Fakta Jelang Newcastle Vs. Leeds United Pekan 18 EPL, Siapa Unggul? 

Tren positif The Magpies terus menanjak

Newcastle United dikenal sebagai klub yang tampil luar biasa di English Premier League (EPL) 2022/2023. Hal ini terjadi lantaran mereka mampu menjelma sebagai kuda hitam.

Newcastle United saat ini bersaing di papan atas klasemen sementara EPL. Hebatnya, The Magpies menuai rekor belum terkalahkan hingga lima laga terakhir sampai pekan ke-17.

Namun, Leeds United hadir menjadi penantang baru bagi Newcastle United. Mereka bakal menghadapi The Magpies di pekan ke-18, Sabtu (31/12/2022), di St. James' Park Stadium.

1. Newcastle United tak terbendung

Fakta Jelang Newcastle Vs. Leeds United Pekan 18 EPL, Siapa Unggul? Para pemain Newcastle United saat merayakan gol kemenangan melawan Leicester City di pekan ke-17 EPL 2022/2023. (instagram.com/nufc)

Langkah Newcastle United masih belum terhentikan di EPL 2022/2023. Mereka mendulang enam kemenangan beruntun sekaligus belum terkalahkan dalam 11 laga terakhir. Rekor itu menjelaskan betapa hebatnya performa mereka sejauh ini.

Kemenangan terakhir Newcastle United terjadi ketika mengunjungi markas Leicester City di EPL pekan ke-17 lalu. Mereka menang dengan skor besar 0-3 di King Power Stadium, Senin (26/12/2022). Hasil apik itu sekaligus memantapkan posisi mereka di papan atas klasemen sementara.

2. Siapa menyangka performa Newcastle United sehebat ini?

Fakta Jelang Newcastle Vs. Leeds United Pekan 18 EPL, Siapa Unggul? Para pemain Newcastle United saat merayakan gol kemenangan melawan Leicester City di pekan ke-17 EPL 2022/2023. (instagram.com/nufc)

Berkat capaian luar biasa belakangan, Newcastle United dianggap sebagai salah satu penantang gelar juara EPL pada musim 2022/2023 ini. Hal itu terjadi karena mereka mampu bersaing di lima besar papan klasemen sementara.

Newcastle United menempati urutan ketiga dengan koleksi 33 poin di papan klasemen EPL saat ini. Mereka menuai rekor 9 menang, 6 seri, 1 kalah dalam 16 laga terakhir. Mereka terpaut tujuh poin dari Arsenal yang sedang menghuni puncak klasemen.

Baca Juga: 5 Pemain Newcastle United Terakhir yang Jadi EPL Player of the Month

3. Sektor tengah kunci utama The Magpies

Fakta Jelang Newcastle Vs. Leeds United Pekan 18 EPL, Siapa Unggul? Duel antar pemain dalam laga Newcastle United vs Leicester City di pekan ke-17 EPL 2022/2023. (instagram.com/nufc)

Sektor tengah bisa dikatakan sebagai kunci di balik performa hebat Newcastle United di EPL 2022/2023. Bisa dibilang seperti itu karena para gelandang mereka bermain hebat, seperti Miguel Almiron, Bruno Guimaraes, Joe Willock, Joelinton, serta Sean Longstaff.

Miguel Almiron, khususnya, menjadi kunci utama permainan Newcastle United di EPL. Gelandang serang 28 tahun itu sangat diandalkan sebagai pencetak gol utama. Ia sudah mengemas 9 gol dan 1 assist dalam 16 pertandingan terakhirnya.

Di sisi lain, gelandang Newcastle United di belakang Almiron juga tampil dengan performa yang tak kalah apik. Bruno Guimaraes bikin lini belakang dan lini serang lebih stabil. Ia berjasa besar lewat catatan 3 gol dan 3 assist-nya di EPL.

Tiga gelandang lainnya lebih berperan membuat sektor tengah Newcastle United tampil konsisten di EPL. Ketiganya juga sudah mencetak gol, Joe Willock (2 gol 2 assist), Joelinton (2 gol 1 assist), Sean Longstaff (1 gol 2 assist).

4. Rodrigo ancaman bagi Newcastle United

Fakta Jelang Newcastle Vs. Leeds United Pekan 18 EPL, Siapa Unggul? Rodrigo Moreno Machado sebagai mesin gol Leeds United di EPL 2022/2023. (instagram.com/leedsunited)

Leeds United memiliki satu pemain kunci yang berpotensi menjegal Newcastle United di pekan 18 EPL 2022/2023. Pemain itu adalah Rodrigo Moreno Machado, striker berusia 31 tahun yang tampil sangat produktif.

Rodrigo dikenal sebagai bomber andalan Leeds United dengan rekor 9 gol dan 1 assist di EPL 2022/2023. Terakhir kali ia mampu mencetak dua gol sekaligus saat melawan Tottenham Hostpur di pekan 16. Kehadirannya pasti bakal jadi ancaman tersendiri bagi Newcastle United saat kedua tim bersua.

5. Leeds United belum maksimal

Fakta Jelang Newcastle Vs. Leeds United Pekan 18 EPL, Siapa Unggul? Leeds United saat melawan Manchester City di pekan ke-17 EPL 2022/2023. (instagram.com/leedsunited)

Berbanding terbalik dengan Newcastle United, Leeds United justru masih tampil angin-anginan di EPL 2022/2023. Sejauh ini mereka baru menang sekali dalam 12 pertandingan terakhir.

Leeds United terakhir kali menang saat menghadapi Bournemouth pada 5 November 2022 dengan skor 4-3 di EPL. Catatan buruk ini membuat Leeds United terancam berkutat di zona degradasi. Sementara, mereka sedang menduduki urutan ke-15 dengan koleksi 15 poin.

Laga melawan Newcastle United di pekan 18 EPL 2022/2023 bisa dianggap sebagai laga berat bagi Leeds United. Meski demikian, semua bisa terjadi dalam sepak bola. Tak ada yang tak mustahil jika melakukannya dengan kerja keras dan kekompakan yang solid. Siapa yang bakal meraih tiga poin penuh pada lagi ini?

Baca Juga: 5 Pemain yang Meninggalkan Leeds United pada Musim Panas 2022

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya