Fenomena Artis Investasi di Klub Sepak Bola, Menpora: Mulai Ada Trust

Mendorong PSSI untuk membuat aturan ketat

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menilai sepak bola Indonesia saat ini sudah mulai dipercaya lagi oleh masyarakat. Hal itu terlihat dari makin banyaknya masyarakat baik dari kalangan artis dan pengusaha yang ingin investasi dalam klub sepak bola.

"Saya kira ada satu hal yang mendasar yang saya lihat kenapa orang seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, kemudian Gading Marten, bahkan ada Sultan Kelantang mau masuk ke sepak bola kita. Setelah saya berdiskusi dengan berbagai pihak, ini karena sepak bola kita mulai dipercaya oleh masyarakat," ujar Amali saat menghadiri sosialisasi terkait Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Surabaya, Sabtu (5/6/2021).

1. Menjaga kepercayaan publik

Fenomena Artis Investasi di Klub Sepak Bola, Menpora: Mulai Ada TrustMenpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Oleh karena itu, dia meminta kepada PSSI sebagai federasi sepak bola untuk terus menjaga kepercayaan publik tersebut. 

"Nah ini yang saya pesan kepada federasi kepada teman-teman di PSSI, ini harus dijaga, tidak boleh lagi ada perkelahian antara pemain di tengah-tengah lapangan atau pelatih sampai bertengkar dengan pemain lawan dan sebagainya. Kita hindari betul itu," ujarnya. 

Amali juga mendorong PSSI untuk membuat aturan-aturan yang ketat sehingga hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengaturan skor tak terjadi. 

"Karena ini akan membuat orang tidak percaya sepak bola Indonesia, orang jadi malas. Nonton saja malas, apalagi ikutan investasi di dalam sepak bola Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Menpora Amali Buka Sosialisasi Inpres No. 3 Tahun 2019 di Surabaya

2. Jalankan Inpres nomor 3 tahun 2019

Fenomena Artis Investasi di Klub Sepak Bola, Menpora: Mulai Ada TrustMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka acara sosialisasi perdana Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (4/5/2021). (Dok. Kemenpora)

Amali menegaskan bahwa pemerintah dan PSSI sangat serius dalam memajukan sepak bola nasional. Terlebih saat ini telah ada  Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Ia mengatakan, ke depannya sepak bola nasional akan didorong ke arah industri.

“Kalau sepak bola ini bergulir maka industrinya akan hidup, bukan hanya dari merchandise tetapi juga berbagai hal akan muncul. Akan ada inovasi-inovasi,” katanya.

3. Menyusun Grand Design Olahraga Nasional

Fenomena Artis Investasi di Klub Sepak Bola, Menpora: Mulai Ada TrustMenpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Lebih lanjut Amali menyampaikan bahwa pemerintah tidak hanya memperhatikan sepak bola saja. Melainkan semua cabang olahraga terutama yang dipertandingkan dalam Olimpiade.

Perlu diketahui, pemerintah melalui Kemenpora dan stakeholder olahraga tengah menyusun Grand Design Olahraga Nasional dan sedang menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) sebagai dasar hukumnya.

“Jadi itu bahkan Perpres bukan cuma Inpres. Kita fokus sesuai dengan karakter orang Indonesia, karakter fisik dan lain sebagainya yakni cabang-cabang olahraga yang lebih ke akurasi dan teknik,” ungkapnya. (WEB)
 

Baca Juga: Raffi Ahmad dan Atta Halilintar Ikuti Kongres PSSI

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya