3 Calon Kapten Manchester City jika Ilkay Guendogan Hengkang

Guendogan diincar beberapa klub

Ilkay Guendogan disebut-sebut akan hengkang dari Manchester City pada bursa transfer musim panas 2023. Dilansir talkSPORT, sang pemain kesulitan mencapai kesepakatan kontrak dengan timnya sekarang. Itu dianggap sebagai pemicu pemain berusia 32 tahun tersebut berniat hengkang.

Pihak Manchester City sendiri memiliki kebijakan. Mereka tidak akan memberikan kontrak lebih dari setahun kepada pemain berusia di atas 30. Ditambah lagi, Guendogan merasa sudah mendapatkan segalanya di Manchester City. Beragam trofi telah dimenangi gelandang asal Jerman tersebut, mulai dari trofi English Premier League (EPL), Carabao Cup, Piala FA, Liga Champions Eropa, dan lainnya.

Kepindahannya memang belum terjadi. Namun, jika sang pemain benar-benar tak lagi bermain di Manchester City, maka siapakah pemegang ban kapten selanjutnya ? Berikut calon kapten Manchester City jika Ilkay Guendogan hengkang.

1. Kevin De Bruyne

3 Calon Kapten Manchester City jika Ilkay Guendogan HengkangKevin De Bruyne (twitter.com/KevinDeBruyne

Kevin De Bruyne memang dianggap sebagai prioritas dalam pemilihan kapten jika Ilkay Gundogan hengkang. Sang pemilik umpan magis ini bahkan sempat dipercaya sebagai kapten beberapa kali. Namun, karena kurangnya kemampuan berkomunikasi, Guendogan dianggap lebih layak.

Tak menutup kemungkinan maestro asal Belgia yang dikenal visioner ini kembali menjadi kapten Manchester City pada 2023/2024. Torehan yang konsisten dan kemampuan olah bola tingkat tinggi membuat pemain ini cukup potensial untuk mengemban tanggung jawab kapten. Apalagi, sang pemain terbilang senior di klub ini.

Baca Juga: Profil Pep Guardiola, Pelatih dengan 3 Gelar Liga Champions Eropa 

2. Rodrigo

3 Calon Kapten Manchester City jika Ilkay Guendogan HengkangRodri (mancity.com)

Nama kedua adalah pahlawan Manchester City asal Spanyol, Rodri. Satu gol krusialnya ke gawang Inter Milan membuat The Cityzen berhasil mendapatkan mahkota Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Gol itu juga terasa spesial karena dicetak sang gelandang bernomor punggung 16, nomor punggung yang sama dengan pahlawan Manchester City 11 tahun lalu, Sergio Aguero.

Bukan hanya sekali, Rodri telah menjelma menjadi pahlawan bagi The Cityzen sejak musim lalu. Gol penyeimbangnya melawan Aston Villa menjadi salah satu yang fenomenal. Kemudian, gol injury time melawan Arsenal sama-sama berpengaruh besar terhadap perburuan gelar juara liga Manchester City.

Meski begitu, terlalu naif rasanya jika mempertimbangkan ban kapten hanya dari momen krusial bagi klub. Rodri dikenal sebagai pemain yang sopan, tetapi tegas dalam bermain. Bahkan, kebiasaan memasukkan bajunya menjadi ciri khas pemain berusia 26 tahun itu.

Rodri juga lebih dari sekadar pesepak bola. Dia dikabarkan menyelesaikan kuliahnya beberapa waktu lalu. Kedisiplinan menjadi salah satu alasan kenapa dia bisa menyelesaikan kuliahnya sembari bermain reguler untuk The Cityzen. Hal itu tentunya menjadi pertimbangan Pep Guardiola dalam menentukan pemimpin anak asuhnya.

3. Ruben Dias

3 Calon Kapten Manchester City jika Ilkay Guendogan HengkangRuben Dias bermain bersama Manchester City. (premierleague.com)

Nama ketiga mungkin memiliki potensi paling kecil sebagai pemegang tanggung jawab berikutnya. Namun, bukan berarti pemain kelahiran Portugal ini tidak punya kesempatan seperti dua pemain di atas. Penampilan yang solid dan konsisten menjadi alasan utama mengapa bek tengah andalan ini dianggap salah satu yang pantas menjabat sebagai kapten berikutnya.

Ruben Dias hampir selalu menjadi pilihan utama dalam skema tiga bek Pep Guardiola. Posisi sentral itu membuat publik Manchester City selalu teringat akan kapten legendaris mereka, Vincent Kompany. Terlebih lagi keduanya memiliki posisi yang sama.

Nah, itu tadi calon kapten Manchester City jika Ilkay Guendogan hengkang. Siapa kira-kira yang akan mengemban peran itu musim depan? Mungkinkah masih Guendogan?

Baca Juga: Segini Jumlah Trofi Manchester City, Baru Dapat Treble Winners!

Ridwan Saputra Photo Writer Ridwan Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya