Sampaoli: Skuat Argentina Menutupi Kecemerlangan Messi

#WorldCup2018 Argentina terancam gagal lolos ke 16 besar

Moskow, IDN Times - Argentina secara mengejutkan kalah tiga gol tanpa balas lawan Kroasia dalam pertandingan Grup D di Stadion Nizhny Novgorod. Performa buruk La Albiceleste tidak lepas dari taktik yang digunakan oleh Pelatih Jorge Sampaoli. Namun, salah satu yang juga turut disalahkan adalah pemain bintang mereka, Lionel Messi.

1. Messi kesulitan tampil seperti ketika membela Barcelona

Sampaoli: Skuat Argentina Menutupi Kecemerlangan MessiFIFA

Rasa frustrasi Messi karena gagal mengekesekusi penalti saat melawan Islandia pada pertandingan pertama masih terasa. Namun, ia harus sudah mengalami hasil buruk lainnya ketika melakoni laga kedua.

Messi tak sanggup menunjukkan level kualitas seperti ketika membela Barcelona. Berdasarkan statistik Opta, Messi adalah satu dari dua pemain Argentina yang memiliki sentuhan bola paling sedikit. Sepanjang 90 menit, ia hanya melakukan 20 sentuhan.

Ketika memakai jersey Blaugrana pada musim 2017/2018, per pertandingan ia sanggup membuat rata-rata 77 sentuhan. Dampak yang ia hasilkan untuk tim juga sangat terasa. Salah satunya adalah soal gol. Musim lalu, ia bisa menyarangkan 34 gol dalam 32 pertandingan.

2. Sampaoli berkata skuat Argentina menutupi kecemerlangan Messi

Sampaoli: Skuat Argentina Menutupi Kecemerlangan Messiinstagram.com/fifaworldcup

Meski terus menerima kritikan, Sampaoli membela pemain kesayangannya tersebut. Dalam konferensi pers usai laga, pelatih berusia 58 tahun itu mengatakan Messi tak bisa tampil maksimal karena "kondisi nyata dari skuat Argentina menutupi kecemerlangannya".

Dikutip dari BBC Sport, Sampaoli mengatakan,"Leo tampil terbatas karena tim tak menyatu secara ideal seperti seharusnya." Artinya, bukan salah Messi jika tidak bisa menampilkan kualitas yang membantu Argentina. "Aku bertanggung jawab atas hasil ini," tambah Sampaoli.

3. Sampaoli meminta maaf kepada para penggemar

Sampaoli: Skuat Argentina Menutupi Kecemerlangan MessiFIFA

Salah satu reporter bertanya kepada Sampaoli kenapa tak ada pemain Argentina yang mengumpan bola ke Messi. Sampaoli mengatakan "beberapa pemain tak tampil sesuai sistem".

"Messi adalah kapten kami, ia memimpin tim dan kami cuma sulit mengumpan ke dia untuk membantunya menghasilkan situasi yang sudah biasa ia alami. Kami berusaha memberinya bola tapi lawan juga bekerja keras mencegahnya menerima bola. Kami kalah dalam pertarungan itu," kata Sampaoli.

Baca juga: Messi Dihujat Publik, Ini Pembelaan dari Sang Ibu

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya