5 Transfer Termahal AC Milan di Era Silvio Berlusconi

Berlusconi pernah mendaratkan nama-nama apik

Jakarta, IDN Times - Selama menjadi pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi pernah mendatangkan nama-nama mahal. Apiknya, beberapa pemain mahal itu sempat membawa tim 'Merah Hitam' pada kejayaan.

Berlusconi meninggal dunia pada Senin (12/6/2023), usai bertarung dengan penyakit leukemia kronis. Selama memimpin Milan, dia pernah mendatangkan nama-nama yang bikin Milan merogoh kocek dalam. Siapa saja mereka?

Baca Juga: Kelakar Silvio Berlusconi soal Milan, Monza, dan Mafia Italia

1. Andriy Shevchenko

5 Transfer Termahal AC Milan di Era Silvio BerlusconiAndriy Shevchenko (uefa.com)

Andriy Shevchenko adalah salah satu pembelian terbaik Milan di era Berlusconi. Diangkut dengan mahar 23,9 juta euro dari Dynamo Kiev pada 1999 silam, dia menjelma jadi mesin gol Milan.

Selama tujuh musim membela Milan, Shevchenko mencetak 175 gol dari 322 laga di semua ajang. Selain meraih Ballon d'Or pada 2004, Shevchenko juga membawa Milan meraih gelar Serie A dan Liga Champions.

2. Zlatan Ibrahimovic

5 Transfer Termahal AC Milan di Era Silvio Berlusconisportstar.thehindu.com

Berawal dari masa peminjaman yang indah pada musim 2010/11, AC Milan pun langsung mempermanenkan status Zlatan Ibrahimovic dengan mahar 24 juta euro pada 2011. Dia sukses mengantarkan Milan meraih gelar Serie A.

Beberapa tahun kemudian, selepas Berlusconi tidak memimpin Milan lagi, Ibrahimovic pun kembali ke 'Rossoneri' dan membawa tim juara Serie A lagi. Total, Ibrahimovic mencetak 93 gol dari 163 laga bersama Milan di semua ajang.

Baca Juga: Eks Presiden AC Milan Silvio Berlusconi Meninggal Dunia

3. Alessandro Nesta

5 Transfer Termahal AC Milan di Era Silvio BerlusconiAlessandro Nesta (uefa.com)

Pada 2002, Milan mendatangkan Alessandro Nesta dari Lazio dengan mahar lumayan mahal, 31 juta euro. Namun, harga mahal ini sebanding dengan sosoknya yang pada akhirnya menjadi legenda di San Siro.

Total, Nesta tampil dalam 326 laga bersama Milan selama satu dekade. Dia juga berhasil mengantarkan tim 'Merah Hitam' itu meraih dua gelar Serie A dan dua gelar Liga Champions.

4. Filippo Inzaghi

5 Transfer Termahal AC Milan di Era Silvio BerlusconiFilippo Inzaghi (uefa.com)

Pada 2001, sadar bahwa tempatnya di Juventus sudah tergeser, Milan mendatangkan Filippo Inzaghi dengan mahar 36,1 juta euro. Mahal memang, tetapi jumlah itu pada akhirnya terbayar dengan performa ciamik yang Inzaghi berikan.

Selama membela Milan, Inzaghi sukses mengantarkan Milan meraih dua gelar Serie A, serta dua gelar Liga Champions. Total, dia mencatatkan 126 gol dari 300 laga yang dilakoni bersama Milan di semua ajang.

Baca Juga: Mengenang Kejayaan AC Milan di Era Silvio Berlusconi, Raja Eropa!

5. Rui Costa

5 Transfer Termahal AC Milan di Era Silvio BerlusconiRui Costa (sempremilan.com)

Milan mendaratkan Rui Costa dari Fiorentina dengan mahar tidak murah pada 2001, yakni 41,3 juta euro. Namun, harga mahal ini sepadan dengan kontribusi yang diberikan sosok asal Portugal itu bagi skuad 'Merah Hitam'.

Selama lima musim di AC Milan, Costa membantu Milan meraih gelar Liga Champions 2002/03 dan gelar Serie A 2003/04. Dia menorehkan 192 penampilan dengan torehan 11 gol, dan jadi rekrutan termahal Silvio Berlusconi.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya