5 Pemain yang Meninggalkan Leeds United pada Musim Panas 2022

Raphinha merapat ke Barcelona!

Leeds United melakukan bongkar pasang skuad pada musim panas 2022 ini. Mereka mendatangkan beberapa pemain baru, namun juga melepas beberapa pemain lama. Ada yang benar-benar dijual, ada juga yang hanya dipinjamkan sementara ke klub lain.

Hasil penjualan beberapa pemain lama tersebut berhasil menutup pengeluaran Leeds untuk membeli pemain baru. Berikut ini lima pemain yang meninggalkan Leeds United pada musim panas 2022.

1. Tyler Roberts

5 Pemain yang Meninggalkan Leeds United pada Musim Panas 2022Tyler Roberts (leedsunited.com)

Tyler Roberts adalah pemain berusia 23 tahun yang baru meninggalkan Leeds pada 6 Juli 2022. Ia dipinjamkan ke Queens Park Rangers hingga 31 Mei 2023 mendatang. Sebelumnya, Tyler telah memainkan 108 pertandingan bersama Leeds dengan raihan 9 gol dan 10 assists. 

Tyler sendiri bisa dibilang pemain serbabisa. Biasa memainkan posisi penyerang, ia juga bisa menjadi gelandang serang. Tyler sendiri sudah akrab dengan level timnas, dengan koleksi 19 caps bersama Timnas Wales.

2. Raphinha

5 Pemain yang Meninggalkan Leeds United pada Musim Panas 2022Raphinha (fcbarcelona.com)

Leeds United mendapatkan dana yang cukup fantastis dari penjualan Raphinha ke klub raksasa LaLiga, Barcelona, pada 13 Juli 2022 lalu. Pasalnya, Barca menebus Raphinha dengan biaya 58 juta euro alias Rp859 miliar.

Pemain berusia 25 tahun asal Brasil ini langsung diamankan oleh Barca dengan kontrak berdurasi 5 tahun hingga 30 Juni 2027. Saat membela Leeds, Raphinha mencatatkan 17 gol dan 12 assists dalam 67 pertandingan. Hal itu mungkin salah satu alasan Barca yakin untuk membelinya.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Ini Direkrut Leeds United dengan Harga Mahal

3. Kalvin Phillips

5 Pemain yang Meninggalkan Leeds United pada Musim Panas 2022Kalvin Phillips (mancity.com)

Selanjutnya, ada pemain asal Inggris bernama Kalvin Phillips. Pemain berusia 26 tahun ini memberi pemasukan besar ke Leeds United, lantaran berhasil dijual ke Manchester City dengan biaya transfer 48,75 juta euro alias Rp722 miliar.

Bukan tanpa alasan Manchester City berani mengeluarkan biaya besar untuk menebus Kalvin. Pasalnya, ia mampu menempati beberapa posisi, yakni gelandang bertahan, gelandang tengah, dan bek tengah. Kalvin juga sudah mengantongi 23 caps bersama Timnas Inggris.

4. Helder Costa

5 Pemain yang Meninggalkan Leeds United pada Musim Panas 2022Helder Costa (leedsunited.com)

Helder Costa tidak sepenuhnya dilepas oleh Leeds, melainkan hanya dipinjamkan ke Al-Ittihad Club pada 7 Agustus 2022. Masa peminjamannya pun bakal berlangsung hingga 30 Juni 2023 mendatang.

Selama di Leeds, Costa yang biasa tampil sebagai sayap kanan berhasil mencatatkan 8 gol dan 11 assists dalam 71 pertandingan di semua ajang. Selain Leeds, Costa juga pernah bermain untuk klub EPL lain, yaitu Wolverhampton Wanderers.

5. Charlie Cresswell

5 Pemain yang Meninggalkan Leeds United pada Musim Panas 2022Charlie Cresswell (leedsunited.com)

Charlie Cresswell adalah yang termuda dalam daftar ini, dengan usia yang baru menjejak 20 tahun. Pria asal Inggris ini baru dipinjamkan Leeds ke Millwall pada 4 Juli 2022. Rencananya, Charlie bakal bermain di Millwall selama 1 musim, dan kembali ke Leeds pada 31 Mei 2023.

Charlie memiliki postur yang sangat ideal untuk posisinya sebagai bek tengah, yakni 190 sentimeter. Sayangnya, hanya itu satu-satunya posisi yang bisa ia mainkan. Jika bisa mengembangkan dirinya dan menjadi tipikal pemain serbabisa, mungkin Charlie bisa lebih diperhitungkan ke depannya.

 

Kalvin Phillips dan Raphinha menjadi sumber pemasukan besar bagi Leeds United. Jika tidak menjual dua pemain tersebut, Leeds mungkin akan kesulitan mendatangkan beberapa rekrutan baru mereka seperti Brenden Aaronson, Luis Sinisterra, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Leeds United, Dua Pemain Bintang Dilepas!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya