Profil Mac Allister, Gelandang Baru Liverpool dari Brighton

Menjadi pemain kunci di Brighton

Belum lama ini, Liverpool berhasil mendatangkan pemain anyar dari Brighton and Hove Albion, Alexis Mac Allister. Liverpool membeli Mac Allister dengan nilai kontrak 35 juta GBP untuk memperkuat lini tengah yang sebagian pihak menilai masih menjadi masalah pada musim 2022-2023.

Musim lalu, Liverpool menjalani liga dengan performa yang kurang maksimal. Hasil akhirnya mereka hanya mampu finish di posisi lima klasemen. Permainan buruk dari gelandang-gelandang mereka dinilai menjadi faktor utama mereka gagal mencapai hasil yang memuaskan.

Dengan mendatangkan Mac Allister, skuad asuhan Jurgen Klopp diharapkan bisa tampil apik di Liga Inggris musim depan. Lantas, seperti apa profil Mac Allister? Simak perjalanan karier dan prestasinya berikut ini!

Baca Juga: 5 Transfer Termahal AC Milan di Era Silvio Berlusconi

1. Profil Mac Allister

Profil Mac Allister, Gelandang Baru Liverpool dari BrightonMac Allister resmi bergabung ke Liverpool pada musim 2023/2024 (instagram.com/alemacallister)

Alexis Mac Allister adalah pesepak bola profesional Argentina yang berposisi sebagai gelandang tengah untuk klub Liga Premier Brighton & Hove Albion dan tim nasional Argentina. Dia lahir pada 24 Desember 1998 di Santa Rosa, Argentina.

Mac Allister memulai karir sepak bola seniornya bersama Argentinos Juniors sebelum bergabung dengan Brighton & Hove Albion. Sekarang Mac Allister sudah resmi menjadi pemain Liverpool.

Keluarga pesepak bola

Alexis Mac Allister lahir di keluarga pesepak bola profesional. Ayahnya, Carlos Mac Allister adalah pemain Boca Juniors tahun 90-an yang juga sempat membela timnas Argentina tahun 1993.

Selain itu, kedua kakak laki-lakinya, Francis dan Kevin juga menjadi pesepak bola di klub lokal Argentina. Ketiganya mengikuti akademi sepak bola Argentinos Juniors dan sama-sama dipromosikan ke tim utama.

Namun, Francis kemudian berlabuh ke CA Talleres pada 2020, sedangkan Kevin bermain untuk Boca Juniors pada 2019.

2. Karier klub

Profil Mac Allister, Gelandang Baru Liverpool dari BrightonAlexis Mac Allister (instagram.com/alemacallister)

Argentina Juniors (2016-2019)

Seperti kedua saudaranya, Mac Allister memulai karir sepak bolanya dengan Club Social y Deportivo Parque sebelum bergabung dengan tim junior Argentinos Juniors. Dia melakukan debut profesionalnya pada 30 Oktober 2016.

Brighton & Hove Albion (2019-2023)

Mac Allister menandatangani kontrak dengan klub Liga Premier Inggris Brighton & Hove Albion pada 24 Januari 2019 dengan durasi kontrak empat setengah tahun. Dalam kesepakatan kontrak, Mac Allister dipinjamkan kembali ke Argentinos Juniors untuk sisa musim Liga Premier 2018–2019.

Pada Juni 2019, Boca Juniors merampungkan penandatanganan pinjaman Mac Allister dan menghubungkannya dengan saudara Kevin, yang telah ikut dengan klub dengan status pinjaman enam bulan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Transfer Terakhir antara Liverpool dan Brighton sebelum Mac Allister

3. Karier internasional

Profil Mac Allister, Gelandang Baru Liverpool dari BrightonAlexis Mac Allister (twitter.com/Argentina)

Karier internasional Mac Allister dimulai pada tahun 2019 hingga kini. Berikut rinciannya: 

  • Argentina U-23 (2020-2021)
  • Argentina Senior (2019-sekarang)

Segera setelah memulai debutnya untuk Argentina, Mac Allister dipanggil Claudio untuk tim Argentina U-20. Dia terpilih masuk skuad senior untuk pertama kalinya pada Agustus 2019, menjelang pertandingan persahabatan di Amerika Serikat pada September melawan Chili dan Meksiko.

Pada 1 Juli 2021, Mac Allister terdaftar dalam skuad Olimpiade Argentina untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas 2020 cabang sepak bola di Tokyo.

Baca Juga: Mac Allister Pakai Nomor 10 di Liverpool, Ini Alasannya!

4. Prestasi

Profil Mac Allister, Gelandang Baru Liverpool dari BrightonAlexis Mac Allister (instagram.com/alemacallister)

Argentinos Juniors

  • Primera B Nacional  2016–2017

Boca Juniors

  • Primera Division 2019–2020

Timnas Argentina

  • Superclásico de las Américas 2019
  • Pre-Olympic Tournament 2020
  • Champions of World Cup 2022

Demikianlah profil Mac Allister, pemain yang baru didatangkan Liverpool dari Brighton. Patut dinantikan bagaimana kontribusi Mac Allister untuk The Reds di musim depan.

Penulis: Muhammad Hussaini

Baca Juga: 5 Transfer Terakhir antara Liverpool dan Brighton sebelum Mac Allister

Topik:

  • Rihanna Bunga
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya