6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023

Didominasi pemain di sektor pertahanan

Timnas Indonesia U-22 bermain luar biasa di SEA Games 2023 Kamboja. Mereka mengukuhkan diri sebagai tim terbaik setelah meraih medali emas. Garuda Muda mampu mengalahkan Thailand di final cabang olahraga sepak bola di ajang olahraga 2 tahunan negara-negara Asia Tenggara.

Indonesia sendiri begitu terbantu dengan kontribusi enam pemainnya di SEA Games. Tidak heran jika mereka jadi penggawa dengan catatan menit tampil terbanyak. Berikut enam pemain Timnas Indonesia U-22 yang paling sibuk dalam perjalanan mencapai medali emas yang telah absen selama 32 tahun itu.

1. Rizky Ridho

6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023Rizky Ridho (instagram.com/persija)

Rizky Ridho, kapten Timnas Indonesia U-22, bermain dominan di SEA Games 2023. Pemain berusia 21 tahun asal Surabaya ini berjasa di sektor belakang. Ia jadi bek Garuda Muda yang tak tergantikan.

Rizky Ridho membuktikan itu dengan catatan 7 pertandingan dengan 660 menit tampil di SEA Games. Ia selalu masuk dalam starting line-up Indonesia. Namun, ia juga pernah melewatkan satu laga dengan duduk di bangku cadangan.

2. Alfeandra Dewangga

6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023Alfeandra Dewanga (instagram.com/psisfcofficial)

Di posisi kedua, ada Alfeandra Dewangga sebagai pemain dengan menit tampil paling banyak di SEA Games 2023. Pemain andalan PSIS Semarang ini begitu dibutuhkan di lini pertahanan. Ia jadi bek tengah andalan Indonesia.

Secara statistik, Alfeandra Dewangga meraup 520 menit tampil dalam 6 laga SEA Games. Pemain berusia 21 tahun ini jadi bek terbaik kedua setelah Rizky Ridho. Meski begitu, Dewangga juga sempat melewatkan dua laga sebagai starter bersama Indonesia.

3. Fajar Fathur Rahman

6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023Fajar Fathur Rahman (instagram.com/borneofc.id)

Fajar Fathur Rahman menjadi salah satu top skor Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Ia mendulang 5 gol dalam 7 laga (515 menit tampil). Perolehannya itu serupa dengan striker tersubur Garuda Muda, Ramadhan Sananta.

Penampilan Fajar Fathur Rahman bisa dibilang memikat perhatian lebih di SEA Games. Ini karena posisi bermainnya diubah. Di level klub, Fajar biasa tampil sebagai bek sayap. Namun, pemain 20 tahun ini jadi seorang winger di Timnas Indonesia U-22.

Baca Juga: Lawan Argentina, Timnas Indonesia Dihantui Rekor Buruk

4. Ernando Ari

6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023Ernando Ari (instagram.com/pssi)

Ernando Ari bermain dominan di posisi penjaga gawang Indonesia. Kiper muda berusia 21 tahun milik Persebaya ini mengantongi enam penampilan di SEA Games 2023. Ia total menorehkan 487 menit tampil.

Kendati dominan, Ernando Ari sempat tak menjadi kiper utama Indonesia dalam tiga laga di SEA Games tahun ini. Ia harus berbagi kesempatan dengan kiper muda lainnya, Adi Satryo. Ini sekaligus menjadi strategi yang diterapkan oleh tim pelatih.

5. Bagas Kaffa

6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023Bagas Kaffa (instagram.com/pssi)

Di urutan kelima, ada Bagas Kaffa yang menjadi pemain dengan menit tampil terbanyak di SEA Games 2023. Ia sibuk berperan di lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Jasa pemain 21 tahun asli Magelang ini dibutuhkan di posisi bek kanan.

Bagas Kaffa mendulang catatan 462 menit tampil di SEA Games. Ia menorehkan itu dalam enam pertandingan bersama Timnas Indonesia U-22. Bagas selalu diutamakan daripada pemain lain di posisi yang sama, Rio Fahmi.

6. Komang Teguh

6 Pemain Indonesia dengan Menit Tampil Terbanyak di SEA Games 2023Komang Teguh (instagram.com/pssi)

Timnas Indonesia U-22 mengandalkan Komang Teguh di posisi lini tengah. Hal itu mereka lakukan karena pemain 21 tahun ini bermain menonjol sebagai gelandang. Teguh hampir tak bermain buruk di SEA Games 2023.

Komang Teguh mencatatkan enam pertandingan dengan rincian 446 menit tampil bersama Garuda Muda. Ia juga mengemas satu gol. Secara keseluruhan, Teguh hanya absen dalam dua laga di SEA Games tahun ini.

Kesuksesan Indonesia menjuarai cabang sepak bola SEA Games 2023 Kamboja adalah pembuka jalan untuk mendulang prestasi lainnya. Secara tak langsung, pencapaian ini akan meningkatkan moral mereka saat menatap turnamen internasional selanjutnya. 

Baca Juga: Bawa Timnas Menang SEA Games, PSIS Semarang Pertahankan Pelatih Fisik Alex Aldha 

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya