5 Stadion Terbesar di Jawa Timur, Ada yang Dipakai Piala Dunia U-20

Termasuk stadion tertua di Indonesia!

Bicara soal sepak bola di wilayah Provinsi Jawa Timur tentu tak kalah hebatnya dari wilayah lain di Indonesia. Sebab, Jawa Timur juga dikenal sebagai salah satu barometer yang menghidupkan sepak bola di Indonesia.

Sampai saat ini banyak tim besar dari Jawa Timur yang dikenal sangat berprestasi. Sebut saja seperti, Arema FC, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Madura United, dan lain sebagainya.

Selain dikenal mempunyai banyak tim sepak bola besar, Jawa Timur juga dikenal mempunyai beberapa stadion yang berkapasitas besar pula. Bahkan, beberapa di antaranya juga sering digunakan sebagai tuan rumah pertandingan bertaraf internasional, lho!

Yuk, simak dulu kelima stadion terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur saat ini lewat ulasan berikut!

1. Stadion Gelora Bung Tomo (46.806 kursi)

5 Stadion Terbesar di Jawa Timur, Ada yang Dipakai Piala Dunia U-20Stadion Gelora Bung Tomo (tourism.surabaya.go.id)

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan stadion yang terletak di Kota Surabaya sekaligus menjadi home base dari Persebaya Surabaya. Stadion ini resmi dibuka pada 6 Agustus 2010.

Stadion Gelora Bung Tomo dikenal sebagai stadion terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Sebab, stadion ini memiliki jumlah kapasitas sangat besar mencapai 46.806 kursi penonton.

Meski terbilang baru dibangun, Stadion Gelora Bung Tomo merupakan stadion yang megah. Bahkan, stadion ini juga telah resmi terpilih sebagai salah satu enam dari stadion yang akan dipakai di ajang Piala Dunia U-20 Indonesia pada tahun 2023.

2. Stadion Kanjuruhan (45.000 kursi)

5 Stadion Terbesar di Jawa Timur, Ada yang Dipakai Piala Dunia U-20Stadion Kanjuruhan (instagram.com/ase87official)

Stadion Kanjuruhan merupakan stadion sepak bola yang terletak di Kabupaten Malang yang resmi berdiri pada 9 Juni 2004. Stadion ini menjadi markas bagi dua tim sekaligus, Arema FC (Liga 1) dan Persekam Metro FC (Liga 3).

Stadion Kanjuruhan dikenal sebagai stadion terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur. Jumlah kapasitas yang ada di stadion ini mencapai 45.000 penonton.

Baca Juga: Gusur Bangunan Liar, Pemkot Depok Siap Bangun Stadion Mini

3. Stadion Gelora Delta (35.000 kursi)

5 Stadion Terbesar di Jawa Timur, Ada yang Dipakai Piala Dunia U-20Stadion Gelora Delta (instagram.com/adieast)

Stadion sepak bola terbesar ketiga yang ada di Provinsi Jawa Timur jatuh kepada Stadion Gelora Delta yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Stadion ini resmi berdiri pada tahun 1984.

Stadion Gelora Delta sendiri merupakan home base dari tim yang berlaga di Liga 2 Indonesia, Deltras FC. Dahulu, stadion ini sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan beberapa ajang sepak bola bergengsi di Indonesia.

Sederet ajang sepak bola tersebut, seperti Piala AFF U-19 2013, Final Piala Indonesia 2006, Pekan Olahraga Nasional XV (PON), dan lain sebagainya. Terpilihnya stadion ini sebagai tempat pelaksanaan beberapa ajang bergengsi tersebut berkat akses tempuh dan fasilitas yang dimiliki oleh Stadion Gelora Delta sangat baik.

4. Stadion Gajayana (30.000 kursi)

5 Stadion Terbesar di Jawa Timur, Ada yang Dipakai Piala Dunia U-20Stadion Gajayana (malang.merdeka.com)

Stadion Gajayana merupakan stadion sepak bola yang memegang predikat sebagai stadion tertua di Indonesia. Stadion ini dibangun di tengah pemukiman padat Kota Malang yang telah resmi berdiri sejak  tahun 1924.

Stadion Gajayana sendiri memiliki kapasitas mencapai 30.000 ribu kursi penonton. Angka terebut terbilang cukup besar di antara beberapa stadion lain yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Ada tiga tim sepak bola yang saat ini menggunakan Stadion Gajayana sebagai markas mereka. Di antaranya Arema Indonesia, Malang United, dan NZR Sumbersari yang masing-masing berkompetisi di Liga 3 Indonesia.

5. Stadion Gelora Joko Samudro (25.000 kursi)

5 Stadion Terbesar di Jawa Timur, Ada yang Dipakai Piala Dunia U-20Stadion Joko Samudro (instagram.com/adieast)

Stadion Gelora Joko Samudro merupakan stadion sepak bola yang terletak di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Stadion ini resmi dibuka pada 22 September 2015 sekaligus menjadi markas bagi Persegres Gresik United.

Stadion Gelora Joko Samudro sendiri memiliki kapasitas mencapai 25.000 kursi penonton. Stadion ini cenderung memiliki kapasitas tempat duduk terbanyak pada tribun VIP dan VVIP.

Terpilihnya Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya sebagai salah satu lokasi dilaksanakannya ajang Piala Dunia U-20 merupakan prestasi tersendiri bagi Provinsi Jawa Timur. Sebab, stadion ini menjadi satu-satunya stadion di Jawa Timur yang akan digunakan di ajang bergengsi bertaraf Internasional tersebut.

Baca Juga: 8 Stadion di Indonesia yang Layak Jadi Venue Piala Asia 2023

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya