fabregas adalah salah satu debutan termuda Arsenal. Dengan catatan ini, kualitas akademi Arsenal makin terkonfirmasi. Saat itu Fabregas debut pada pekan pertama Premier League pada Minggu (15/10/2004).

Fabregras diturunkan pada usia 17 tahun 3 bulan 11 hari. Bertanding melawan Everton, ia dimainkan langsung dalam kesebelasan utama. Bahkan, pada umurnya kala itu, Fabregas juga mampu bermain penuh 90 menit.

5. Ainsley Maitland-Niles

5 Debutan Termuda Arsenal dalam Sejarah Premier LeagueAinsley Maitland-Niles (instagram.com/maitlandniles)

Ainsley Maitland-Niles merupakan jebolan akademi Arsenal. Maitland-Niles menjalani debutnya bersama Arsenal pada pekan ke-16 Premier Lague 2014/2015. Ia menjalani debut pada usia 17 tahun 3 bulan 14 hari.

Pemain berusia 25 tahun ini pertama kali diturunkan di EPL. Ia masuk saat melawan Newcastle United pada menit 90+1. Bermain di kandang, Arsenal akhirnya menang dengan skor 4-1.

Mendapatkan debut pada kompetisi resmi adalah impian tiap pemain muda. Arsenal menjadi salah satu tim yang berani mewujudkan mimpi pemain muda tersebut. Di antara para debutan, nasib dari tiap pemain tentu berbeda-beda, tergantung individunya.

Nama seperti Cesc Fabregas mungkin melegenda. Namun, beda lagi dengan yang lainnya. Jack Wilshere pernah sangat mengagumkan. Sayangnya, cedera mengganggu kariernya. Wilshere bahkan pensiun dini. Ia kini bergabung dengan Arsenal sebagai pelatih tim muda.

Baca Juga: 7 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Arsenal, Timber Berikutnya?

Rasya Alfarizi Photo Verified Writer Rasya Alfarizi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya