Resmi Merumput di Liga Inggris, Ini 5 Fakta Hwang Hee Chan

Pernah dikalahkan Evan Dimas dkk, lho! #IDNTimesSport

Pada Minggu (29/8/2021), Hwang Hee Chan resmi diperkenalkan Wolverhampton Wanderers sebagai pemain baru mereka. Hwang Hee Chan diperkenalkan di Molineux Stadium usai laga antara Wolves berhadapan dengan Manchester United.

Hwang dipinjam dari klub RB Leipzig dengan status peminjaman selama satu musim. Apabila Hwang berhasil menunjukkan performa yang baik, Wolves juga nantinya dapat mempermanenkan pemain berkebangsaan Korea Selatan ini dengan mahar sebesar 13 juta poundsterling atau setara dengan Rp256 miliar.

Nah, itu dia sedikit fakta terkait peminjaman Hwang ke klub Wolves. Masih penasaran tentang berbagai fakta unik lainnya dari Hwang Hee Chan? Simak ulasan berikut ini, yuk! 

1. Awal karier profesional Hwang Hee Chan 

Resmi Merumput di Liga Inggris, Ini 5 Fakta Hwang Hee Chanpotret Hwang Hee Chan saat membela klub Red Bull Salzburg FC (instagram.com/hwangheechan)

Hwang Hee Chan bergabung dengan RB Salzburg pada tahun 2015. Demi mengasah skill Hwang, ia dua kali dipinjamkan RB Salzburg ke klub lain. Pada Januari 2015 hingga Januari 2016, Hwang dipinjamkan ke klub feeder RB Salzburg, FC Liefering.

Pada musim 2018/2019 Hwang juga dipinjamkan ke klub Hamburg SV. Pada musim 2020/2021 Hwang resmi berseragam RB Leipzig setelah berhasil didatangkan dari RB Salzburg. Kali ini Hwang memiliki kesempatan untuk berkompetisi di Liga Inggris setelah ia berhasil dipinjamkan ke Wolves dari klub RB Leipzig. 

2. Hwang Hee Chan memang berbakat di bidang sepak bola sejak kecil 

Resmi Merumput di Liga Inggris, Ini 5 Fakta Hwang Hee Chanpotret Hwang Hee Chan semasa kecil (instagram.com/hwangheechan)

Hwang Hee Chan lahir dan besar di Korea Selatan. Hwang mulai bermain sepak bola sejak ia duduk di bangku sekolah dasar (SD). Hwang menjadi top skor di kompetisi sepak bola Hwarangdaegi Tournament dan Dongwon Youth Cup pada 2008 silam.

Hwang juga pernah bergabung dengan skuad Timnas Korea Selatan U-12 dan berhasil mencetak 22 gol di ajang Kanga Cup. 

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Merumput di Premier League Musim Ini, Mengesankan!

3. Memilih berkarier di Eropa   

Resmi Merumput di Liga Inggris, Ini 5 Fakta Hwang Hee Chanpotret Hwang Hee Chan (instagram.com/hwangheechan)

Hwang sebenarnya pernah bergabung dengan tim muda dari K-League, Pohang Steelers. Kendati begitu, Hwang tidak ingin melanjutkan karier sepak bolanya di Korea Selatan.

Hwang memilih keluar dari zona nyaman dengan berkarier di Eropa. Terbukti, kerja keras dari Hwang dapat dikatakan mulai dapat terwujud setelah ia berhasil bergabung bersama Wolves dan bakal mencicipi ketatnya persaingan di Premier League. 

4. Tampil gemilang di level klub dan tim nasional Korea Selatan 

Resmi Merumput di Liga Inggris, Ini 5 Fakta Hwang Hee Chanpotret Hwang Hee Chan saat membela timnas Korea Selatan (instagram.com/hwangheechan)

Hwang Hee Chan berhasil menunjukkan performa apik di level klub dan juga level timnas. Selain torehan gol pada setiap klub yang ia bela, pencapaian dari Hwang yang tidak dapat dipandang sebelah mata adalah kompetisi level Eropa.

Bersama dengan klub RB Salzburg, Hwang berhasil menembus semi final Liga Eropa 2017/2018. Hwang juga tampil bersama RB Salzburg di Liga Champions 2019/2020. Dari enam laga, Hwang berhasil mencatatkan lima assist dan tiga gol. 

Selain level klub, Hwang juga memiliki andil di level timnas. Pada Asian Games 2018, ia berhasil membawa timnas Korea Selatan meraih medali emas setelah mengalahkan timnas Jepang dengan skor 2-1. Selain itu, Hwang Hee Chan juga turut masuk skuad timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018. 

5. Hwang Hee Chan pernah kalah produktif dari Evan Dimas

Resmi Merumput di Liga Inggris, Ini 5 Fakta Hwang Hee Chanpotret Evan Dimas Darmono (instagram.com/evhandimas)

Pada 12 Oktober 2013, Indonesia bertemu dengan Korea Selatan dalam Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada laga itu, Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Evan Dimas berhasil menorehkan hattrick. Di sisi lain, Hwang Hee Chan tidak berhasil mencetak satu gol pun. 

Nah, itu dia 5 fakta tentang Hwang Hee Chan, pemain kebangsaan Korea Selatan yang kini membela klub Premier League, Wolverhampton Wanderers. Akankah Hwang Hee Chan dapat berjaya di Liga Inggris seperti Park Ji Sung dan Son Heung Min? Kita tunggu saja aksinya. 

Baca Juga: 5 Start Terburuk Arsenal Sepanjang Sejarah Premier League, Babak Belur

Ricky Alexander Lumban Tobing Photo Writer Ricky Alexander Lumban Tobing

Mencoba berkarya sendiri daripada hanya menikmati karya orang lain saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya