8 Stadion di Indonesia yang Layak Jadi Venue Piala Asia 2023

Stadion mana yang akan dipilih PSSI?

Jakarta, IDN Times - Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Piaa Asia 2023. Dalam waktu dekat, perwakilan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) akan berkunjung untuk memeriksa kelayakan sejumlah stadion di Indonesia.

Dari surat yang diterima PSSI, AFC mengabarkan akan menyambangi Indonesia pada 1 hingga 4 September 2022 mendatang. Hanya saja, belum diketahui daftar stadion yang akan diinspeksi mereka.

"Pada 1 Agustus 2022 lalu, kami menerima surat balasan dari AFC. Tentu kami akan menyambut baik kedatangan mereka. AFC akan mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon venue," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengutip laman resmi federasi.

1. Delapan stadion bisa jadi pilihan

8 Stadion di Indonesia yang Layak Jadi Venue Piala Asia 2023Suasana grand launching JIS. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Indonesia memiliki banyak stadion yang sudah memenuhi standar dari AFC. Namun, ada delapan stadion yang bisa saja jadi pilihan untuk venue Piala Asia 2023 lantaran kualitasnya.

Beberapa di antaranya adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta. Kemudian, ada Stadion Stadion Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta) dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga: Kriteria Stadion yang Layak Gelar Piala Asia 2023

2. Sudah dipakai di Piala Dunia U-20, bisa jadi pilihan juga

8 Stadion di Indonesia yang Layak Jadi Venue Piala Asia 2023Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. (baliutd.com)

Sebelum Piala Asia 2023, Indonesia dipastikan menggelar Piala Dunia U-20 2023. Nah, FIFA sudah menginspeksi sejumlah stadion yang akan dipakai di Piala Dunia U-20 nanti.

Kriteria dari FIFA sebenarnya sama dengan apa yang ditetapkan oleh AFC. Jadi, bisa dibilang SUGBK, Jakabaring, Si Jalak Harupat, Manahan, dan Kapten I Wayan Dipta, hampir pasti lolos kalau nantinya diinspeksi untuk diajukan sebagai venue penyelenggaraan Piala Asia. 

3. Ada 4 stadion yang siap gelar laga internasional

Dari deretan stadion di atas, ada pula yang memang siap menggelar laga internasional. Seperti di Jakarta, ada SUGBK yang acap kali jadi langganan event besar.

Namun kali ini, stadion yang berada di Senayan itu bukan jadi opsi satu-satunya di Jakarta. JIS yang belum lama launching siap curi momentum untuk unjuk gigi di pesta sepak bola Asia.

Selain SUGBK dan JIS, ada pula Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Maguwoharjo. Menarik untuk dinantikan stadion mana yang dipilih PSSI untuk menjadi venue Piala Asia 2023

Baca Juga: Piala Asia 2023: AFC Bakal Inspeksi Stadion di Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya