Jejak Rekam Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, Gagal Total!

De javu Piala Dunia 2018 Rusia

Kegagalan Tim Nasional Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar jelas menjadi perhatian tersendiri. Pasalnya, mereka adalah salah satu negara tersukses dalam sejarah gelaran pesta 4 tahunan terbesar FIFA tersebut.

Jerman sendiri sukses menyabet empat gelar juara Piala Dunia selama ini. Kegagalan di Piala Dunia 2022 jelas menjadi momen terulang mereka pada Piala Dunia edisi 2018 di Rusia yang gagal pada fase grup.

Lantas, seperti apa jejak rekam performa Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar yang kembali gagal? Berikut ulasan selengkapnya!

1. Mengulang capaian di Piala Dunia 2018 Rusia

Jejak Rekam Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, Gagal Total!Timnas Jerman saat menghadapi Timnas Meksiko di Piala Dunia 2018 Rusia. (news.sky.com)

Timnas Jerman sempat gagal pada gelaran Piala Dunia 2018 yang telah bergulir di Rusia. Mereka kala itu tampil sangat buruk. Mereka tak lolos babak fase grup dengan menjadi juru kunci.

Jerman hanya finis di peringkat keempat dengan torehan tiga poin di grup F Piala Dunia 2018. Mereka meraih 1 kemenangan dan 2 kekalahan pada fase grup. Sementara itu, di grup yang sama, Swedia dan Meksiko jadi negara yang lolos ke 16 besar.

Capaian buruk Jerman di Piala Dunia 2018, terulang lagi di Piala Dunia 2022 Qatar yang kini tengah bergulir. Mereka lagi-lagi gagal lolos dari fase grup. Mereka hanya finis di peringkat ketiga, kalah selisih gol dari Spanyol sebagai runner-up grup E.

2. Dua kali dipulangkan oleh negara Asia

Jejak Rekam Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, Gagal Total!Timnas Jerman ketika menelan kekalahan atas Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/dfb_team)

Ada catatan menarik Timnas Jerman kala mengikuti gelaran Piala Dunia dalam dua edisi terakhir ini. Mereka secara dua kali beruntun dikalahkan oleh negara dari Asia.

Jerman kalah saat menghadapi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia. Mereka kalah dengan skor 2-0 kala itu. Hasil tersebut membuat mereka harus pulang lebih awal.

Pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar kali ini, Jerman lagi-lagi kalah dari perwakilan Asia. Mereka dikalahkan Jepang dengan skor 1-2 pada fase grup. Hasil itu membuat mereka tak lolos ke 16 besar.

Baca Juga: 5 Negara yang Paling Sering Menaklukkan Timnas Jerman, Harus Waspada!

3. Terlambat panas di Piala Dunia 2022 Qatar

Jejak Rekam Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, Gagal Total!Timnas Jerman ketika menghadapi Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/dfb_team)

Sebenarnya, performa Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar bisa dibilang tak terlalu buruk. Hal ini terjadi lantaran mereka masih mampu bersaing di babak fase grup. Mereka hanya kalah selisih gol dari Spanyol.

Dalam 3 laga fase grup E, Jerman merengkuh 1 kemenangan, 1 hasil seri, dan 1 kali kalah. Hasil itu pastinya tak terlalu buruk. Hanya saja, Jerman sempat kalah dari Jepang di laga perdana Piala Dunia 2022.

Hal tersebut yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur bahwa Jerman terlambat panas di Piala Dunia edisi kali ini. Hal ini juga didukung dengan performa apik mereka dalam dua laga terakhir fase grup.

Jerman berhasil menahan imbang Spanyol pada laga kedua fase grup. Mereka saat itu bermain imbang 1-1. Hebatnya lagi, mereka membantai Kosta Rika dengan skor 4-2 pada laga terakhir fase grup.

4. Statistik lini pertahanan Jerman buruk

Jejak Rekam Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, Gagal Total!Duel antar pemain dalam laga Jerman vs Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/dfb_team)

Tak hanya terlambat panas, performa lini pertahanan Timnas Jerman juga terbilang buruk di Piala Dunia 2022 Qatar. Hal ini terjadi karena jumlah keseluruhan gol mereka hampir mengalami defisit.

Hingga babak fase grup, Jerman setidaknya mengantongi 6 gol dan telah kemasukan 5 gol. Hanya selisih satu gol dan hampir defisit. Itu jadi salah satu indikasi bahwa lini belakang mereka tampil buruk.

Padahal, sektor depan Jerman sebenarnya sudah tampil lumayan bagus. Hal itu dilihat dari statistik jumlah tendangan ke arah gawang yang mencapai 24 tendangan dari keseluruhan 67 tendangan yang mereka buat.

5. Performa tak maksimal sejak UEFA Nations League 2022

Jejak Rekam Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar, Gagal Total!Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/dfb_team)

UEFA Nations League 2022 bisa dibilang sebagai ajang pemanasan sebelum bergulirnya Piala Dunia 2022 Qatar. Pasalnya, ajang yang baru didirikan pada 2018 itu telah dihelat sejak sebelum Piala Dunia edisi kali ini dimulai.

Timnas Jerman sebagai salah satu peserta, terlihat tampil tak optimal di UEFA Nations League 2022. Mereka hanya mampu bertengger di posisi ketiga kelompok A grup 3. Mereka mengoleksi 7 poin dengan catatan 1 kemenangan, 4 hasil seri, dan 1 kali kalah.

 

Korea Selatan dan Jepang tentunya menjadi penyebab kegagalan Jerman dalam dua edisi terakhir Piala Dunia. Hal itu menandakan bahwa belakangan ini negara-negara dari Asia mampu unjuk gigi di ajang 4 tahunan FIFA tersebut.

Baca Juga: 5 Negara Terakhir yang Jadi Lawan Pertama Timnas Jerman di Piala Dunia

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya