Profil Marcin Bulka, Eks Kiper Muda Chelsea yang Memperkuat OGC Nice

Sempat juga merumput di Paris Saint-Germain

Chelsea memang gudangnya pemain muda mencari ilmu di Eropa. Banyak pemain jebolan akademi mereka, Cobham, yang mencuat dalam beberapa waktu belakangan. Beberapa di antaranya ada Mason Mount dan Reece James. Namun, Chelsea jarang mengekspos kiper hasil produk sendiri.

Padahal, sebenarnya The Blues memiliki sejumlah kiper muda yang berbakat, salah satunya Marcin Bulka. Kiper berusia 23 tahun yang tengah menjadi andalan klub Prancis, OGC Nice. Ia cukup lama menetap di sana setelah sebelumnya membela Paris Saint-Germain. Selain itu, Bulka diketahui juga menjadi harapan Timnas Polandia junior di level internasional. Kenali lebih dalam sosok Marcin Bulka, yuk! Bagaimana kiprahnya?

1. Berstatus kiper Chelsea selama 3 musim

Profil Marcin Bulka, Eks Kiper Muda Chelsea yang Memperkuat OGC NiceMarcin Bulka saat masih berseragam Chelsea. (instagram.com/marcinbulka1)

Marcin Bulka mulai mengenal sepak bola sejak dini. Itu diketahui setelah ia menimba ilmu di tiga sekolah sepak bola tanah kelahirannya sendiri. Kiper kelahiran 4 Oktober 1999 ini bersekolah di Stegny Wyszogrod, MDK Krol Macius Club Plock, dan Escola Varsovia U-19.

Namun, pada 2016/2017, Marcin Bulka mulai merantau ke akademi Chelsea dengan bergabung skuad U-18. Ia bertahan kurun waktu 3 musim di London. Bulka menghabiskan waktu 1 musim di antaranya dengan berseragam Chelsea U-23 pada 2018/2019.

Soal prestasi, Marcin Bulka sudah merengkuh dua gelar juara bersama Chelsea U-18. Ia mendulang trofi Liga Primer Inggris U-18 secara beruntun, tepatnya pada 2016/2017 dan 2017/2018. Dari sinilah potensi Bulka mulai tercium.

2. Tumbuh besar di Paris Saint-Germain

Profil Marcin Bulka, Eks Kiper Muda Chelsea yang Memperkuat OGC NiceMarcin Bulka saat masih berseragam Paris Saint-Germain. (instagram.com/marcinbulka1)

Meski besar di akademi Chelsea, Marcin Bulka tak memperoleh kesempatan masuk ke dalam skuad utama The Blues. Alhasil, kiper dengan tinggi badan 199 cm ini memilih merantau ke klub lain. Ia bergabung dengan klub rakasasa asal Prancis, Paris Saint-Germain.

Marcin Bulka berlabuh ke klub yang bermarkas di Stadion Parc des Princes itu sejak 2019. Sejak kala itu, ia memulai debut dalam karier profesionalnya sebagai kiper. Debut Bulka pun berjalan manis di Paris Saint-Germain. Ia memperoleh empat titel juara sekaligus dalam semusim pada 2019/2020.

Marcin Bulka menyabet trofi Liga Prancis, Piala Prancis, Piala Liga Prancis, dan Piala Super Prancis. Kendati begitu, sang pemain memang tak membukukan statistik yang menonjol di Paris Saint-Germain. Ia hanya mengukir 1 penampilan dengan 90 menit bermain sepanjang 2019/2020.

3. Jadi kiper OGC Nice sejak 2021/2022

Profil Marcin Bulka, Eks Kiper Muda Chelsea yang Memperkuat OGC NiceMarcin Bulka saat berseragam OGC Nice. (instagram.com/marcinbulka1)

Marcin Bulka lagi-lagi belum mendapatkan tempat reguler di Paris Saint-Germain. Malahan, ia sering dipinjamkan ke klub lain, salah satunya OGC Nice. Bulka mulai memperkuat klub barunya itu sejak 2021/2022. Meski berstatus pinjaman, OGC Nice sendiri terkesan dengan potensi sang pemain.

OGC Nice pun mempertimbangkan keberadaan Marcin Bulka pada musim selanjutnya. Benar saja, sang pemain akhirnya dibeli permanen seharga 2 juta euro (Rp31 miliar lebih) dari Paris Saint-Germain. Bulka resmi menjadi milik OGC Nice sejak 2022/2023.

Selama 2 musim membela, Marcin Bulka bermain cukup berkembang di OGC Nice. Ia membukukan total 11 penampilan (990 menit bermain) dengan 4 clean sheet di semua ajang. OGC Nice sendiri percaya bila potensi Bulka akan terus berkembang ke depannya.

Baca Juga: 10 Fakta David Raya, Kiper Brentford yang Diincar Klub Top Eropa

4. Kiper masa depan Polandia

Profil Marcin Bulka, Eks Kiper Muda Chelsea yang Memperkuat OGC NiceMarcin Bulka saat berseragam Timnas Polandia. (instagram.com/marcinbulka1)

Selain potensial di level klub, Marcin Bulka juga menjadi kiper yang diharapkan di level tim nasional. Ia sendiri menjadi kiper Timnas Polandia junior. Bulka jadi kiper langganan di sana, dengan membela Polandia U-18, U-19, U-20, dan U-21.

Hanya saja, Marcin Bulka belum mencatatkan statistik yang mentereng di level internasional. Ia hanya tampil sebagai pelapis. Walau demikian, bukan berarti Bulka tak memiliki peluang untuk menjadi kiper masa depan Timnas Polandia.

Wajar bila Marcin Bulka belum mengemas rekor penampilan yang impresif selama ini. Ini tak lain karena usianya masih muda (23 tahun). Namun, tak mustahil suatu saat nanti Bulka jadi bintang baru di Eropa. Ia berpotensi menggapainya karena memiliki banyak waktu untuk berkembang.

Baca Juga: Kiper PSG Marcin Bulka: Di Maria Membenci Manchester United

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya