Ini Daftar Pemain yang Berburu Golden Boot Piala Dunia

#WorldCup2018 Ada nama Ronaldo, tapi Portugal sudah gugur

Moskow, IDN Times - Selain mengejar trofi kolektif, Piala Dunia juga memungkinkan individu-individu untuk memburu gelar pribadi. Salah satunya adalah Golden Boot atau Sepatu Emas. Penghargaan ini diberikan kepada seorang pemain yang mencetak gol paling banyak. Trofi lain yang serupa adalah Golden Ball untuk pemain terbaik sepanjang turnamen.

1. Penghargaan Golden Boot baru diberikan pada 2010

Ini Daftar Pemain yang Berburu Golden Boot Piala DuniaFIFA

Baru dua turnamen Piala Dunia yang menghadiahkan penghargaan Golden Boot kepada pemain yaitu pada 2010 dan 2014. Thomas Mueller menjadi pemenang penghargaan ini saat Afrika Selatan menjadi tuan rumah. Pada 2014, giliran James Rodriguez yang membawanya pulang.

Sebelum 2010, tepatnya sejak 1982 hingga 2006, Golden Boot dinamai Golden Shoe. Para pemenangnya antara lain adalah Miroslav Klose, Ronaldo, Gary Lineker dan Paolo Rossi. Sebelum 1982, top skor tak mendapatkan trofi apapun, melainkan hanya gelar.

2. Harry Kane memimpin perburuan

Ini Daftar Pemain yang Berburu Golden Boot Piala DuniaFIFA

Sejauh ini, penyerang Inggris Harry Kane masih menjadi kandidat utama untuk memenangkan Golden Boot. Ini karena pemain bernomor punggung sembilan itu sudah mencetak lima gol selama tiga pertandingan di fase grup.

Di belakang Kane ada penyerang Belgia, Romelu Lukaku, yang membobol gawang lawan sebanyak empat kali. Sayangnya, pada pertandingan keempat Lukaku gagal menyumbangkan satu gol pun untuk menyamai Kane.

Timnas Rusia sendiri mengirimkan dua wakilnya dalam perburuan Golden Boot. Keduanya adalah Artem Dzyuba dan Denis Cheryshev yang sama-sama mencetak tiga gol. Kemudian ada nama Kylian Mbappe dan Edinson Cavani yang masing-masing juga memiliki tiga gol.

Baca juga: Dua Tim "Kuda Hitam" Bertemu, Ini Kabar Terbaru Swiss-Swedia

Temukan berita, jadwal, dan skor Piala Dunia di IDN Times.

3. Ada nama Cristiano Ronaldo, tapi Portugal sudah tersingkir

Ini Daftar Pemain yang Berburu Golden Boot Piala DuniaFIFA

Satu-satunya pemain yang sejauh ini mampu menyamai koleksi gol Lukaku adalah Cristiano Ronaldo. Namun, ia sulit untuk mendapatkan Golden Boot mengingat Portugal sudah mengakhiri perjalanan di Piala Dunia usai tersingkir ketika berhadapan dengan Uruguay.

Begitu juga dengan penyerang Spanyol, Diego Costa, yang menyarangkan tiga gol di fase grup. Sialnya, La Furia Roja juga sudah pulang terlebih dulu. Pemain lain yang masih mungkin untuk mengejar gelar top skor adalah Neymar. Ia mencetak gol keduanya ketika Brasil berhadapan dengan Meksiko dan membantu mengantarkan negaranya ke perempat final.

Ini Daftar Pemain yang Berburu Golden Boot Piala DuniaIDN Times/Sukma Shakti

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya