Jelang Semifinal Indonesia Vs. Vietnam AFF Cup 2022, Garuda Bisa!

Cukup lama Indonesia tak bisa kalahkan Vietnam

Tim Nasional Indonesia akhirnya memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFF 2022 setelah menjadi runner-up Grup A. Hasil itu membuat mereka bakal bertemu juara Grup B, Vietnam, di babak selanjutnya.

Kedua negara nantinya melakoni dua laga kandang dan tandang di semifinal AFF 2022. Kebetulan, Indonesia terpilih melewati pertandingan leg pertama menantang Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Intip preview jelang duel Indonesia versus Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 melalui ulasan berikut, ya!

1. Mengulang pertemuan di AFF 2016

Jelang Semifinal Indonesia Vs. Vietnam AFF Cup 2022, Garuda Bisa!Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (goal.com/Dhonazan Syahputra)

Timnas Indonesia memiliki kenangan manis ketika bersua Vietnam di Piala AFF 2016. Mereka kala itu juga berhadapan di semifinal. Namun, Garuda berhasil menyingkirkan usai menang skor agregat 4-3 lewat dua laga.

Sayangnya dalam beberapa pertemuan terakhir, Indonesia hanya mendulang 2 kemenangan, 3 hasil seri, dan 4 kekalahan dari 9 pertemuan kontra Vietnam. Buruknya lagi, Garuda belum menang sekalipun dalam tiga pertemuan terakhir.

Teranyar, Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Vietnam pada 15 Desember 2021 di fase grup Piala AFF 2020. Sebelumnya, Garuda juga sempat kalah dua kali pada babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia yang berlangsung pada tahun 2019 dan 2021.

2. Lini serang Garuda siap tempur

Jelang Semifinal Indonesia Vs. Vietnam AFF Cup 2022, Garuda Bisa!Selebrasi penggawa Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (instagram.com/pssi)

Saat ini, lini serang Timnas Indonesia mulai diisi dengan beberapa wajah baru di Piala AFF 2022. Setidaknya ada tiga debutan di lini depan Garuda, yakni Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, hingga Yakob Sayuri.

Hebatnya, ketiga pemain tersebut telah mencetak gol pada babak fase grup di AFF 2022. Dendy Sulistyawan, khusunya sukses bikin permainan lini serang Garuda makin hidup usai mengoleksi dua gol di Piala AFF 2022.

Catatan cukup positif tersebut tentu menguntungkan Indonesia guna mendukung terbentuknya naluri antar pemain baru dan senior. Hal ini jelas bakal jadi kredit tersendiri bagi beberapa striker lama, seperti Ilija Spasojevic, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman.

Baca Juga: Road to Semifinal Piala AFF 2022: Indonesia

3. Gawang Vietnam belum jebol

Jelang Semifinal Indonesia Vs. Vietnam AFF Cup 2022, Garuda Bisa!Timnas Vietnam saat merayakan gol kemenangan di Piala AFF 2022. (instagram.com/affmitsubishielectriccup)

Meski menorehkan grafik cukup apik, lini serang Timnas Indonesia bakal diuji saat bertemu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Bukan tanpa alasan, lini pertahanan Vietnam jadi yang terbaik sejauh ini.

Vietnam sama sekali belum kebobolan pada fase grup AFF 2022. Rekor positif membuat mereka menuai empat catatan clean sheet. Vietnam menang tiga kali dari Laos (0-6), Malaysia (3-0), Myanmar (3-0), serta imbang melawan Singapura (0-0).

Setidaknya, ada tiga permain bertahan Vietnam yang wajib diantisipasi, yakni sosok kiper Dang Van Lam, Nguyen Thanh Chung, serta Do Duy Manh. Mereka semua dominan sebagai pilihan utama. Hanya Nguyen dan Do yang sempat absen kala berhadapan dengan Singapura di fase Grup B.

4. Waspada Nguyen Tien Linh!

Jelang Semifinal Indonesia Vs. Vietnam AFF Cup 2022, Garuda Bisa!Nguyen Tien Linh (instagram.com/nguyentienlinh201097)

Di Piala AFF 2022, Timnas Vietnam sangat mengandalkan Nguyen Tien Linh di sektor depan. Buktinya, striker muda kelahiran 20 Oktober 1997 tersebut sukses mengoleksi catatan tiga gol sejauh ini.

Nguyen Tien Linh sendiri saat ini menjadi top skor sementara bagi Vietnam. Dirinya berhasil mencetak gol ketika menantang Laos, Malaysia, dan Myanmar di fase Grup B. Peran pentingnya itu jelas menjadi catatan tersendiri bagi Indonesia kala bersua di semifinal.

Di sisi lain, Indonesia tampaknya juga harus mewaspadai permainan hebat bek produktif Vietnam, Doan Van Hau. Hal ini tak lain karena bek sayap kiri itu telah mencetak 1 gol dan 2 assist. Dirinya juga jadi pemasok umpan-umpan manja bagi ketajaman Nguyen Tien Linh.

5. Perkiraan starting line-up Indonesia vs. Vietnam

Jelang Semifinal Indonesia Vs. Vietnam AFF Cup 2022, Garuda Bisa!Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam saat tampil di Piala AFF 2022. (affmitsubishielectriccup.com)

Laga semifinal pertama antara Indonesia versus Vietnam diprediksi bakal berlangsung panas. Sebab, mereka pastinya sama-sama ingin meraih hasil terbaik demi menjaga asa mencapai babak final di Piala AFF 2022.

Maka dari itu, kedua negara tentu bakal memasang starting line-up hingga formasi terbaik. Berikut perkiraan sebelas pemain utama dan formasi laga Indonesia versus Vietnam di semifinal pertama AFF 2022.

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan, Marc Klok, Rachmat Irianto, Egy Maulana, Yakob Sayuri, Witan, Dendy Sulistyawan.

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung, Ho Tan Tai, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh.

Timnas Indonesia tentu saja bisa memperbaiki rekor pertemuan atas Timnas Vietnam jika menang pada leg pertama ini, Jumat (6/1/2023). Menurutmu, mampukah Garuda menuai hasil sempurna?

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Timnas Indonesia di Piala AFF

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya